Alasan Kenapa iPhone Tidak Bisa Transfer File Menggunakan Bluetooth

Bluetooth adalah sebuah fitus dalam sebuah Hp yang menawarkan sejumlah fungsi bermanfaat nagi penggunanya, seperti misalnya untuk melakukan transfer file keperangkat lain.
Alasan Kenapa iPhone Tidak Bisa Transfer File Menggunakan Bluetooth
Tapi ingat yaa..tidak semua Hp memiliki fitur Bluetooth ini ya, misalnya saja Hp besutan perusahaan ternama yaitu Apple, iPhone sendiri ada yang menggunakan fitur blurtooth ada yang tidak, tapi yang menggunakan fitur bluetooth tidak bisa mentransfer file loh. Lalu,apa sih sebenarnya alasan Hp iPhone tidak bisa melakukan hal tersebut? Mari kita cari tahu dengan menyimak ulasan pada artikel kali ini

Alasan iPhone Tidak Bisa Mentransfer File Menggunakan Bluetooth

Tentu banyak dari kalian bertanya-tanya akan mengapa iPhone tidak bisa transfer file menggunakan bluetooth. Ya, itu menjadi tanda tanya yang besar untuk kalangan yang tidak tahu menahu tentang hal ini. Terlagi harga iPhone yang cukup mahal, tidakah ini menjadi tidak sebanding harga Hp yang cukup mahal tapi tidak bisa menggunakan bluetooth, aneh bukan?

Dan berikut ulasan tentang bagaimana iPhone tidak bisa menggunakan Bluetooth yang terpicu dari berbagai spekulasi dari banyak orang diluar sana.

1. Masalah Keamamanan 

Apple sendiri memang dikenal sebagai produsen Hp yang sangat mementingkan keamanan data pribadi bagi para penggunanya. Maka kerap sekali menjadi sistem operasi Hp dengan model si=umber tertutup alias Closed source, perangkat iPhone sering kali juga disebut-sebut sebagai Hp yang aman dari ancaman antivirus.

Pengiriman file menggunakan bluetooth dianggap sebagai salah satu hal yang berpotensi dapat menyebarkan serangan virus. Dan hal ini juga kemungkinan besarnya menjadi alasan kenapa fitur bluetooth di iPhone tidak bisa digunakan untuk melakukan transfer data atau file.

Fitur bluetotth diperangkat iPhone hanya bisa digunakan untuk meyambungkan iPhone dengan aksesoris bluetotth seperti headset, speaker atau lainnya.

2. Desain Untuk Menguntungkan Perusahaannya Sendiri

Ketika para pengguna iPhone tidak diberikan akses untuk melakukan transfer file seperti misalnya lagu atau musik video melalui bluetooth, maka mau tidak mau mereka harus membelinya dari Apple Music. Banyak orang yang sudah menduga hal ini, kalau keterbatasan yang ada pada fitur bluetooth di iPhone memeang sengaja dirancang sedemikian rupa agar memberikan keuntungan untyuk perusahaannya sendiri.

Hal ini secara tidak langsung menjadi trik Apple untuk memaksa penggunaanya agar hanya dapat digunakan untuk mendownload atau membeli apapun lewat platfrom resmi saja. Dengan melakukan itu, tentu saja hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Apple selaku penyedia platfrom itu sendiri.

3. Menjebak Pengguna Agar Tidak Pindah ke OS Lain

Beberapa orang menyebutkan bahwa alasan berikutnya yang membuat fitur bluetooth di iPhone tidak bisa untuk mentransfer file adalah karena Apple sengaja menjebak penggunanya supaya tidak pindah ke OS lain. Persaingan ketat antara Android dan iOS tentu saja membuat keduanya harus terus berinovasi agar para penggunanya tidak pindah ke lain hati.

Hp iPhone sendiri memang dipercaya sebagai sebuah benda yang bisa memberikan prestige bagi para penggunanya hingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik terhadap Hp ini.

4. Sistem Operasi

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, sistem operasi iOS memiliki model sumber closed source sehingga ada batasan-batasan tertentu yang tidak bisa dilanggar oleh penggunanya. Dan yang dipercaya sebagai penyebab kenapa HP iPhone tidak bisa transfer data lewat bluetooth ke perangkat lain adalah karena keterbatasan yang terdapat di sistem operasinya.

Dalam hal ini proses transfer file menggunakan bluetooth juga menjadi salah satu aktifitas yang dibatasi oleh Apple sendiri. Dan memang benar sistem operasi iOS dirancang seaman mungkin untuk para penggunanya sehingga tidak perlu khawatir mengenai masalah keamanannya.

5. Masalah Pembajakan

Ada banyak sekali situs yang menyediakan berbagai macam file bajakan yang menawarkan fitur serupa dengan versi originalnya dan bisa kamu download secara gratis dan mudah. Tapi, tidak tahukah kalian di zaman yang sekarang ini banyak terjadi kasus pembajakan  yang ditemukan terutama di internet.

Dalam hal ini banyak orang yang menanggap kalau Apple sedang berusaha mengurangi pembajakan lewat pembatasan akses bagi penggunanya yang ingin mentransfer file via bluetooth. Hal itu tentu saja bukan tindakan legal yang sepenuhnya harus di basmi agar tidak terus merugikan banyak pihak.

Nah, itu tadi beberapa hal yang dipercaya sebagai alasan kenapa fitur bluetooth di iPhone tidak bisa digunakan untuk mentransfer file ke perangkat lain. Terlepas dari keterbatasan yang dimilikinya, tapi saat ini mengirim file menggunakan bluetooth memang sudah jarang dilakukan oleh sebagian orang.