Cara Mengetahui Kecepatan Internet & Penggunaan Data HP Android

Mmebicarakan koneksi Internet di android kalian maka akan sangat berhubungan erat dengan paket internet dan kecepatan transfer data di smartphone kalian. Kalian pasti akan terganggu karena kecepatan internet di smartphone kalian tidak stabil padahal kalian sedang melakukan aktivitas penting di smarphone kalian.
Cara Mengetahui Kecepatan Internet & Penggunaan Data HP Android
Mungkin pada beberapa jenis perangkat android telah dilengkapi dengan fitur yang bisa digunakan untuk kalian melihat kecepatan akses internet dan seberapa banyak kuota yang telah kalian gunakan untuk akses internet di smartphone kalian. Kecepatan tersebut merupakan kecepatan mendownload hingga upload yang kalian lakukan di smartphone kalian. Maka dengan itu kalian bisa menganalisis yang menjadi penyebab koneksi internet kalian menjadi lelet atau lemot. Nah, bagi kalian yang masih bingung bagaimana caranya kalian bisa ikuti langkah- langkah di bawah ini.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet & Penggunaan Data HP Android

1. Yang pertama kalian harus menyiapkan smartphone android kalian.

2. Bagi kalian yang belum memiliki aplikasi Internet Speed Info maka kalian harus mendownload dan menginstall aplikasi tersebut terlebih dahulu. Nah untuk mendownload aplikasi tersebut kalian bisa mendownload di Google Play Store di smartphone kalian.

3. Selanjutnya setelah kalian selesai menginstall aplikasi tersebut, maka kalian bisa langsung membuka aplikasi tersebut. Setelah kalian membuka aplikasi tersebut maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
Cara Mengetahui Kecepatan Internet & Penggunaan Data HP Android
4. Selanjutnya kalian bisa keluar dari aplikasi tersebut. Tetapi sudah secara otomatis muncul icon baru yang ada di kolom notifikasi bagian atas layar smartphone kalian. Nah notifikasi tersebutlah yang merupakan penanda seberapa kecepatan koneksi internet smartphone kalian. Berikut contoh gambar :
Cara Mengetahui Kecepatan Internet & Penggunaan Data HP Android
Nah, mudah bukan kawan? bisa disimpulkan bahwa jika kalian menggunakan aplikasi internet speed info maka kalian dapat mengetahui seberapa kencang akses internet smartphone kalian. Ini bisa digunakan baik pada saat kalian menggunakan paket data maupun pada saat kalian menggunakan wifi tetapi yang saya contohkan di atas adalah menggunakan paket data. Jangan khawatir kawan  karena cara antara dengan menggunakan paket data maupun dengan wifi sama. Kecepatan akses internet di smartphone kalian akan di hitung dengan satuan byte/second. Maka kalian bisa selalu mengetahui kecepatan internet di smartphone kalian setiap waktu.

Apakah aplikasi tersebut hanya bisa menampilkan kecepatan akses internet saja? ternyata aplikasi internet speed info ini juga bisa menampilkan sisa kuota yang sudah kalian habiskan pada saat melakukan akses internet di smartphone kalian. Dan dengan adanya informasi ini kalian bisa melakukan pembatasan penggunaan kuota untuk akses internet agar kuota kalian tidak cepat habis. Maka kalian bisa menggunakan akses internet di smartphone kalian untuk hal yang benar- benar penting.

Selamat mencoba!