Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Waze, Anti Nyasar di Jalan

Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Waze, Anti Nyasar di Jalan

Kata pepatah, malu bertanya, sesat di jalan. Namun saat ini pepatah tersebut sepertinya sudah mulai tak relevan lagi. Karena apa? karena sudah ada alat yang bernama global positioning system atau GPS. Maka dengan alat ini kalian dapat mengetahui posisi kalian, jadi tujuan perjalanan, rute, dan bahkan estimasi waktu untuk sampai pada tujuan. Sungguh luar biasa.

Mungkin kalian sudah tahu, dengan dua aplikasi navigasi yang sangat populer pada saat ini yaitu Google Maps dan Waze. Perlu kalian ketahui juga selain dua aplikasi tersebut, ada juga aplikasi-aplikasi navigasi lain yang dapat kalian coba. Apa saja aplikasinya berikut beberapa di antaranya.

Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Waze, Anti Nyasar di Jalan


1. HERE WeGo

Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Waze, Anti Nyasar di Jalan

Aplikasi ini mempunyai tampilan (User Interface) yang cukup sederhana dengan opsi pemetaan seluruh dunia. Aplikasi ini sangat simpel, justru karena itu aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

Bukan itu saja, HERE WeGo juga mempunyai fitur yang gak banyak dimiliki oleh aplikasi navigasi lainnya, apa itu? HERE WeGo juga mampu menunjukkan model gedung secara 3D yang ada di sekitar kalian. Selanjutnya kalian juga bisa memesan taksi yang ada di kota kalian. Sungguh sangat menarik untuk dicoba!

2. View Ranger

Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Waze, Anti Nyasar di Jalan

Untuk aplikasi yang satu ini agak berbeda dengan aplikasi GPS lainnya sebab aplikasi ini diciptakan khusus buat kalian yang hobi menjelajah alam. Karena dengan menggunakan aplikasi ini, kalian bisa merekam jalur perjalanan yang sudah kalian lalui atau yang baru direncanakan, maka akan mengurangi resiko tersesat ketika kalian berada di hutan atau pegunungan.

Bukan itu saja, rute yang kalian buat tadi juga bisa dibagikan secara online supaya bisa digunakan oleh orang lain yang berkunjung ke tempat yang sama dengan kalian. Dan sisanya, aplikasi ini sama seperti aplikasi navigasi lainnya yang sama-sama bisa dipakai sebagai petunjuk arah dengan panduan rute di berbagai dunia, baik online ataupun offline.

3. Polaris Ride Command

Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Waze, Anti Nyasar di Jalan

Yang satu ini merupakan salah satu aplikasi navigasi all-in-one karena mempunyai akses ke sejumlah aplikasi navigasi lainnya seperti Google Maps, OsmAnd (Open Street Map & Navigation), dan MapQuest. Kemudian selain itu, kalian juga bisa melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan ke sesama pengguna aplikasi ini.

Selanjutnya, aplikasi ini juga mempunyai fitur seperti aplikasi View Ranger yang bisa digunakan ketika ingin mendaki gunung, berkemah, memancing, dan hal lainnya yang berkaitan dengan alam. Perlu kalian ketahui juga, bahwa nama Polaris ini sebenarnya salah satu brand otomotif offroad dan kendaraan salju, maka jika kalian punya kendaraan dari produsen ini, kalian juga bisa cek perawatan kendaraan kalian melalui aplikasi ini.

4. Sygic

Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Waze, Anti Nyasar di Jalan

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat populer, Sebab aplikasi ini mampu memberikan fitur HUD (Head Up Display) layaknya di mobil-mobil mewah. Aplikasi ini juga mampu menampilkan lokasi pada peta secara 3D, termasuk model-model gedungnya. Lalu sygic juga mampu memberikan petunjuk arah dengan model street view, maka kalian dipandu berdasarkan pemetaan sesuai gambar asli yang ada di dunia nyata.

Kemudian untuk sistem kerjanya, aplikasi ini juga pastinya mirip dengan aplikasi navigasi yang lain, yakni menunjukkan belokan demi belokan, speed limit, rute alternatif, dan voice guidance. Aplikasi navigasi Sygic merupakan yang paling canggih di antara aplikasi navigasi lainnya yang bisa kalian unduh secara gratis, walaupun untuk mencapai fitur tertentu kalian perlu tetap membayar.

5. MAPS.ME

Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Waze, Anti Nyasar di Jalan

Untuk aplikasi yang satu ini pada dasarnya gak mempunyai perbedaan apa pun dalam sistem kerjanya, sama-sama hanya menampilkan arah dan tujuan yang dituju, belokan demi belokan. Tampilan aplikasinya juga mirip dengan Google Maps, dan juga bisa digunakan secara offline setelah kita mengunduh peta yang diinginkan. Jadi di antara semua aplikasi, sepertinya yang satu inilah yang paling sederhana. Benar-benar paling mirip dengan Google Maps.

Baiklah temen-temen, Mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan, Semoga bermanfaat, dan semoga perjalanan kalian menyenangkan. Terimakasih.