Trik Rahasia Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Tanpa Ribet

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android - Apakah smartphone Android kamu kini makin lambat ketika mengakses internet? Jangan buang waktumu hanya untuk menunggu koneksi internet yang sangat lambat, coba cara ini supaya koneksi internet di hp Android kamu jadi lebih cepat.

Langsung aja ya simak langkah-langkah di bawah ini untuk mempercepat koneksi internet di Android.

cara mempercepat koneksi internet android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android


1. Pakai Ad-blocker

Jika kamu sering memakai jaringan internet untuk kebutuhan browsing, jadi biasanya kamu juga pernah disodorkan dengan sejumlah tampilan iklan teks, gambar, video, ataupun iklan dalam bentuk campuran antara gambar dan teks.

Apakah kamu tahu sebenarnya iklan-iklan yang muncul secara otomatis ini juga bisa memperlambat koneksi internet di hp android kamu? Karena secara tidak langsung memang bisa menyebabkan koneksi internet kamu menjadi lebih lambat.

Hal itu dikarenakan, iklan-iklan yang muncul pada website/blog yang sedang kamu buka itu juga akan ikut menyedot data internet kamu sekaligus menyebabkan loading webnya menjadi lebih lambat. Alhasil koneksi internet di android kamu pun menjadi semakin berkurang kecepatannya.

Solusinya, kamu dapat memakai aplikasi adblocker yang terdapat di Google Play Store. Atau kamu juga dapat mengunduh dan memasang browser tertentu yang memang telah dibekali langsung dengan Adblocker di dalamnya. Misalnya seperti UC browser, Opera, dan lain-lain.

2. Bersihkan cache

Selain faktor di atas, koneksi internet android yang lambat juga dapat dikarenakan oleh penumpukan cache di android kamu. Sekedar informasu, cache merupakan data sementara yang disimpan pada sistem penyimpanan internal smartphone.

Data cache ini berguna untuk mencatat semua aktivitas kamu saat memakai sebuah aplikasi. Jadi ketika kamu ingin mengakses aplikasi itu lagi, proses yang akan kamu lalui nantinya bakalan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan saat kamu pertama memakai aplikasi tersebut.

Hal itu terjadi berkat pengaruh dari rekaman data yang telah tersimpan sebelumnya dalam bentuk cache.

Cache berguna tapi harus dihapus juga, sebab cache juga memakan ruang penyimpanan internal yang ada di hp android kamu. Jadi jika dibiarkan terus menerus, otomatis ruang penyimpanan internalnya pun bakal jadi penuh juga dong.

Hal ini bisa berakibat pada kinerja ponsel android yang menjadi lebih lemot, dan bahkan termasuk koneksi internetnya juga. Cara ini perlu kamu coba sebagai salah satu cara mempercepat koneksi internet android kamu.

Lantas bagaimana caranya? kamu bisa memakai dua alternatif berikut ini:

  • Pertama, yaitu memakai aplikasi pembersih cache otomatis seperti Clean Master, Speed Booster, Nox Cleaner, atau aplikasi serupa lainnya. 
  • Kedua, yaitu dengan menghapus cache cara manual. Caranya yaitu dengan masuk ke menu settings dan pilih sub menu aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang mau kamu bersihkan cache-nya, kemudian tekan clear cache. Pakailah cara yang sama untuk membersihkan cache pada aplikasi-aplikasi lainnya. 

3. Matikan tethering

Tethering adalah salah satu fitur di android yang berguna untuk mengubah android kamu menjadi layaknya wifi. Fitur ini memungkinkan kamu untuk berbagi jaringan internet yang kamu pakai bersama dengan perangkat lain yang tersambung.

Jadi otomatis koneksi internet kamu pun menjadi terbagi-bagi. Jika itu terjadi, biasanya koneksi internet yang tiba-tiba menjadi tidak stabil, bahkan lambat. Jika kamu ingin koneksi internet android kamu cepat dan stabil kembali, maka disarankan untuk segera mematikan tethering di ponsel kamu.

4. Pakai aplikasi VPN

Aplikasi VPN (Virtual Private Network) mungkin lebih familiar sebagai alat untuk membuka situs yang diblokir. Nyatanya aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mempercepat koneksi internet android kamu.  Namun kamu tetap harus berhati-hati menggunakan aplikasi VPN, sebab diketahui bisa memberikan dampak & risiko tersendiri bagi penggunanya.

5. Tutup aplikasi yang berjalan di belakang layar

Membiarkan aplikasi aktif dan berjalan tanpa digunakan bisa membuat koneksi internet menjadi lamban. Jadi disarankan untuk menutup semua aplikasi yang tidak kamu pakai terlebih dahulu sebelum beralih memakai aplikasi yang lain.

6. Aktifkan fitur “Data Saver”

Aktifkanlah fitur “Data Saver” untuk mempercepat koneksi internet android kamu. Fitur ini berguna untuk menghemat data internet kamu supaya tidak cepat habis. Dengan mengaktifkan fitur “Data saver” di browser kamu, muatan gambar pada suatu web itu akan dikompress terlebih dahulu oleh browser menjadi ukuran yang paling kecil. Al hasil proses loading websitenya pun menjadi lebih ringan serta koneksi internet pun menjadi terasa lebih cepat.

Demikian cara mempercepat koneksi internet android yang bisa kamu lakukan di hp android kamu. Apakah kamu ingin mencobanya? Semoga artikel ini bermanfaat ya.