Terbukti!! Cara Mengatasi AplikasiTerhenti di HP Android

Pasti kamu pernah merasakan aplikasi android kamu bermasalah, misalnya saja aplikasi android anda tiba-tiba saja berhenti. Sayangnya aplikasi telah berhent di Android, sudah tahu kan? Nah jika kamu menemukan hal itu tentu saja akan merasa sedikit kesal dan ada juga yang sampai panik. kamu tidak usah panik, karena panik tidak akan menyelesaikan masalah.
Terbukti!! Cara Mengatasi AplikasiTerhenti di HP Android
Setelah mengetahui penyebabnya, kali ini kami akan kasih tahu cara mengatasi aplikasi telah berhenti di Android. Berikut pembahasan nya!

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di HP Android!

1. Hentikan Aplikasi Berjalan di Background

Terbukti!! Cara Mengatasi AplikasiTerhenti di HP Android
Salah satu penyebab aplikasi Android menjadi error adalah penuhnya memori RAM yang digunakan. Solusi pertama kali yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan dan mengentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang alias background.

Untuk melakukannya, pada kebanyakan smartphone kamu tinggal tap tombol Recent Apps dan tinggal tekan ikon "X" atau bersihkan untuk menghapus semua proses yang berjalan di background.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Terbukti!! Cara Mengatasi AplikasiTerhenti di HP Android
Sayangnya aplikasi telah berhenti di Android bisa jadi disebabkan oleh cache dan data yang error pada aplikasi tersebut. Kamu pun bisa mengatur manajemen aplikasi dengan menghapus cache dan data aplikasi di smartphone Android kamu.

Caranya kamu tinggal membuka menu Settings > App & notifications > Pilih Aplikasi > Storage > Clear Cache atau Clear Data untuk menghapus salah satu atau keduanya.

Selain menggunakan cara manual, kamu bisa juga menggunakan aplikasi pembersih Android seperti CCleaner untuk membersihkan seluruh aplikasi secara sekaligus guys.

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti Lainnya...

3. Cek Kartu microSD

Terbukti!! Cara Mengatasi AplikasiTerhenti di HP Android
Hampir semua smartphone saat ini dibekali dengan slot kartu microSD tambahan untuk menyimpan berbagai file termasuk beberapa aplikasi.

Kartu microSD yang error terkadang membuat aplikasi Android terhenti bahkan saat kamu gunakan.
Untuk langkah awal, kamu bisa mengatasinya dengan cara mematikan smartphone Android dan mengecek kondisi kartu SD yang kamu gunakan.

Jika sudah, pasang kembali dan nyalakan kembali smartphone kamu.

4. Restart Smartphone Android

Terbukti!! Cara Mengatasi AplikasiTerhenti di HP Android
Error pada aplikasi Android yang berhenti saat kamu gunakan dapat disebabkan beberapa hal. Mulai dari aplikasi hingga sinyal internet yang tidak stabil kamu gunakan. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan restart Android guys.

Dengan cara ini, smartphone Android tentu akan dinyalakan kembali dengan kondisi fresh seperti keadaan semula.
Jika kamu masih belum yakin, kamu tinggal menonaktifkan smartphone selama beberapa menit sebelum dinyalakan kembali.

5. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi

Terbukti!! Cara Mengatasi AplikasiTerhenti di HP Android
Jika cara sebelumnya masih belum membawa solusi, kamu bisa melakukan uninstall dan install ulang aplikasi yang kamu gunakan. Hal ini bisa saja disebabkan beberapa data aplikasi error dan corrupt sehingga aplikasi tidak berjalan semestinya.

Memang cara ini memerlukan kuota internet untuk melakukan instalasi ulang aplikasi. Namun cara ini bisa saja membuat aplikasi Android normal kembali dan bisa kamu gunakan selanjutnya.

6. Update Aplikasi dan Sistem Operasi

Terbukti!! Cara Mengatasi AplikasiTerhenti di HP Android
Memperbaharui atau update aplikasi android bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan aplikasi android yang telah berhenti tiba-tiba di smartphone kamu.

Pembaruan aplikasi selain bisa mengatasi aplikasi error atau corrupt, bisa juga menghilangkan beberapa bug yang menjadi akar permasalahan kenapa aplikasi tiba-tiba terhenti.

7. Factory Reset Smartphone

Terbukti!! Cara Mengatasi AplikasiTerhenti di HP Android
apabila cara diatas sudah kamu coba, tetapi masih saja belum mempan. Kamu bisa mencoba untuk melakukan factory reset smartphone android kamu.

Walaupun belum pasti mengatasi masalah aplikasi terhenti, cara ini akan mengembalikan smartphone android ke kondisi semula seperti baru.

Caranya kamu tinggal pergi ke menu Setting > System > Reset options > Erase all data (factory reset). Cara ini bisa berbeda-beda tergantung dari model smartphone yang kamu gunakan.

Sebelumnya kamu pastikan semua data sudah ter-back up dengan baik dan benar. Karena pada dasarnya cara ini akan juga menghapus memori internal, termasuk aplikasi, foto dan video yang kamu simpan.