Cara Mematikan Akses Internet Untuk Salah Satu Aplikasi di Android

Cara Mematikan Akses Internet Untuk Salah Satu Aplikasi di Android

Bagi semua orang yang mempunyai smartphone data seluler merupakan kebutuhan yang paling penting. Apalagi banyak operator seluler yang menawarkan paket data tanpa batas. Dan gak jarang paket yang ditawarkan juga memiliki tarif yang gak murah. Maka akibatnya kalian harus menghemat data seluler.

Perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi dapat menyedot data secara teratur, bahkan pada mereka sedang gak aktif digunakan. Maka dari itu kalian bisa mematikan data seluler supaya aplikasi gak terus menggunakan data. Akan tetapi, masalah muncul pada aplikasi komunikasi seperti WhatsApp, Messenger itu harus terhubung ke internet setiap saat.

Nah untungnya, Android telah menyediakan cara untuk mencegah aplikasi tertentu menggunakan data. Aplikasi pihak ketiga juga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah ini. Nah cara-cara ini berguna buat kalian yang ingin menonaktifkan data pada aplikasi yang gak perlu menggunakan data, dan tetap menggunakan aplikasi yang memang seharusnya mengakses data.

Berikut Cara Mematikan Akses Internet Untuk Salah Satu Aplikasi di Android


Menggunakan Fitur bawaan Android

Cara Mematikan Akses Internet Untuk Salah Satu Aplikasi di Android

Kalian bisa dengan mudah untuk mengatur batasan data latar belakang untuk aplikasi tertentu di Android. Yang perlu kalian lakukan, adalah pergi ke Pengaturan-> Aplikasi (Settings->Apps) dan pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan datanya.

Pada halaman Info Aplikasi, kalian bisa mengetuk “Penggunaan data” (Data usage) dan di sini, aktifkan “Batasi data latar belakang aplikasi” (“Restrict app background data”). Dan ini memastikan jika aplikasi gak mengambil data seluler apa pun ketika berjalan di latar belakang selama kalian gak membukanya.

Nah kalau kalian ingin membatasi data latar belakang untuk semua aplikasi, maka kalian pergi ke Pengaturan-> Penggunaan data (Settings->Data usage), tekan tombol tiga titik dan ketuk "Batasi data latar belakang" (Restrict background data) . Nah kalian juga bisa menetapkan batas data seluler bulanan, sehingga kalian tahu kapan data seluler kalian hampir habis.

Kalau kalian mempunyai android versi terbaru (N keatas), maka kalian akan menemukan mode Penghemat Data (Data Saver). Pada dasarnya fitur ini membatasi data latar belakang pada semua aplikasi. Akan tetapi, kalian bisa memilih aplikasi yang kalian inginkan untuk mengaktifkan akses data tidak terbatas.

Blokir Data Seluler dan WiFi dengan NetGuard

Cara Mematikan Akses Internet Untuk Salah Satu Aplikasi di Android

Jika fitur bawaan Android cuma memungkinkan kalian menonaktifkan koneksi internet pada data seluler, aplikasi pihak ketiga dapat lebih membantumu. Karena kalian bisa menonaktifkan koneksi data dan juga Wi-Fi.

NetGuard merupakan aplikasi firewall yang gak cuma memblokir akses internet untuk aplikasi tertentu namun juga memungkinkan kalian menggunakan kondisi seperti membolehkan WiFi atau data seluler saat layar menyala dan memblokir internet ketika roaming.

NetGuard juga menampilkan semua aplikasi dalam urutan abjad. Di sampingnya ada opsi nonaktifkan untuk Wi-Fi dan data seluler. Nonaktifkan akses pada salah satu atau kedua jenis koneksi yang kalian inginkan.

Mengenai kontrol dan pengecualian yang lebih spesifik, ketuk panah dropdown di sebelah setiap aplikasi. Karena opsi ini mencakup kemampuan untuk membatasi aplikasi yang mengonsumsi data cuma pada saat kalian sedang roaming. Atau, kalian bisa mengizinkan aplikasi menggunakan data sementara yang lain diblokir.

Disini kalian juga bisa membatasi penggunaan data pada koneksi jaringan seluler tertentu, kalau perlu. ini seperti dapat mengizinkan penggunaan tanpa batas pada koneksi 3G, dan membatasi koneksi LTE.

Blokir Data Seluler dan WiFi dengan NoRoot Firewall

Cara Mematikan Akses Internet Untuk Salah Satu Aplikasi di Android

NoRoot Firewall merupakan aplikasi firewall yang paling populer karena mampu menghadirkan kemampuan tingkat lanjut untuk menonaktifkan koneksi internet.

Kemudian aplikasi ini gak cuma memungkinkan kalian memblokir akses data seluler / WiFi untuk aplikasi, namun juga memungkinkan kalian mengatur filter dan ketentuan khusus berdasarkan alamat IP, nama domain, dan alamat host.

NoRoot Firewall juga melindungi informasi pribadi kalian supaya gak dikirim ke Internet. Firewall NoRoot memberi tahu kalian jika aplikasi mencoba mengakses Internet. Tampilan antarmuka NoRoot Firewall juga sederhana dan gratis untuk digunakan.

Blokir Data Seluler dan WiFi dengan InternetGuard Data Saver Firewall

Cara Mematikan Akses Internet Untuk Salah Satu Aplikasi di Android

InternetGuard Data Saver Firewall merupakan aplikasi firewall terbaik lain dalam daftar yang bisa digunakan untuk memblokir akses internet di aplikasi tertentu di Android.

Kerjanya sama seperti semua aplikasi firewall Android lainnya, InternetGuard Data Saver Firewall juga memungkinkan pengguna untuk memblokir akses internet aplikasi tertentu di Android.

Kemudian aplikasi ini menampilkan daftar aplikasi Android yang mempunyai akses ke internet. Caranya cukup ketuk aplikasi yang ingin diblokir akses internetnya kemudian pilih jenis konektivitasnya. Kalau kalian ingin memblokir penggunaan data seluler, ketuk ikon ‘Mobile data’ dan kalau kalian ingin memblokir internet Wifi, kemudian ketuk tombol ‘Wifi’.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba!