Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Kini Google Maps telah banyak membantu kita untuk mengarahkan jalan agar dapat menuju ke tempat tujuan kalau kita gak mengetahui detail perjalanan. Biasanya Maps di pakai menggunakan mode online yang tentu saja membutuhkan data internet.

Akan tetapi bagaimana kalau kalian tiba-tiba kehabisan data internet secara mendadak dan ingin menggunakan maps. Kalian gak usah khawatir, karena kali ini Google Maps hadir secara offline, yang sangat ideal untuk membantu kalian menemukan rute atau mencari tahu di mana kalian sedang berada jika kalian gak mempunyai data/kehilangan sinyal.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline


Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Pertama yang harus diperhatikan adalah kalian terlebih dahulu harus terhubung ke internet agar bisa mengunduh data yang diperlukan agar bisa dipakai sebelum bepergian ke suatu tempat yang susah untuk mendapatkan sinyal.

Kemudian kalian buka Google Maps (saat online) dan cari lokasi yang kalia inginkan atau lokasi kalian saat ini untuk menyimpan area di sekitar, atau mencari area yang akan kalian kunjungi.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Jika kalian sudah menemukan lokasi atau area yang ingin kalian simpan untuk penggunaan offline. Maka cara paling gampang untuk mengunduhnya adalah pergi ke menu pilihan dengan mengetuk ikon tiga baris dan pilih peta Offline.

Lalu pilih peta kalian sendiri di bagian atas layar dan kalia akan diminta dengan pesan yang mengatakan "unduh area ini?" tarik peta ke dalam kotak kotak biru sampai mencakup area yang ingin kalian petakan. Maka kalian akan melihat bahwa ukuran file akan diperbarui secara otomatis di bagian bawah layar dan semakin besar area yang ingin kalian simpan, semakin besar pula ukuran file. Sebagai informasi, peta yang telah terunduh mempunyai waktu kadaluwarsa.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Jika kalian sudah mengunduh peta, maka kalian akan bisa menggunakan area tersebut dengan cara yang sama seperti pada saat kalian terhubung ke 4G Wi-Fi. Akan tetapi, ada beberapa batasan pada fungsi peta, sebagian besar terkait dengan ukuran lokasi yang kalian cari. kalian gak bisa mengunduh peta yang mencakup lokasi yang luas. Maps yang telah terunduh mempunyai ukuran terbatas sekira 1,5 GB ruang penyimpanan.

Jadi kesimpulannya, kalau kalian memakai Maps secara offline, maka kalian juga akan kehilangan petunjuk arah berjalan, informasi lalu lintas langsung, dan perubahan rute untuk hal-hal misalnya menghindari tol kalau kalian menggunakan Google Maps offline ini.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline, semoga bermanfaat dan selamat mencoba terimakasih.