Cara Ampuh Melindungi Flashdisk dari Serangan Virus

Flashdisk adalah media penyimpanan yang sangat populer saat ini, selain karena mobilitasnya yang tinggi, flashdisk juga merupakan salah satu media penyimpanan yang sangat praktis, sehingga banyak sekali yang menggunakan flashdisk untuk menyimpan data. Hampir semua orang kantoran, mahasiswa dan murid sekolah mempunyai flashdisk.
Cara Ampuh Melindungi Flashdisk dari Serangan Virus
Tapi, flashdisk sebuah media penyimpanan yang sangat mudah dan rentang terkena virus. Hal ini karena flashdisk sering di pasangkan/dicolokan ke sembarang komputer, dan komputer yang di pasangkan terdapat virus sehingga flashdisk kita juga terkena virusnya. Selain flashdisk yang dapat tertular virus pada komputer, komputer juga dapat tertular virus yang dimiliki flashdisk. Oleh karena itu untuk berjaga-jaga, kita harus meningkatkan kekebalan dari flashdisk yang kita miliki supaya tidak mudah terserang virus. Jika sudah terserang virus bisa menyebabkan file atau data penting kita terformat atau hilang dengan sendiri nya.

Cara Melindungi Flashdisk dari Serangan Virus

Mungkin tanpa sadar kita sering memasangkan flashdisk kita dengan berbagai komputer itulah penyebab flashdisk kita rentang terkena virus. Ini menyebabkan virus yang ada pada salah satu komputer menular ke flashdisk. Apabila flashdisk kita terkena virus, maka pada flashdisk kita akan muncul sebuah folder yang namanya autoturn.inf. Apabila sebuah flashdisk dicolokan ke sebuah komputer atau laptop yang di dalamnya terdapat sebuah virus, maka secara otomatis virus tersebut akan menular ke flashdisk.

Baiklah kali ini saya akan memberikan cara supaya flashdisk milik kalian memiliki kekebalan yang tinggi, sehingga tidak mudah terserang virus. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa membutuhkan software yang beraneka macam yang belum tentu kualitasnya. Kita cukup menggunakan sistem operasi windows yang kita pakai dan kita sudah dapat membuat flashdisk yang kita miliki menjadi kebal terhadap sebuah virus.

Berikut ini adalah tutorial cara melindungi flashdisk dengan mudah tanpa software. Berikut langkah-langkahnya:
1. Pertama silahkan siapkan flashdisk yang ingin kalian buat kebal terhadap virus, kemudian colokan flashdisk tersebut ke USB laptop atau komputer, dan kalian juga harus memastikan kalau flashdisk juga terbebas dari sebuah virus. Jadi kalian bisa scan flashdisk kalian terlebih dahulu dengan menggunakan antivirus.

2. Setelah itu, buatlah folder di dalam flashdisk kalain kemudian berinama folder tersebut inf.

3. Setelah itu, silahkan kalian buka folder yang kalian buat tadi (autoturn.inf).  kemudian buatlah sebuah file dengan format .txt kalian bisa membuatnya menggunakan notepad. Untuk membuat file menggunakan notepad adalah dengan tekan Klik Kanan kemudian New pilih Text Document.

4. Kemudian berilah nama file yang kalian buat tadi  dengan menggunakan huruf-huruf yang unik, disini kalian bisa menggunakan aplikasi bawaan windowns yaitu Character Map. Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan kalian masuk ke Start, cari Windows Accessoris, kemudian buka, dan disitu ada aplikasi yang namanya Character Map. Silahkan kalian buat nama menggunakan huruf-huruf unik dengan cara mengganti font tulisan menjadi font yang dibelakangnya berakhiran dengan Unicode, contonya adalah Arial Unicode. Setelah itu copy huruf tersebut kemudian pastekan pada nama yang file yang tadi dengan cara Double Click dengan jeda waktu atau dengan cara Rename.

5. Selesai, flashdisk kalian sudah kebal terhadap virus.
Sekarang dalam flashdisk kalian sudah ada folder yang namanya autorun.inf dan di dalam folder tersebut terdapat sebuah file dengan nama unik dan file tersebut dibiarkan kosong saja tidak apa-apa. Kalian bisa menyimpan file-file yang lain di luar folder autorun.inf.

Itulah cara melindungi flashdisk dari virus dengan mudah tanpa software. Dengan ini flashdisk kalian menjadi kebal terhadap virus. Ini karena dalam flashdisk kalian terdapat folder autorun.inf dan didalamnya terdapat file dengan nama unik. Jadi virus tidak bisa membuat folder yang bernama autorun.inf dan juga virus tidak akan bisa menularkan virusnya karena di dalam folder tersebut terdapat file dengan nama yang unik, semoga berhasil.