Sangat Mudah! Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Sangat Mudah! Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Jika kalian ingin mengembalikan foto kalian yang terhapus baik di sengaja ataupun tidak pada ponsel kalian, maka pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kalian  untuk mengetahu bagaimana cara untuk mengembalikan foto yang telah terhapus, Lah emangnya bisa? Tentu bisa bang, memang bisa sangat bisa...! makanya baca terus tutorial dari saya ok.

Asal kalian tahu yah, sebenarnya pada sejumlah memori, misalnya harddisk pada komputer, data yang telah kita hapus itu gak benar-benar terhapus dari memori. Maka dari itu, kita tentu bisa mengembalikan data-data tersebut untuk digunakan kembali.

Lantas kenapa bisa file yang sudah dihapusnamun belum benar-benar terhapus? Hal tersebut terjadi sebab pada saat sistem menghapus file sebenarnya file gak dihapus dari memori, tetapi sistem cuma menghapus pointer dan menandainya sebagai ruang kosong. Karena, pada dasarnya buat menghapus file dalam memori cuma bisa dilakukan dengan menimpanya dengan file baru yang membutuhkan waktu yang lebih lama dari menandainya.

Maka dari itu dengan adanya fakta ini, sejumlah data bisa diselamatkan ketika sudah terhapus dari perangkat,walaupun gak semua data bisa dikembalikan dengan sempurna. Misalnya yang telah saya jelaskan diatas sebelumnya, bahwa data bisa terhapus dengan sepenuhnya ketika ditimpa dengan data lain, bisa jadi data yang ingin dipulihkan sudah tertimpa dengan data baru maka gaka akan bisa ditemukan.

Nah, jika kailian ingin memulihkan data yang terhapus, alangkah baiknya harus cepat-cepat memulihkannya tanpa menunggu banyak waktu sebab data baru bisa menimpanya. Dan lebih baik lagi kalau kalian lebih berhati-hati sebelum menghapus data supaya data penting gak terhapus, misalnya foto mantan kalian dan lain sebagainya.

Baiklah bang, kalau foto mantan atau yang lainnya sudah terhapus dari ponsel secara gak sengaja, langsung saja simak penjelasan saya dibawah ini.

Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Google Photos

Saya rasa cara ini adalah cara yang sangat ampuh buat mengembalikan foto mantan kalian yang telah terhapus dari ponsel Android tanpa bantuan komputer atau laptop. Tetapi, tentu saja ada syaratnya bang, karena cara ini bisa kalian pakai kalau kalian selalu mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi dengan layanan Google Photos.

Bukan cuma foto bang, kalian juga bisa memulihkan video dengan menyinkronkan perangkat dengan layanan Google Photos. Nah secara otomatis, Google Photos akan menyimpan foto dan video yang terhapus pada trash selama 60 puluh hari bang.

Jadi bagaimana cara mengembalikan foto atau video yang sudah terhapus dengan menggunakan Goggle Photos? Simak langkah berikut ini.
  • Pertama kalian buka aplikasi Google Photos
  • Kemudian klik ikon menu hamburger (garis bertumpuk tiga) pada sudut kiri atas
  • Lalu pilih ikon tempat sampah (opsi Trash)
  • Dan kalian pilih foto yang akan dipulihkan dengan meng-klik dan menahanya beberapa saat hingga tangga centang muncul
  • Kemudian kalian klik ikon anak panah melingkar yang berada pada bagian atas
  • Dan tunggu prosesnya, dan selamat foto mantan kalian berhasil dikembalikan, Horeee....
Sangat Mudah! Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan DigDeep Image Recovery

Kemudian disini kalau kalian gak menginstal Google Photos di ponsel Android kalian, maka kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang cukup lumayan jika digunakan buat mengembalikan foto yang hilang tanpa menggunakan komputer, langsung saja apa namanya Yapss namanya sebut saja DigDeep. Nah Aplikasi bikinan GreatStuffApps ini bisa menjadi alternatif untuk merecovery foto kalian yang telah lama terhapus.

Tetapi, kalau kalian memakai aplikasi ini, kalian harus sedikit berusaha mencari foto yang akan kalian pulihkan, sebab gak cuma foto yang kita hapus yang ditampilkan, tetapi juga ikon aplikasi yang pernah kita instal sebelumnya di perangkat.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi DigDeep Image Recovery:
  • Pertama kalian harus unduh aplikasi DigDeep Image Recovery di Google Play Store
  • Lalu buka aplikasi, dan nanti aplikasi akan loading agak lama untuk mencari gambar-gambar kalian yang terhapus
  • Kalau sudah, kemudian cari gambar yang ingin dipulihkan
  • Kemudian buka folder gambar
  • Lalu tekan lama pada gambar hingga muncul kotak berwarna jingga
  • Kemudian klik tombol Restore
  • Kalau muncul permissions untuk memberikan rate lalu klik yes untuk memberi rate, dan no kalau tidak ingin.
  • Dan kalian cari gambar pada folder RestoredPictures atau buka melalui Gallery
Sangat Mudah! Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Nah disini kalau kalian gak menemukan foto yang kalian inginkan, Maka kalian bisa menggunakan bantuan perangkat komputer untuk melakukannya. Kalian bisa menggunakan aplikasi WonderShare Dr.Fone seperti ini. Dan saya sarankan sekali lagi bahwa gak semua foto atau data bisa dikembalikan dengan sempurna, dan bahkan ada diantaranya yang gak bisa dipulihkan sama sekali. Mungkin itu saja informasi dari saya, Selamat mencoba dan semoga berhasil.