Fitur Tersembunyi Bluetooth Yang Jarang Diketahui

Fitur Tersembunyi Bluetooth Yang Jarang Diketahui

Seperti yang kita ketahui bahwa bluetooth adalah teknologi transfer file lama yang saat ini telah mulai di tinggalkan.  Yang menjadi salah satu faktor utama mengapa teknologi bluetooth kini semakin di tinggalkan adalah kecepatan dalam mentrasfer file yang terbilang lambat.

Kemudian faktor lain yang membuat teknologi ini semakin di tinggalkan yakni di temukannya teknologi tranfer file lain dengan kecepatan yang jauh lebit cepat daripada teknologi bluetooth. Namun, pada saat ini teknologi bluetooth masih tetap di sertakan pada semua produk ponsel, apakah itu ponsel pintar maupun ponsel biasa.

Akan tetapi apakah kalian tahu kalau bluetooth bukan cuma bisa dipakai untuk mentrasfer file saja. Kalau belum, ada baiknya kalau kalian menyimak beberapa fitur menarik yang bisa di gunakan menggunakan bluetooth. Berikut ini adalah penjelasannya.

Fitur Tersembunyi Bluetooth Yang Jarang Diketahui


Membuka dan Mengunci HP Android

Yang pertama fitur menarik yang dimiliki oleh bluetooth adalah bisa di pakai untuk mengunci dan membuka HP, fitur yang satu ini bisa di pakai menggunakan aplikasi bawaan yakni smartlock.

Smart Lock sendiri adalah fitur yang memungkinkan HP tetap terbuka lock screenya dalam beberapa situasi tertentu, contoh pada saat HP di letakan dalam saku atau saat HP sedang terhubung dengan perangkat terpercaya. Lalu pada saat HP sudah di luar jangkauan bluetooh, secara otomatis HP akan terkunci dengan sendirinya.

Berikut ini adalah cara menggunakan smartlock.

- Pertama silahkan kalian buka pengaturan > menu Security and location > kilik Smart Lock > Trusted Device.

Khusus buat HP Samsung, di settings kalian pilih Lock Screen and Security > Secure lock setting > Smart Lock.

Manfaatkan Applet Bluetooth IFTTT

IFTTT adalah kepanjangan dari IF This Then That, karena dengan fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membuat serangkaian tindakan bluetooth menjadi otomatis sehingga kalian gak perlu lagi melakukan konfigurasi secara manual.

Sebagai contoh: misalnya kalian memutar musik memakai speaker bluetooth, maka IFTTT ini bisa di gunakan untuk menghubungkan HP kalian denga speaker bluetooth tersebut dan tanpa melakukan konfigurasi pada pengaturan bluetooth.

Akan tetapi jika menggunakan fitur ini, kalian harus mendownload terlebih dahulu aplikasi pihak ketiga yang bernama IFTTT di playstore.

Bermain Game Multiplayer Berbasis Bluetooth

Nah bermain game multiplayer ternyata juga bisa di lakukan memakai bluetooth. Walaupun gak semua game yang tersedia di play store menyediakan fitur ini, akan tetapi ada sejumlah game yang menyediakan fitur multiplayer yang berbasis bluetooth ini. Salah satunya yakni game dual.

Chatting

Kemudian untuk fitur menarik terakhir yang bisa dipakai melalui bluetooth yakni fitur chating, akan tetapi untuk memakai  fitur ini kalian harus memakai aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di playstore. Nah salah satu aplikasi yang bisa di pakai untuk chatingan dengan memanfaatkan jaringan bluetooh yakni Bluetooth Chat.

Walau begitu, fitur ini gak bisa di pakai untuk chatingan dengan jarak jauh sebab jaringan bluetooh memang mempunyai radius beberapa meter saja. Dengan kata lain, fitur ini cuma dapat di pakai dengan jarak dekat saja.

Kesimpulan

Jadi itu beberapa fitur tersembunyi yang bisa dilakukan memakai bluetooth. Walaupun perkembangan teknologi yang semakin maju bukan berarti teknologi yang sebelumnya populer di pakai oleh seluruh pengguna smartphone ini harus di lupakan. Karena hal ini juga perlu untuk di ketahui dan di kembangkan. Maka dengan begitu akan ada inovasi baru yang mungkin akan menginspirasi kalian di lain hari. Demikian yang bisa saya sampaikan terimakasih.