Cara Mengatasi Flashdisk yang Error dan Tidak Terbaca

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengatasi flashdisk yang error dan tidak terbaca di laptop, khususnya OS Windows. Kita harus tahu terlebih dahulu apa yang meneyebabkan flashdisk menjadi rusak dan error sehingga tidak terdeteksi ketika di sambungkan ke laptop atau komputer. Berikut ini kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan flashdisk cepat rusak:

  • Umur flashdisk yang sudah tua sehingga memang sudah waktunya untuk ganti.
  • Sering mencabut flashdisk dari laptop secara sembarangan saat digunakan tanpa melakukan eject terlebih dahulu. Hal ini tentu akan berakibat buruk pada flashdisk karena saat ia memproses data tiba-tiba harus berhenti.
  • Adanya virus yang bersarang disana yang membuat flashdisk tidak dapat terbaca dan terdeteksi oleh laptop.

Itu adalah 3 hal yang biasanya menyebabkan flashdisk menjadi error. Usahakan untuk tidak melakukan kebiasaan diatas agar flashdisk kalian bisa awet da tahan lama.

4 Cara Perbaiki Flashdisk Rusak dan Tidak Mau Terdeteksi

Jikalau memang sudah rusak dan tidak terdeteksi di komputer, silahkan gunakan cara berikut untuk mengatasi flashdisk yang error dan tidak terbaca.

1. Cek Pada Port USB Laptop

Pertama kalian harus mengecek port USB yang ada pada laptop ataupun komputer kalian. Bisa jadi yang rusak bukanlah flashdisknya melainkan port USB nya sehingga tidak bisa mendeteksi flashdisk yang ditancapkan. Kalian bisa mencoba untuk menancapkan flashdisk pada laptop lain dan lihat apakah bisa terbaca atau tetap error.

2. Periksa Drive yang Ada di Komputer

Jika setelah mencoba cara diatas namun tetap saja tidak mau terdeteksi, kemungkinan memang port USB baik-baik saja. Langkah selanjutnya adalah periksa laptop kalian, bisa saja ia tidak secara otomatis menscan dan mendeteksi ketika ada perangkat yang disambungkan. Untuk mengatasinya kita bisa mencoba untuk mendeteksinya secara manual dengan tutorial sebagai berikut :

a. Pertama kalian pasangkan flashdisk pada port USB laptop atau komputer kalian.

b. Langkah selanjutnya adalah klik start > control panel dan pilih opsi add hardware/add device.
Cara Mengatasi Flashdisk yang Error dan Tidak Terbaca
c. Setelah itu laptop kalian akan memulai proses scanning untuk melihat apakah ada drive baru yang disambungkan. Jikalau memang flashdisk kalian masih dalam keadaan baik dan sehat, biasanya ia akan muncul disana.
Cara Mengatasi Flashdisk yang Error dan Tidak Terbaca
d. Jika sudah terbaca dan muncul disana, silahkan pilih kemudian tekan next.

3. Lakukan Pemeriksaan Pada Flashdisk Dengan Menggunakan Fitur yang Ada di Windows

Sebenarnya windows sendiri telah menyediakan tool untuk mengatasi dan memperbaiki masalah seperti ini. Fitur ini sangat mudah untuk digunakan dan telah terbukti mampu menjadi solusi masalah seperti ini. Lakukan seperti tutorial di bawah ini :

a. Sambungkan flashdisk ke laptop kalian.

b. Kemudian buka windows explorer, klik kanan pada driver flashdisk kemudian pilih properties.

c. Kemudian akan muncul windows baru, pilih pada tab Tool kemudian lihat pilihan paling atas dan klik Check Now.
Cara Mengatasi Flashdisk yang Error dan Tidak Terbaca
d. Setelah itu ceklist pada kedua opsi yang muncul disana dan pilih start. Laptop akan memulai proses scanning dan apabila menemukan masalah atau bad sector biasanya akan langsung teratasi.
Cara Mengatasi Flashdisk yang Error dan Tidak Terbaca
e. Setelah proses pengecekan selesai coba kalian lihat apakah flashdisk sudah bisa terbaca dan dibuka kembali.

4. Format Flashdisk Melalui CMD

Jika memang sudah tidak bisa terbaca dan terdeteksi dengan 3 cara diatas, kemungkinan besar memang ada masalah dengan flashdisk tersebut. Kita bisa mencoba untuk memformat alias menghapus semua data yang ada disana. Cara ini telah terbukti ampuh dan bisa mengatasi flashdisk yang error da tidak terbaca di laptop. Kali ini kita akan menggunakan fitur CMD untuk melakukan pemformatan.

a. Pertama pasang flashdisk yang bermasalah pada port USB laptop atau komputer.

b. Kemudian buka program CMD, kalian bisa mencarinya lewat menu start atau menulis “CMD” di run kemudian enter.

c. Silahkan ketik FORMAT F: /FS:FAT kemudian tekan enter. F disini adalah lokasi dari flashdisk kalian, jadi sesuaikan dengan tempat kalian menancapkan pada port USB yang mana, tapi umumnya bertempat di F.
Cara Mengatasi Flashdisk yang Error dan Tidak Terbaca
d. Tunggu proses pemformatan selesai dan kemudian cek apakah solusi ini bekerja untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi.

Itulah beberapa solusi jitu untuk mengatasi flashdisk yang error dan tidak terbaca di laptop windows. Ternyata cara untuk memperbaiki flashdisk yang error dan tidak bisa terdeteksi di komputer itu sangat mudah. Namun jika ada yang merasa kesulitan dan bingung bisa ditanyakan di komentar.