Anti Rusak! Cara Mengatasi HP Android Terendam Air

Saat ini sudah hadir berbagai jenis dan tipe smartphone yang sangat canggih yang juga dibekali dengan fitur hkalianl. Salah satunya fitur canggih yang sudah banyak diterapkan oleh berbagai vendor adalah fitur anti air atau water resistant.
Cara Mengatasi HP Android Terendam Air
Dengan fitur tersebut memungkinkan pengguna memainkan HP di dalam air sekalipun. Meski begitu, fitur tersebut tidak sepenuhnya melindungi HP dari air. Kemampuan tersebut masih punya batasan waktu dan kedalaman air tersendiri yang harus diketahui oleh penggunanya.

Lalu bagaimana dengan Hp tanpa fitur anti air atau water resistant? Kemungkinan terbesarnya adalah HP mengalami konslet sehingga tidak bisa dihidupkan kembali. Jika HP terendam air, sebenarnya kalian masih bisa melakukan pencegahan agar HP tidak rusak. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi HP android terendam air agar tidak rusak yang bisa kalian terapkan.

Cara Mengatasi Hp Android yang Terendam Air Supaya Tidak Rusak

Saat terkena air hujan atau terjatuh ke dalam air, sebenarnya harapan untuk mencegah Hp rusak masih tetap ada. Hanya saja, tindakan yang dilakukan harus benar. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam cara mengatasi Hp android yang terendam air paling mudah untuk diterapkan.

1. Jangan Menyalakan Hp Dulu

Cara mengatasi HP android terendam air yang pertama adalah dengan memastikan HP dalam keadaan mati. Jika menghidupkan HP akan membuat komponen di dalam HP menjadi rusak karena air yang sudah masuk. Hal ini tidak hanya berlaku untuk HP saja, melainkan juga pada alat atau produk teknologi lainnya.

Kebanyakan pengguna akan langsung menghidupkan HP saat pertama kali jatuh terendam air. Itu terjadi karena kepanikan yang dialami yang membuat kalian ingin mengecek apakah HP masih menyala atau tidak. Sebaiknya jangan lakukan hal yang salah ini jika HP terkena atau terendam air, baik disengaja ataupun tidak.

2. Melepaskan Komponen Luar HP Android

Langkah selanjutnya yakni dengan melepaskan semua komponen luar HP seperti SIM Card, microSD, dan juga baterainya. Cara ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan yang bisa dialami oleh HP android.

Setelah itu, letakkan komponen HP di atas sehelai kain kering agar airnya bisa terserap. Jangan mencoba mengelap komponen sensitif HP, karena bisa jadi kalian tidak sengaja membuat kerusakan yang semakin parah.

3. Mengeringkan Bagian Luar HP

Berbeda dengan komponen dalam HP, bagian luar HP bisa kalian bersihkan atau keringkan menggunakan kain lembut. Misalnya saja bagian bodi dan layar LCD HP lap menggunakan kain lembut atau tisu. Khusus untuk layar HP biasanya tidak terlalu tahan terhadap kelembapan air. Hal ini dikarenakan layar LCD berisi filament lunak, jika terkena air terlalu lama maka akan menimbulkan flek hitam.

Mengelap bagian luar HP dengan kain sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan perlahan. Karena jika terlalu banyak menggerakkan HP akan membuat air semakin masuk ke dalam komponen HP dan ini bisa memperbesar risiko HP rusak.

4. Menimbun HP di Dalam Beras

Cara mengatasi HP android terendam air berikutnya adalah dengan menimbun HP di dalam beras. Memang terkesan aneh, tetapi cara ini sangat efektif untuk mengeringkan HP dari air yang masuk. Beras sendiri memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan di dalam HP lebih cepat serta efektif. Timbun HP yang terendam air di dalam beras selama kurang lebih 2 hingga 3 hari.

5. Hindari Meniup HP

Ketika HP terendam atau terkena air, sebaiknya hindari untuk meniup HP android. Meniup HP yang terendam air hanya akan membuat air semakin masuk ke dalamnya. Dan jika hal ini terjadi maka akan membuat risiko HP rusak semakin besar.

Sebagai alternatif lain untuk mengeluarkan air dari dalam HP adalah dengan memanfaatkan alat penyedot atau vacuum cleaner. Dengan alat ini akan membuat air di dalam HP tersedot keluar dengan lebih mudah dan efektif dibandingkan dengan meniupnya.

Jika sudah melakukan cara-cara di atas dan HP sudah dipastikan kering, cobalah untuk memasang kembali komponen luar HP seperti SIM card, microSD, dan baterai. Coba hidupkan HP android tersebut kembali. Biasanya setelah melalukan cara di atas, HP yang terendam air bisa dihidupkan kembali.

Selain melakukan beberapa cara di atas, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan agar HP terendam air tidak semakin rusak. Beberapa hal tersebut di antaranya:

  • Sebaiknya hindari langsung menyalakan HP saat pertama kali terendam air.
  • Jangan menekan tombol-tombol HP, kecuali tombol Power untuk menonaktifkan HP.
  • Hindari menyambungkan HP dengan tenaga listrik agar tidak semakin rusak bahkan membahayakan penggunanya.
  • Sebaiknya jangan terlalu sering menggerakkan HP agar air tidak semakin masuk dan merusak komponen dalam HP.
  • Jangan menggunakan hairdryer atau alat pemanas lain untuk mengeringkan HP.

Itulah beberapa cara mengatasi Hp android yang terendam air paling mudah dan simple untuk dilakukan. Perlu pengetahuan tentang Hp yang terendam atau terkena air agar Hp yang terendam air tidak mengalami kerusakan yang semakin parah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.