Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android

Saya rasa hampir semua pangguna Android pernah mengalami sinyal hilang secara tiba-tiba, pasti jengkel kan? Sabar,, karena kali ini saya bahas tutorial cara mengatasi sinyal hilang di Android.

Banyak faktor yang menyebabkan sinyal di hp Android kalian tiba-tiba hilang, seperti posisi kalian di luar jangkauan area jaringan, faktor cuaca, perbaikan jaringan oleh operator, kerusakan pada hardware HP, ada aplikasi atau software yang bermasalah, Signal Reciever HP bermasalah, dll.
cara mengatasi sinyal hilang di android

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android


Dilihat dari beberapa faktor di atas, kalian bisa fokuskan pada 2 titik permasalah. Pertama coba kalian cek SIM card yang terpasang di HP kalian. Caranya pindahkan ke HP lain, jika sinyalnya muncul berarti SIM card normal tidak ada masalah. Kedua silahkan cek HP Android kalian, caranya bisa kalian coba beberapa langkah di bawah ini.

1. Gunakan Mode Pesawat

Ketika sinyal di HP Android kalian tiba-tiba hilang, coba aktifkan mode pesawat di Android kalian tunggu beberapa saat kemudian nonaktifkan kembali mode pesawat. Langkah ini bertujuan agar HP mencari server jaringan baru yang lebih baik. Bisa dibilang cara ini sudah banyak dilakukan dan terbukti efektif.

2. Cari Jaringan Secara Manual

Jika kalian ingin menggunakan cara ini, silahkan ke menu Pengaturan Jaringan yang terdapat pada menu Settings di HP Android kalian.

Caranya yaitu buka menu Settings - Network - Connections - Mobile Network - pilih Operator - Select Automatically. Smartphone akan mencoba terkoneksi pada jaringan yang sudah terdeteksi.

3. Restart HP

Cara ini yang paling sering digunakan dan paling mudah untuk mengatasi sinyal yang hilang. Dengan melakukan restart, perangkat akan memulai semua proses dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru.

Jika semua cara di atas dilakukan namun sinyal tidak juga muncul, mungkin permasalahannya ada pada operator seluler atau masalahnya ada pada hardware hp Android kalian.

Semoga Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android di atas bisa membantu kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di blog ini ya.