Beberapa Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android

Siapa yang tidak kesal saat kalian sedang browsing tiba-tiba muncul iklan yang mengganggu. Kejadian seperti ini tentu mengesalkan karena membuat browsing atau aktivitas lainnya terasa menggangu dan menjadi tidak nyaman.
Beberapa Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android
Selain menggangu dan tidak nyaman, adanya iklan pop up yang sering muncul secara tiba-tiba juga menandakan smartphone kalian terserang malware. Ciri-ciri dari smartphone yang terkena malware antara lain muncul iklan pop-up, halaman depan Google Chrome yang sering berubah, ekstensi Google Chrome yang tidak diinginkan muncul kembali, dan munculnya peringatan tentang virus.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan iklan di smartphone Android beserta malware yang menyebabkannya? Yuk simak terus tiga cara menghilangkan iklan di smartphone Android tanpa proses root.

Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android

1. Cara Menghilangkan Iklan di Browser Chrome

Jika kalian browsing menggunakan browser Google Chrome, cara ini bisa kalian gunakan untuk menghilangkan iklan yang mengganggu. Pertama buka aplikasi Google Chrome dan klik tiga titik vertikal yang ada di sisi kanan atas kemudian pilih menu Settings.

Scroll ke bawah hingga ke opsi Site Settings dan klik opsi Pop-ups and redirects. Klik toggle yang ada hingga menjadi abu-abu dan iklan pop-up sudah berhasil terblokir.

Kalian juga bisa memblokir iklan di situs tertentu dengan klik opsi Ads yang ada di bawah opsi Pop-ups adnd redirects. Kemudian kik toggle yang ada hingga berwarna abu-abu dan iklan sudah terblokir.

Selain itu kalian juga bisa menghilangkan notifikasi yang tidak diinginkan dari situs tertentu. Masih di menu Site Settings, cari opsi Notifications. Kemudian klik toggle yang ada hingga berwarna abu-abu dan ada keterangan Blocked.

2. Cara Menghilangkan Iklan dengan Aplikasi

Jika smartphone Android kalian menggunakan browser selain Google Chrome, ada juga cara tersendiri untuk menghilangkan iklan di browser tersebut dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Caranya kalian cukup mengunduh aplikasi Adguard Content Blocker di Google Play Store atau langsung dari situs Adguard. Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis, tapi versi gratisnya hanya terbatas untuk menghilangkan iklan di browser. Sedangkan versi berbayarnya bisa menghilangkan iklan di aplikasi lainnya.

Aplikasi ini juga bisa menghilangkan iklan tanpa root karena AdGuard bisa bekerja di mode VPN.

3. Cara Menghilangkan Iklan dan Malware

Selain kedua cara di atas, kalian juga bisa menghilangkan iklan yang muncul tiba-tiba di smartphone Android karena aplikasi jahat dan malware. Selain menghilangkan iklan, cara ini juga bisa membuat perangkat kalian menjadi lebih aman.

Langkah pertama adalah dengan menghapus aplikasi yang bermasalah. Tekan tombol power dan tahan opsi Power Off di layar untuk me-restart smartphone kalian di safe mode. Kemudian hapus aplikasi yang baru kalian download satu per satu.

Setiap menghapus satu aplikasi, restart perangkat kalian seperti biasa untuk melihat apakah aplikasi yang baru dihapus itu telah menyelesaikan masalah. Setelah menemukan dan menghapus aplikasi yang bermasalah, kalian bisa mengunduh kembali aplikasi lainnya yang sudah dihapus.

Setelah itu kalian bisa melindungi smartphone kalian dari aplikasi jahat dengan mengaktifkan fitur Play Protect. Caranya buka aplikasi Google Play Store kemudian klik menu yang berada di sisi kiri atas.

Kemudian scroll ke menu Play Protect, dan klik ikon gigi roda yang ada di sisi kanan atas. Setelah itu klik toggle 'Scan device for security threats' hingga berwarna hijau untuk mengaktifkan Play Protect.

Begitulah beberapa cara untuk menghilangkan iklan di Smartphone Android kalian, semoga bermanfaat dan kunjungi situs kami untuk melihat Informasi, Tips, Trick dan Lainnya.