Menulis Surat Izin Sakit (Sekolah) yang Baik dan Benar

Dalam keadaan sakit, tentu seorang siswa akan membutuhkan surat izin sakit untuk memberi tahu kepada pihak sekolah bahwa siswa tersebut tidak masuk sekolah dikarenakan sakit. Namun tidak sedikit orang yang menyepelekan cara penulisan surat izin sakit tersebut. Padahal, dalam pembuatan surat izin sakit terdapat beberapa susunan yang menjadikan surat itu resmi.
Menulis Surat Izin Sakit (Sekolah) yang Baik dan Benar
Karena sakit memang sebuah kendala yang tidak dapat diatur oleh manusia. Sebagai manusia, kita hanya dapat berusaha untuk menjaga kesehatan. Kondisi tubuh yang tidak fit, menjadikan beberapa aktifitas akan terganggu. Sebelum ke pembahasan inti mengenai surat izin sakit untuk siswa pelajar, alangkah baiknya kita ketaui penulisan surat izin yang benar dan sesuai.

Cara Menulis Surat Izin yang Baik dan Benar

Lalu bagaimana cara membuat surat izin sakit yang baik dan benar? Beberapa tahapan penulisan yang dapat kamu lakukan dianataranya:

  • Tempat dan Tanggal pada pembuatan surat
  • Tuliskan nama dan gelar kepada surat tersebiut ditunjukan
  • Salam Pembuka, umumnya yang biasa digunakan adalah "Dengan Hormat"
  • Pembuka, berisikan pembukaan atau sapaan kepada yang dituju. Susunan kalimat yang digunakan pun biasanya cukup singkat namun efektif
  • Isi surat, Jelaskan alasan pasti, mengapa dibuatnya surat tersebut
  • Penutup, berisikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih kepada si penerima surat
  • Tanda tangan dari pihak yang meminta izin dan Orang tua yang mengetahui/Wali

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah

Seorang siswa SMA tentu saja sudah mahir dalam menulis surat izin sekolah. Maka dari itu, jika anda sedang sakit dan tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah, anda bisa mengirimkan surat izin kepada pihak sekolah. Namun jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan dari orang tua atau wali anda pada surat izin tersebut.

Surat Izin sakit lebih baiknya ditulis menggunakan tulisan tangan.


Wonosobo, 20 Februari 2019
Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B
SMA N 2 Wonosobo

Dengan hormat,
Dengan perantara surat saya ini, saya ingin memberitahukan bahwa saya tidak dapat mengikuti pelajaran sebagai mana mestinya dikarenakan Sakit. Oleh karena itu, saya memohon kepada Bapak/Ibu Guru agar memberikan izin sampai saya sembuh. Harap pemaklumannya.

Demikian yang dapat saya saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya,                                                    Mengetahui Orang tua/wali murid


Randy Saputra                                                                                   Susi Susilayati




Catatan: Surat keterangan izin sakit bisa didapatkan ketika kamu melakukan periksa, mintalah pada dokter untuk membuatkan surat izin sakit. Karena, surat keterangan izin sakit akan lebih valid atau sah jika kamu mendapatkan dari dakter tempat kamu periksa kesehatan. 

Semoga artikel ini dapat membantu anda, silakan kunjungi blogger kami terus untuk sekedar mendapatkan informasi yang informatif yang dapat membantu dan menambah wawasan anda. Terimakasih!!