Cara Mempercepat HP Android Tanpa Root

Masalah hp lemot mungkin pernah dialami setiap orang, hal biasa terjadi seiring lamanya penggunaan hp tersebut, dan bisa terjadi disetiap hp termasuk Android. Masalah ini bukan masalah permanen karena ini disebabkan beberapa hal. Tak usah risau, cara mempercepat hp android tanpa root bisa kamu dapatkan di artikel ini.

Penggunaan hp/smartphone tidak lagi hanya sekedar komunikasi tapi lebih dari itu, hp kini bisa digunakan untuk berbagai aktifitas yang lainnya seperti, berbisnis, hiburan, dll. Tak dipungkiri di era ini penggunaan hp sangatlah penting.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan lebih dari satu cara sehingga kamu bisa menggunakan semuanya atau hanya sebagian. Dan hasilnya hp android kamu menjadi lebih ringan alias tidak lemot dan pastinya kamu tidak perlu nge-root.
Cara Mempercepat HP Android Tanpa Root

Cara Mempercepat HP Android Tanpa Root


1. Factory Reset

Cara pertama ini merupakan cara terampuh supaya hp kamu cepat dan ringan seperti baru beli. Ya, kamu hanya perlu melakukan factory reset hp kamu. Kamu bisa menemukan Factory Reset di dalam menu Pengaturan/Settings. Namun perlu dicatat, sebelum kamu melakukan ini, pastikan kamu sudah mem-backup data penting yang ada di hp kamu. Karena cara ini dilakukan bertujuan untuk membersihkan segala data di hp kamu sehingga hp kamu tampak seperti ketika kamu pertama kali membelinya.

2. Pakai Launcher Lain

Cara ini dilakukan selain untuk mengubah tampilan yang dibawa oleh OEM perangkat android, juga sebagai solusi hp kamu yang terasa lemot ketika menggunakan UI bawaan.

3. Nonaktifkan Auto-Sync

Fitur Auto-Sync memang harus selalu diaktifkan untuk menyambungkan semua akun yang terpasang di Android kamu. Al hasil berdampak pada kinerja hp android kamu, nah mematikan fitur auto-sync merupakan solusi terbaik namun ini akan membuat kamu masuk atau membuka secara manual untuk beberapa aplikasi, email misalnya.
Artikel populer lainnya: cara melacak lokasi lewat email

4. Menghapus atau Stop Untuk Aplikasi yang Tidak Terpakai

Banyaknya aplikasi yang kamu instal di hp android kamu tanpa kamu sadari telah mempengaruhi kinerja hp kamu. Jadi kamu perlu mempertimbangkan fungsi dari aplikasi tersebut, jika dirasa aplikasi itu tidak dibutuhkan lagi maka segera hapus. Sayangnya tidak semua aplikasi yang terinstal di android bisa kamu hapus, misal aplikasi bawaan hp.

5. Bersihkan Home Screen

Untuk Home Screen atau layar utama, usahakan tidak terpasang apapun selain fitur penting. Karena semakin banyak jalan pintas/shortcut yang terpasang di home screen semakin berat juga kinerja android kamu. Terutama wallpaper, usahakan menggunakan wallpaper yang tidak bergerak.

6. Kapasitas Memori

Kapasitas memori internal pada hp sangat berpengaruh terhadap kecepatan kinerja hp, selain RAM tentunya. Jika memori internal pada hp android kamu tinggal sedikit maka besar kemungkinan hp android kamu akan lemot. Maka untuk mengatasinya, kamu bisa memindahkan beberapa data di memori internal yang bisa dipindahkan ke microsd atau kartu memori.


7. Perbarui OS

Jika kamu menerima notifikasi pembaruan OS maka segera lakukan untuk memaksimalkan kinerja hp kamu selain juga dapat fitur terbaru ketika kamu melakukan update OS. Caranya buka menu Setting> About Device> Software Update> dan sentuh tombol Check for Update.

Saya harap beberapa cara mempercepat hp android tanpa root di atas bisa membantu kamu untuk membuat hp kamu menjadi lebih cepat dan ringan.