Tips!! Sebelum Membeli HP Xiaomi

Smartphone dengan teknologi yang canggih pasti menjadi idaman banyak kalangan. Apalagi jika smartphone tersebut murah dan rupanya banyak menggoda pengguna di dunia. Tentu saja tingkat penjualannya bahkan menyalip smartphone kelas menengah. Nah seperti yang kita ketahui, bahwa Xiaomi dikenal sebagai salah satu smartphone dengan spesifikasi tinggi dan cukup mumpuni dengan harga yang relatif murah.
Tips!! Sebelum Membeli HP Xiaomi
Ya! Siapa sih yang sekarang nggak mau punya smartphone dengan spesifikasi yang bagus, desain yang keren tapi dengan harga yang merakyat.

Setiap kita akan Ingin membeli smartphone baru pasti ada tips – tips nya tersendiri. Karena dengan kita menerapkan tips – tips sebelum membeli smartphone yang kita inginkan maka kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri, seperti puas dengan spesifikasi yang ditawarkan, desain yang bagus, harga yang sesuai budget dan sebagainya.

Lantas, jika kita ingin membeli HP Xiaomi, apa saja sih tips – tips yang harus kita ketahui sebelum membeli HP Xiaomi ini? Nah, buat kalian yang penasaran apa saja tips – tips nya, di kesempatan kali ini saya akan memberikan tips menarik sebelum kamu akan membeli HP Xiaomi. Berikut penjelasannya di bawah ini.

10 Tips Sebelum Membeli HP Xiaomi

1. Ketahui Spesifikasi Lengkap HP Xiaomi yang Ingin Dibeli

Untuk tips yang satu ini penting banget buat kamu lakukan, karena kamu harus mengetahui spesifikasi lengkap HP Xiaomi sebelum membelinya. Nah untuk mengetahui spesifikasinya, kamu bisa mengeceknya di situs web resmi perusahaan (klik di sini), atau di situs review ponsel terkenal misalnya GSM Arena (klik di sini). Di situs tersebut kamu bisa mengetahui informasi lengkap ponsel, mulai dari bentuk fisik, jeroan serta harga yang ditawarkan. Jadi, dengan mengetahui spesifikasi lengkap HP Xiaomi yang akan kamu beli, kamu bisa dengan mudah menentukan model smartphone Xiaomi yang sesuai dengan kriteriamu.

2. Pilih HP Xiaomi dengan Ukuran Layar yang Pas Menurut Kamu

Tips berikutnya ini, kamu diharuskan untuk memilih ukuran layar yang pas. Sebab, kamu tentu tidak ingin bukan jika mendapatkan smartphone Xiaomi yang terlalu besar atau terlalu kecil saat digenggam? Maka dari itu, kamu perlu sekali memperhatikan ukuran layar HP Xiaomi yang akan kamu beli. Apabila kamu lebih suka mengoperasikan smartphone dengan satu tangan, maka pilihlah HP Xiaomi yang layarnya tidak lebih dari 5,5 inci, misalnya seperti Xiaomi Redmi 5A dan Xiaomi Mi 6.

Sedangkan jika kamu ingin merasakan pengalaman yang lebih baik saat menonton video, bermain game, atau melakukan pekerjaan yang mengharuskanmu membuka banyak jendela, maka pilihlah HP Xiaomi dengan layar yang lebih besar dengan ukuran 6 inci.

3. Pilih Kapasitas Memori Penyimpanan yang Cukup

Tips berikutnya ini perlu sekali kamu terapkan jika ingin membeli HP Xiaomi. Sebab jika kamu ingin merasa nyaman saat bermultimedia, seperti menonton film, bermain game, berselancar di dunia maya dan sebagainya, maka sebaiknya kamu membeli HP Xiaomi dengan ROM minimal 32 GB yaa. Kenapa? Sebab jika kamu memilih ruang penyimpanan di bawah angka itu, maka jangan berharap kamu dapat menikmati hal-hal tadi dengan lancar dan nyaman.

Namun, pabrikan saat ini sepertinya sudah paham bahwa kebutuhan setiap pengguna meningkat dari waktu ke waktu. Sehingga mereka menghadirkan perangkat smartphone dengan kapasitas ROM yang ditingkatkan. Apalagi jika model HP Xiaomi yang kamu pilih mempunyai slot memori eksternal, maka hal tersebut bisa menjadi nilai tambah yang baik.

4. Tentukan Tujuan Membeli HP Xiaomi

Nah selanjutnya, sebelum kamu siap membeli HP Xiaomi, kamu harus tau dulu nih apa tujuan kamu membeli HP tersebut. Entah Hp yang kamu beli ini tujuannya untuk bermain game, fotografi, atau hanya sekedar penggunaan ponsel secara reguler. Dan setelah kamu tahu apa tujuannya, maka nantinya kamu tidak bingung saat memilih model HP Xiaomi. Misalnya, jika kamu suka bermain game baik dengan grafis rendah atau tinggi, maka kamu bisa memilih HP Xiaomi yang mampu mendukung aktivitas tersebut dengan baik dan lancar dengan menentukan hal tersebut dari segi ukuran layar, prosesor (pilih yang Snapdragon 660 ke atas), kapasitas RAM (minimal 3/4 GB dengan ROM min 32 GB), serta ukuran baterai ponsel (>4000 mAh + pengisian cepat). Dan untuk salah satu HP terbaik Xiaomi yang cocok untuk bermain game yaitu Xiaomi Black Shark Helo.

Beda lagi jika kamu hobi fotografi lalu ingin membeli Xiaomi dengan tujuan tersebut, karena hal utama yang perlu kamu perhatikan yakni dari sektor kameranya. Kamu harus memilih smartphone Xiaomi yang datang dengan teknologi kamera terbaik serta mampu menghasilkan kualitas foto yang baik pula misalnya seperti Xiaomi Mi Mix 3. Akan tetapi, jika tujuan kamu membeli HP Xiaomi hanya untuk penggunaan standar saja  seperti sms, telepon, dan sedikit bermultimedia, maka Xiaomi yang harganya Rp 1 jutaan adalah pilihan terbaik.

5. Beli HP Xiaomi di Gerai Resmi

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak smartphone yang dijual dipasaran. Dan agar kamu terhindar dari segala bentuk penipuan yang saat ini banyak terjadi, maka alangkah baiknya jika kamu melakukan pembelian HP Xiaomi di gerai-gerai resmi mereka. Namun apabila kamu terpaksa membeli di toko ponsel biasa, maka kamu perlu memperhatikan bahwa garansi yang ditawarkan haruslah garansi resmi Xiaomi. Sebab, jika ada penjual yang menawarkan garansi distributor, dikhawatirkan perangkat tersebut palsu atau tidak original.

Selain itu, jika kamu membelinya lewat toko online, maka kamu juga harus aware dengan toko yang menjualnya (jika ada toko resmi Xiaomi, beli saja di sana). Kamu harus perhatikan reputasi toko tersebut, apakah mendapatkan review buruk dari pelanggannya atau tidak. Dan kamu juga perlu mengecek harga yang ditawarkannya. Apabila ponsel Xiaomi yang kamu inginkan dijual lebih murah dari kebanyakan, maka kamu patut untuk curiga bahwa barang yang mereka jual tidak asli atau palsu.

6. Beli HP Xiaomi di Waktu yang Tepat

Tips selanjutnya yaitu kamu juga perlu membeli HP Xiaomi di waktu yang tepat. Pabrikan smartphone biasanya suka merilis produk baru dengan spesifikasi dan harga yang hampir sama atau mirip dengan model lamanya. Misalnya, jika ponsel Xiaomi model lama tersebut cocok dengan apa yang kamu inginkan, maka kamu dapat membelinya di waktu yang tepat. Namun sebelumnya, kamu juga harus mengetahui dulu perangkat-perangkat baru Xiaomi yang akan segera dirilis ke pasaran.

Jadi, jika sebuah ponsel baru datang dengan isian dan harga yang hampir sama dengan model lama, maka harga ponsel lama bisa turun sebelum model baru diluncurkan atau beberapa waktu setelahnya. Sehingga, jika kamu bisa membelinya di saat yang tepat, maka kamu bisa lebih berhemat. Nah tips ini lebih cocok buat kamu yang orangnya bisa menunggu yaaa. Namun jika ternyata model yang baru membawa lebih banyak keunggulan, maka pilihannya jatuh ke yang lebih baik.

7. Pilih Kapasitas Baterai yang Cocok dengan Penggunaan

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ponsel – ponsel terbaru Xiaomi datang dengan daya yang besar-besar. Selain menunjang kebutuhan pengguna, tentu saja hal tersebut sangat diperlukan untuk menunjang perangkat itu sendiri yang membawa banyak peningkatan. Apabila kamu punya mobilitas yang tinggi di luar ruangan, maka pilih HP Xiaomi dengan daya tahan yang bagus, misalnya seperti Xiaomi Mi Max 2. Ponsel yang dirilis pada bulan Juni 2017 ini memiliki kapasitas baterai sebesar 5300 mAh. Mi Max 2 dengan ukuran layar 6,44 inci ini mampu menyala selama 128 jam, waktu bicara sampai 30 jam 15 menit, waktu browsing sampai 19 jam 21 menit, dan waktu menonton video sampai 21 jam 37 menit.

Nah selain itu, ponsel ini juga sudah membawa teknologi pengisian cepat Quick Charge 3.0. Namun selain dari kapasitasnya, kamu juga perlu untuk memikirkan teknologi pengisian yang dibawanya. Sebab, mengisi daya baterai ponsel yang besar secara reguler akan membutuhkan waktu berjam-jam dan mungkin akan membuatmu jengkel karena harus menunggu. Jadi, apabila Mi Max 2 ini tidak masuk rencana budget-mu yang dijual di angka Rp 4 jutaan, maka kamu bisa memilih Xiaomi Redmi 5 Plus yang di banderol dengan harga Rp 2 jutaan dengan kapasitas baterainya 4000 mAh, RAM 3/4 GB dan ROM 32/64 GB.

8. Jangan Terpaku pada Ukuran Megapixel Kamera

Biasanya orang – orang yang suka fotografi sangat memperhatikan ukuran megapixel kamera. Namun kamu jangan terpaku hanya pada ukuran megapixel kameranya saja, sebab yang perlu lebih kamu perhatikan adalah fitur-fitur yang disematkannya, seperti aperture (angka yang lebih kecil lebih baik) dan OIS atau Optical Image Stabilization. Nah, Xiaomi Mi Mix 3 dan Xiaomi Mi 8 merupakan beberapa smartphone Xiaomi yang masuk dalam daftar HP dengan kamera terbaik.

Mi 8 misalnya, datang dengan dual kamera belakang 12 MP, f/1.8, 1/2.55″, 1.4µm, 4-axis OIS, dual pixel PDAF + 12 MP, f/2.4, 56mm, 1/3.4″, 1.0µm, AF, 2x optical zoom. Kamera depannya juga cukup menakjubkan, yaitu sensor 20 MP, f/2.0, 0.9µm. Namun jika pilihan HP Xiaomi di atas cukup mahal buat kamu, maka kamu bisa  menjatuhkan pilihan ke Xiaomi Redmi 4 yang di banderol harga yang cukup murah dan kualitas foto yang dihasilkan kamera ponsel tersebut juga tidak terlalu mengecewakan.

9. Sesuaikan dengan Kebutuhanmu

Nah untuk tips yang satu ini memang tidak begitu penting, namun ada baiknya jika kamu membeli HP Xiaomi sesuai kebutuhan saja. Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa smartphone premium Xiaomi dijual dengan harga lebih dari Rp4 juta. Tentu saja mereka menawarkan kinerja yang handal. Namun kamu juga masih bisa loh mendapatkan ponsel Xiaomi dengan harga yang lebih murah tapi tetap bisa diandalkan. Jika kamu seorang pengguna yang sedang-sedang saja, maka Xiaomi Redmi Note 4 bisa menjadi pilihan yang bagus.

10. Xiaomi dengan Prosesor Mid-Range Juga Tidak Masalah

Untuk HP Xiaomi dengan prosesor Snapdragon kelas wahid pastinya mampu menghasilkan kinerja yang OKE. Akan tetapi, pastinya kamu harus membayar mahal untuk mendapatkan perangkat tersebut. Apabila kamu seorang gamer kelas berat, maka ponsel Xiaomi dengan prosesor Snapdragon 835 dan Snapdragon 845 merupakan pilihan yang bagus. Akan tetapi, smartphone Xiaomi dengan Snapdragon kelas menengah misalnya S660 seperti Xiaomi Mi Max 2 dan Xiaomi Mi Note 3 juga menawarkan kinerja yang cukup baik bagi banyak pengguna termasuk penulis loh.

Itulah 10 Tips Membeli HP Xiaomi yang Perlu Kamu Ketahui. Dengan membaca tips – tips yang telah saya tuliskan diatas, semoga kamu bisa menemukan perangkat Xiaomi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu yaa. Nah jika ada yang ingin kamu tanyakan seputar tips membeli HP Xiaomi diatas, silahkan tulis pertanyaannya di kolom komentar.