7 Merek Smartphone Ini Ternyata Buatan Indonesia

Perlu kalian ketahui, bahwa selama ini memang industri smartphone didominasi oleh merek-merek asing misalnya Xiaomi dari Tiongkok, lalu Samsung dari Korea Selatan dan juga Apple dari Amerika. Akan tetapi, selain dari luar negri ada juga merek-merek smartphone lokal Tanah Air yang saat ini juga eksis malang melintang dan mampu bersaing di pasaran.

Pasti kalian penasaran kan? 7 merek smartphone ini ternyata buatan indonesia, apa saja sih merek smartphone lokal Tanah Air tersebut yang selama ini sudah malang melintang di pasaran dan sebenarnya sangat eksis. Langsung saja kalian simak daftarnya berikut ini.

7 Merek Smartphone Ini Ternyata Buatan Indonesia


1. Evercoss

7 Merek Smartphone Ini Ternyata Buatan Indonesia

Jika sebelumnya perusahaan ini bernama Cross Mobile merupakan salah satu pabrikan smartphone asal Indonesia yang bisa dikatakan cukup eksis di pasaran Indonesia. Sebab smartphone ini menyasar pada kalangan menengah ke bawah, perusahaan ini berdiri pada tahun 2008 di Jakarta dan telah banyak memproduksi ponsel, tablet dan smartphone berkualitas dan harganya sangat terjangkau.

Kemudian salah satunya Evercoss merupakan produk smartphone buatan pabrikan Winner Series dan Evercoss Elevate Series. Fyi, tidak semua produk dari pabrikan ini buatan Indonesia! Beberapa komponen hardware yang masih memakai produk Tiongkok dan Jerman.

2. Mito Mobile

7 Merek Smartphone Ini Ternyata Buatan Indonesia

Salah satu perusahaan lokal peraih Top 3 vendor ponsel terbesar di Indonesia ini harus selalu di ingat, karena apa? karena pabrikan yang berpusat di Jakarta ini merupakan pabrikan ponsel pertama dan tertua yang ada di Indonesia.

Sejak tahun 2006 pabrikan ini didirikan dan dikenal dengan produk ponsel dan smartphone untuk kelas menengah ke bawah. Antara lain produk smartphone paling populer dari pabrikan ini yakni Mito Fantasy Note A30 dibanderol dengan harga di kisaran 1,5 juta rupiah.

3. HiMax

7 Merek Smartphone Ini Ternyata Buatan Indonesia

Selanjutnya HiMax merupakan pabrikan yang didirikan pada Oktober 2012 ini merupakan salah satu perusahaan lokal Tanah Air yang juga sukses memproduksi smartphone berkualitas namun harga yang sangat terjangkau. HiMax yang ini juga sebenarnya dimiliki oleh tim asal Jepang dan ini sering memproduksi ponsel keren dan dengan fitur yang sangat menawan, dan perlu kalian ketahui juga telah diklaim tidak kalah kalau dibandingkan dengan brand Asia lainnya misalnya Xiaomi dan Asus.

Nah salah satu produk smartphone keren ini yang pernah diproduksi oleh HiMax yaitu HiMax Polymer dan juga HiMax Pure S.

4. Advan

HiMax

Yang satu ini merupakan sebuah perusahaan elektronik asal Indonesia yang juga mampu bersaing dan sering memproduksi smartphone. Perusahaan ini mulai didirikan pada tahun 2007 di Jakarta kemudian fokus memproduksi sejumlah barang elektronik antara lain smartphone, ponsel 2G dan juga tablet.

Jika berbicara tentang kelebihan dari smartphone buatan Advan ini yaitu harganya yang cukup terjangkau dan spesifikasinya yang juga sudah sangat keren. Salah satu produk smartphone Advan yang paling populer yaitu Advan G1, Advan i5 dan tablet T3H dan bentuknya sekilas mirip iPad.

5. Polytron

7 Merek Smartphone Ini Ternyata Buatan Indonesia

Polytron sudah dikenal sebagai pabrikan elektronik ternama asal Indonesia sejak era 1970-an. Pada 18 Mei 1975 di Kudus pabrik ini didirikan dan sudah banyak memproduksi barang elektronik untuk masyarakat Indonesia yang salah satunya yaitu smartphone.

Salah satu keunggulan dari smartphone buatan Polytron ini adalah karena harganya yang juga sangat terjangkau, namun spesifikasinya sudah sangat memadai. Salah satu, produk smarpthone Polytron yang terbaik adalah P520 yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas.

6. Zyrex

7 Merek Smartphone Ini Ternyata Buatan Indonesia

Jika sebelumnya perusahaan satu ini telah memproduksi komputer saja. Akan tetapi saat ini seiring dengan melesatnya perkembangan zaman, perusahaan yang didirikan pada 1996 ini gak mau ketinggalan dan juga telah memproduksi smartphone.

Jika kita lihat keunggulan smartphone buatan Zyrex salah satunya adalah spesifikasinya yang sangat garang dan harganya yang sangat terjangkau. Antara lain smartphone buatan pabrikan Zyrex yaitu ZA 977 dan tablet SA-7321.

7. Digicoop by ITB

7 Merek Smartphone Ini Ternyata Buatan Indonesia

Selanjutnya Smartphone terbaru buatan lokal adalah Digicoop. Digicoop dibuat langsung oleh tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan kabarnya sudah diklaim dan mengusung TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) yang sesuai anjuran Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Perlu kalian ketahui bahwa smartphone ini telah mengusung konektivitas 4G dan hanya dibanderol dengan harga 1,2 juta rupiah saja. Kemudian smartphone ini kabarnya juga telah mengusung RAM 1GB, ROM 8GB, kamera 5MP dan 2MP, dan baterai 1.800mAh.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan hanya sekedar berbagi informasi saja, agar kita juga dapat menegtahui 7 merek smartphone ini ternyata buatan Indonesia. Sekarang tergantung kalian lebih suka barang dalam negeri atau tidak, itu tergantung selera kita masing-masing, semoga bermanfaat terimkasih.