Cara Menonaktifkan WA Sementara Di Android

Saat ini WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang populer dengan jumlah pengguna yang banyak. WhatsApp atau yang biasa kita sebut WA memang sangatlah dibutuhkan baik untuk berikirim pesan berupa text, file, audio, video ataupun melakukan panggilan.

Namun, yang perlu kamu ketahui aplikasi ini haruslah selalu terhubung dengan internet baik WiFi atau data seluler. Jadi, jika HP kamu tidak terhubung dengan internet maka pesan-pesan yang masuk ke WA kamu tidak seketika kamu terima.

Kalau menonaktifkan WA tanpa mematikan koneksi internet di perangkat Android, bisa gak? Untuk menjawabnya saya telah menyediakan tutorial yang bisa kamu ikuti.
Cara Menonaktifkan WA Sementara Di Android

Cara Menonaktifkan WA Sementara Di Android


1. Cara Menonaktifkan WA Sementara Di Android Lewat Aplikasi

Aplikasi yang digunakan untuk menonaktifkan sementara WA adalah Greenify. Intinya aplikasi ini akan menonaktifkan sementara aplikasi-aplikasi yang dimasukkan ke dalam mode hibernasi.

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

- Jika kamu belum memiliki aplikasi Greenify, maka kamu harus mengunduhnya secara gratis terlebih dahulu di Play Store.

- Jika sudah kamu instal, maka buka aplikasi tersebut dan tap Berikutnya > “My device is NOT rooted” (jika HP kamu tidak di root) > Berikutnya > Jika HP kamu memakai sensor sidik jari maka centang “Yes, I use it daily.”

-Kemudian Swipe layar ke bawah tap tulisan “Not Now (Manual Hibernation Only)“, Ok > Berikutnya > Skip, Ok > Finish.

cara menonaktifkan wa

- Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman awal Greenify, tap tombol “+” lalau pilih aplikasi Whatsapp > Tap tombol Zzzz.
Perhatian: Supaya aplikasi Greenify bisa bekerja, kamu harus  mengaktifkan terlebih dahulu aksesbilitas dan juga akses data penggunaan aplikasi di HP Android kamu.
*Pertama, masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > pada bagian layanan pilih Greenify Hibernasi Otomatis > Lalu aktifkan tombolnya.

*Kedua, masuk ke Pengaturan > Pengaman > Akses data penggunaan aplikasi > ceklist aplikasi Greenify.

2. Cara Menonaktifkan WA Sementara Di Android Lewat Menu Pengaturan

Jika kamu bingung menggunakan aplikasi Greenify, kamu masih bisa menggunakan cara ini, berikut kangkah-langkahnya.

cara menonaktifkan wa di android

- Masuk ke Pengaturan / Settings > Manajer aplikasi / Application Manager.

- Lalu geser layar ke kanan hingga berada pada menu Berjalan / Running.

- Tap aplikasi WhatsApp > Stop.

Tutotial yang mudah bukan? Saya yakin kamu bisa mempraktekkannya di rumah. Jadi ketika kamu menonaktifkan sementara WA di Android kamu maka semua pesan yang masuk akan dalam status Pending. Kamu juga bisa mengunakan tutorial di atas untuk beberapa aplikasi Chat lainnya.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ke yang lainnya.