Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Khususnya bagi para orang tua pasti banyak yang bertanya cara mencegah anak kecanduan gadget. Jadi sebenarnya kapan waktu yang efektif  buat para orang tua untuk memperkenalkan gadget kepada anaknya? Dan juga mengakses fitur-fitur yang ada pada handphone, atau juga untuk mempunyai ponsel sendiri? Nah jika anak anda sudah kecanduan gadget, maka apa yang harus dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya? dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa cara mencegah anak kecanduan gadget, langsung saja kalian simak penjelasan dibawah ini:

Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget


1. Pertama orang tua harus melarang atau mencegah anaknya untuk mempunyai ponsel sendiri sebelum anak kalian berusia 14 tahun. Kemudian kalian harus memberikan pengertian secara halus kepada anak kalian.

2. Segeralah batasi screen time, agar anak memiliki waktu lebih senggang dan waktu tersebut dugunakan untuk bersama keluarganya.

3. Kemudian kalian juga bisa meletakkan Televisi atau komputer pada ruang keluarga. Maka anak anda bisa menggunakannya juga, sebab anak gak akan merasa sendirian jika masih dalam pengawasan anggota keluarga lainnya.

4. Kalian juga harus menerapkan peraturan gak boleh memegang atau memainkan gadget di tempat-tempat tertentu. Contoh misalnya di meja makan, di kamar tidur, dan di dalam mobil.

5. Lalu membatasi jam untuk melihat televisi dan ponsel di setiap hari nya. Maka anak-anak dapat pergi untuk tidur lebih awal.

6. Karena sudah pasti jika anak-anak akan mengikuti dan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Maka dari itu, Para orang tua juga harus bisa menjadi contoh yang baik terhadap anak-anaknya, kalian bisa letakkan HP dan bermainlah bersama anak.

7. Kemudian ajaklah anak kalian untuk bersosialisasi di masayarakat dengan teman yang seusianya. Misalnya kalian ajak anak untuk bermain di taman dan juga sekitar lingkungan rumah kalian.

8. Tambahkan mainan sebagai alternatif, yang gak ada sangkut paut nya dengan gadget. Misalnnya bermain Ular tangga, Monopoli, dll

9. Beri kebebasan anak untuk bermain di luar dengan syarat kita sebagai orang tua harus tetap mengawasi nya secara ekstra dan jangan sampai lengah.

10. Dan pastikan kalian harus memberikan pujian pada anak pada saat ia berhasil menahan diri untuk gak bermain game dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Misal seperti mencium nya, memberi acungan jempol, atau memberinya hadiah.

11. Kalian juga bisa mengajak anak-anak untuk mengenali alam sekitar nya, Misalnya kalian mengajak untuk melihat pemandangan sore hari saat berada di taman.

Nah sebagai orang tua memang mempunyai banyak tanggung jawab terhadap tumbuh dan kembangnya sang anak, tidak hanya itu orang tua juga seharusnya selalu menjadi panutan yang mana sifat dan kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua maka akan ditiru oleh sang anak.

Maka dari itu jika kita sebagai orang tua melihat anak kita telah kecanduan atau ketagihan terhadap gadget, maka kita sebagai orang tua harus cepat-cepat mengatasinya, kalian dapat mencoba untuk melakukan cara-cara yang sudah kami jelaskan di atas, supaya Anak gak Kecanduan Gadget. Maka dengan begitu, sedikit demi sedikit anak akan dapat terhindar dari bahaya atau efek negatif yang tentu saja gak kita inginkan. Mungkin itu saja beberapa cara yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasi.