Cara Ambil Uang di ATM

Cara Ambil Uang di ATM - Saat ini banyak orang lebih memilih menyimpan uangnya di bank dari pada menaruhnya di rumah. Pikir mereka menyimpannya di bank lebih aman dan lebih praktis mengambilnya kalau kita tidak berada di rumah.

Belum lagi iming-iming bunga dan undian berhadiah membuat kebanyakan orang semakin tertarik untuk menabung di bank. Bagi umat muslim kita harus tahu hukum bunga/riba. Mudahnya menarik uang mereka kembali hanya dengan ATM tentu menjadi salah satu nilai plus kenapa mereka menyimpan uangnya di bank.

cara ambil uang di atm

Cara Ambil Uang di ATM


Sesuai dengan judul di atas, maka pada kesempatan kali ini, saya akan memandu kamu bagaimana cara ambil uang di ATM. Berikut langkah-langahnya:

Cari Mesin ATM

Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengambil uang kamu di ATM adalah mencari mesin ATM. Pastikan ATM sesuai dengan bank tempat kamu menabung ya. Kamu perlu tahu juga bahwa ada ATM bersama jadi kalau bank tempat kamu menabung ada di dalam jaringan ATM bersama, maka kamu juga bisa melakukan tarik tunai di ATM tersebut. Berikut jaringan ATM bersama di Indonesia.

  1. ATM Link: BNI, BRI, BTN, Mandiri, CIMB Niaga, dan Danamon
  2. ATM Prima: BCA, BNI, Mandiri, BRI, dan CIMB Niaga
  3. ATM Alto: Danamon, Maybank, BTN, Permata Bank, dan Citibank

Namun, kamu juga harus tahu bahwa setiap penarikan yang kamu lakukan biasanya akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 6.500.

Transaksi dengan Kartu ATM

Jika kamu sudah menemukan ATM yang sesuai dengan bank tempat kamu menabung, maka selanjutnya pastikan kamu membawa kartu ATM atau kartu debit. Silahkan ikuti tutorial cara ambil uang di ATM berikut ini:

  1. Silahkan masukan kartu ATM kamu ke mesin ATM
  2. Lalu pastikan kartu tidak terbalik ya. Caranya, lihat tanda panah yang ada di kartu ATM kamu atau awalan nomor pada kartu ATM menghadap atas sebab itu merupakan bagian yang dimasukan terlebih dahulu.
  3. Selanutnya pilih Bahasa. Indonesia atau English
  4. Kemudian masukan PIN ATM
  5. Setelah itu pilih jumlah uang yang akan diambil. Layar akan langsung menampilkan nominal-nominal yang dapat langsung diambil.
  6. Apabila nominal pada langkah nomor 5 tidak ada yang sesuai, kamu dapat pilih Transaksi Lain > Penarikan > Jumlah Lain
  7. Kemudian masukan jumlah yang ingin diambil
  8. Pilih cetak receipt apabila kamu mau memperoleh struk transaksi
  9. Tunggu uang akan keluar dari mesin
  10. Lalu ambil uang yang keluar dari mesin ATM
  11. Langsung saja tekan cancel pada keyboard mesin ATM
  12. Maka kartu ATM akan keluar

Jangan Lupa Untuk Mengambil Kartu ATM Sebelum Meninggalkannya

Ini yang terpenting, jangan pernah lupa untuk mengambil kartu ATM sesaat setelah uang keluar. Karena kalau kamu sampai lupa mengambil kartu ATM bisa jadi kartu ATM kamu disalahgunakan oleh orang lain. Jadi pastikan untuk mengambil kartu ATM sebelum meninggalkan ATM.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.