Kamera Depan Gelap Saat Video Call? Begini Cara Mengatasinya

Kamera Depan Gelap Saat Video Call? Begini Cara Mengatasinya

Apakah anda pernah mengalami, wajah anda gak kliatan di layar smartphone ketika anda sedang video call,  karena kamera yang gelap? Lantas apakah ada cara supaya video call dapat menjadi terang? jawabannya iya. Saya telah menemukan solusi paling gampang buata anda ialah dengan menggunakan lampu flash depan supaya wajah anda terlihat, karena apa, karena keadaan di sekitar menjadi terang oleh lampu flash anda. Namun yang menjadi masalahnya gak semua smartphone mempunyai lampu flash di bagian depan.

Ketika melakukan video call dan hasilnya tampak gelap ini karenakan resolusi kamera depan yang sangat rendah atau bisa juga karena kualitas kamera depan yang kurang baik. Kalau kita lihat pada handphone atau smartphone keluaran 2014 ke bawah ini biasanya kamera depan hanya beresolusi lebih rendah jika dibandingkan dengan kamera belakang, sebab pada saat itu selfie belum trend kayak sekarang ini. Yang mana kita lihat pada saat ini sudah mulai banyak smartphone dengan kamera depan yang super bagus dan bahkan lebih bagus dari kamera belakang seperti yang banyak terdapat pada smartphone keluaran vivo atau oppo.

Dan ada juga faktor lainnya karena memang kamera depannya yang buruk, handphone entry-level ini biasanya gak terlalu mementingkan kualitas kameranya makanya hasil kameranya pun akan jelek, jelek seperti mantan. Karna disini resolusi kamera memeanglah sangat di utamakan karena berpengaruh terhadap bagus atau gaknya gambar yang didapat oleh kamera, namun walaupun dengan resolusi rendah kalau kualitas kameranya bagus otomatis gambar yang dihasilkan akan bagus juga. Contohnya pada iphone 5S yang kamera depannya cuma bersolusi 1.2MP tetapi tetap nyaman buat video call.

Kemudian ada juga faktor lain yang bisa mempengaruhi hasil gambar misalnya pencahyaan, gelap atau terangnya lingkungan sekitar yang kita pakai buat video call. Jika pada saat siang hari kamera depan dalam sebuah smartphone akan terlihat bagus dan enak buat video call, tetapi pada saat malam hari atau dalam keadaan low light (kurang cahaya) maka video call menjadi sangat gak nyaman sebab hasil gambarnya menjadi begitu gelap dan wajah kita akan tampak lebih jelek, apalagi kalau wajah kita agak pas-pas an. Maka dari itu, pada artikel ini saya akan memberikan tips supaya video call menjadi lebih terang dari sebelumnya dengan menggunakan cahaya pada layar smartphone.

Trik agar video call tampak terang dalam kondisi gelap


  • Pertama silahkan anda download aplikasi bernama On Screen Flash for Video Call atau yang serupa, anda cari di google playstore atau di app store.
  • Jika sudah selesai terdownload, kemudian buka aplikasinya dan lakukan langkah-langkah sesuai intruksi yang ada di dalam aplikasi, misalnya mengjinkan akses kamera, serta mengijinkan akses aplikasi berjalan di atas aplikasi lain.
  • Kemudian select default aplikasi video call, anda dapat pilih aplikasi video call yang biasa anda pakai whatsapp, messenger, imo, atau yang lainnya.

Kamera Depan Gelap Saat Video Call? Begini Cara Mengatasinya

  • Kemudian setelah itu silahkan klik floating menu (logo aplikasi yang melayang) lalu klik flash atau logo yang menyerupai gambar petir, anda juga dapat merubah warna cahaya penerangan dengan memilih warna lain yang sudah disediakan.

Kamera Depan Gelap Saat Video Call? Begini Cara Mengatasinya

  • Kemudian selesai, Silahkan anda coba lakukan video call dan lihat hasilnya.

Kamera Depan Gelap Saat Video Call? Begini Cara Mengatasinya

Mungkin itu saja tips dari saya supaya video call anda dapat menjadi lebih terang menggunakan aplikasi On Screen Flash for Video Call. Dan dampaknya mungkin gak terlalu signifikan tetapi buat anda yang mempunyai kamera depan dengan kualitas angat buruk ketika keadaan gelap, mungkin aplikasi ini akan sangat membantu anda. Dan apalagi jika anda sedang melakukan video call di tempat gelap tanpa cahaya sama sekali. Selamat mencoba dan semoga berhasil.