Tips Menghemat Memori Android Tanpa Slot Eksternal MicroSD

Tips Menghemat Memori Android Tanpa Slot Eksternal MicroSD

Untuk saat ini, sudah banyak smartphone yang hadir tanpa memiliki slot MicroSD. Sebab banyak orang beranggapan jika menggunakan MicroSD justru akan menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat, Misalnya jika membuka file photo maupun video. Maka dari itu saat ini beberapa pabrikan smartphone sudah memperbesar kapasitas dari memori internalnya ketimbang menyediakan slot untuk MicroSD.

Nah perlu kalian ketahui jika saat ini sudah terdapat beberapa jenis smartphone yang menggunakan kapasitas internal yang terbilang sangat besar misalnya galaxy note 9 dengan internal 512GB maupun iphone XS MAX yang juga memiliki kapasitas internal hingga 512GB. Dan mungkin saja gak lama lagi akan tersedia juga smartphone-smartphone dengan kapasitas hingga hitungan Terabyte (TB). Yang mana 1TB sendiri artinya 1000GB.

Jadi disini masalahnya adalah kalau kita cuma bisa membeli smartphone dengan kapasitas memori internal yang kecil. Yang mungkin cuma 16GB atau 8GB saja. Dan apakah cukup untuk bisa menampung banyak file foto, video, bahkan berbagai file aplikasi ataupun game?.

Maka pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara untuk menghemat memori internal dari smartphone yang ukurannya relatif kecil. Contohnya smartphone Xiaomi tipe lama, atau samsung tipe lama atau mungkin iphone yang cuma memiliki kapasitas memori internal 16GB saja. Baiklah langsung saja kalian simak penjelasannya dibawah ini.

Tips Menghemat Memori Android Tanpa Slot Eksternal MicroSD


Mengkosongkan cache aplikasi

Mungkin kalian sudah tahu bahwa sebuah aplikasi umumnya mempunyai file sementara yang bernama cache. Cache ini gunanya agar sebuah gambar, teks, dan lainnya dalam sebuah aplikasi gak harus didownload ulang maka ketika kalian membuka aplikasi pada kedua kalinya atau kesekian kalinya maka aplikasi akan dimuat dengan lebih cepat. Namun sayangnya file chache ini juga akan menyebabkan memori internal kalian akan mudah penuh. Yang paling utama adalah aplikasi browser atau aplikasi media sosial lainnya seperti facebook dan instagram. Maka dari itu, kalian harus membiasakan untuk membersihkan file cache paling tidak seminggu sekali. Cara membersihkannya kalian dapat memakai aplikasi cache cleaner atau dengan cara masuk ke setting » Aplikasi » Lalu pilih aplikasi yang akan dihapus cache nya kemudian pilihlah Hapus cache.

Menghapus aplikasi bawaan pabrik

Di sebuah smartphone yang kalian beli biasanya pada umumnya memiliki aplikasi preinstall atau aplikasi-aplikasi yang memang sudah terinstall dari parbikan. Dan biasanya ada beberapa aplikasi yang tak pernah kita pakai sama sekali. Maka dari itu disarankan  agar kalian menghapus aplikasi dari bawaan pabrik yang gak kita perlukan supaya bisa mengosongkan memori internal smartphone.

Pindahkanlah file foto ataupun video ke tempat lain

Nah pada saat ini telah banyak aplikasi Cloud, yaitu kita bisa menyimpan foto atau video di internet contohnya di google photos. Atau kalian juga dapat menyimpannya di facebook atau media sosial lainnya, sehingga file yang tersimpan pada smartphone bisa kalian hapus. Kemudian sebagai alternatif lainnkalian juga bisa memindahkan foto atau video kalian ke Laptop atau PC yang memiliki kapasitas memori yang lebih besar.

Periksa duplikat file

Jika yang satu ini memang seringkali terjadi yaitu yang mana kalian menyimpan file yang sama namun dalam folder yang berbeda, sehingga memori kalian akan menjadi penuh. Untuk bisa mengatasi hal ini kalian dapat melihatnya menggunakan aplikasi pengecek duplikat file, maka file yang sama akan tersedia satu aja. Atau kalian juga bisa mengeceknya secara manual jika memungkinkan.

Hapus thumbnail

Tahukah kalian? Thumbnail adalah file foto yang memiliki ukuran kecil yang mana dibuat dengan otomatis oleh sistem supaya kalian bisa dengan mudah untuk melihat foto ketika memilih-milih foto pada galeri atau pada file manager. Perlu kalian ketahui, meskipun berukuran kecil, jika jumlahnya banyak maka akan bisa membuat memori Android kalian menjadi penuh juga. Sebab gambar thumbnail ini gak akan ikut terhapus jika foto aslinya telah dihapus, jadi kalian harus menghapus foto thumbnail ini dengan manual atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Agar dapat menghapus thumbnail dengan manual, maka caranya kalian labgsung cari saja folder thumbnail yang biasanya berada di folder tempat kalian menyimpan foto. Kalian bisa melihatnya via aplikasi file manager lalu hapus folder thumbnail, jangan lupa untuk menghapus folder ini secara berkala, misalnya sebulan sekali atau seminggu sekali, sebab folder tersebut akan ada lagi – ada lagi dengan otomatis.

Mungkin itu saja penjelasan dari kami mengenai Tips Menghemat Memori Android Tanpa Slot Eksternal MicroSD. Semoga bermanfaat terimakasih.