Cara Menggunakan Screenshot HP Samsung Galaxy Note 10

Membahas tentang fitur Screenshot atau biasa disingkat dengan SS memanglah bukan fitur inti melainkan fitur pelengkap dari sebuah ponsel pintar saat ini. Namun fitur ini sangat berguna dan sangat dibutuhkan bagi kamu yang sering beraktifitas dengan ponsel kamu. Setiap ponsel umumnya memiliki cara yang sama untuk menggunakan fitur ini.

Namun berbeda dengan HP Samsung Galaxy Note 10 yang baru saja dirilis ini. Pasalnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan fitur screenshot di smartphone ini.

Berikut beberapa cara menggunakan screenshot HP Samsung Galaxy Note 10 yang bisa kamu coba.

cara menggunakan screenshot HP Samsung Galaxy Note 10

Cara Menggunakan Screenshot HP Samsung Galaxy Note 10


1. Tombol Fisik: Tombol Power dan Volume Bawah

Pertama silahkan pilih area layar mana yang akan di screenshot. Kemudian tekan dan tahan beberapa detik tombol power dan volume bawah secara bersamaan. Tunggu hingga layar berkedip yang disertai dengan suara layaknya jepretan kamera ketika screenshoot telah berhasil dilakukan. Maka akan muncul selama beberapa detik strip alat tangkapan layar di bagian bawah layar. Kamu bisa mengedit gambar selama strip alat tangkapan layar muncul jika tidak melakukan tindakan apa-apa maka hasilnya akan langsung tersimpan di galeri.

2. Pakai S-Pen

Silahkan menuju ke bagian area layar yang ingin di screenshot. Kemudian ambil S-Pen dari badan ponsel supaya fitur Air Command bisa aktif secara otomatis. Selanjutnya pilih Screen White hingga layar mengeluarkan flash yang ditandai dengan layar berkedip dan disertai dengan bunyi rana kamera. Hasinya silahkan lihat di panel notifikasi atau juga langsung lihat di galeri. Dengan memakai S-Pen pengguna juga dapat langsung melakukan proses editing gambar.
Baca juga: Gak Biasa! Galaxy Note 10 Bisa Ngobrol Sambil Main Game Dengan Fitur Ini!

3. Pakai Telapak Tangan

Sebelum memulainya pastikan kamu mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu ya. Caranya membuka sistem Pengaturan (Settings), pilih Advanced features, pilih dan aktifkan Palm swipe to capture.

Jika sudah diatur, maka untuk melakukan screenshot cukup dengan meletakkan telapak tangan di atas layar, setelah itu geser ke arah kanan atau kiri secara vertikal. Jika berhasil layar akan berkedip yang disertai dengan bunyi rana kamera, dan gambar yang di-screenshot akan disimpan pada galeri.

Jika metode ini tidak bekerja, maka pengguna harus melakukan langkah berikut ini.

4. Tanya Bixby Voice

Bixby Voice bisa dipakai untuk mengambil gambar screenshot saat pengguna tidak bisa melakukan cara menggeser telapak tangan atau memakai tombol kombinasi.

Maka pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan menekan tombol power Samsung Galaxy Note 10 dengan lama, kemudian ucapkan “Halo Bixby”, yang nantinya suara Bixby bisa aktif. Kemudian “take a screenshot” dan gambar akan tersimpan di galeri.
Artikel terkait: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus di Indonesia

5. Pakai Panel Edge

Kamu tidak bisa memakai Panel Edge mengambil tangkapan layar secara penuh. Tetapi kamu bisa memakai panel untuk meraih segmen layar. Namun sebelum menggunakan panel edge pastikan dulu untuk mengaktifkan panel yang sesuai, sebab hal tersebut tidak aktif secara default. Caranya buka menu Pengaturan > Tampilan > Layar tepi > Edge edge (untuk melihat daftar panel) > Pastikan Tepi aplikasi sudah aktif dengan cara tap Smart Select.

Jika sudah maka berikut cara mengambil sebagian layar dengan Panel Edge.

Silahkan menuju ke bagian area layar yang ingin di screenshot. Selanjutnya geser dari tepi kanan layar ke kiri, di atas titik tengah layar. Bila kamu ada di beranda ponsel, itu akan ada di atas kotak pencarian Google Assistant. Sedangkan di layar lain, silahkan gesek cukup tinggi pada layar sehingga kamu berada di atas titik tengah. Lalu geser sampai kamu melihat opsi pilih Cerdas. Jika kamu melihat panel pilih Cerdas, tap alat yang kamu mau seperti persegi panjang. Silahkan atur posisi dan ukuran pilihan layar kemudian tap Selesai. Terakhir tap tombol Simpan di bagian bawah layar untuk menyimpan ke galeri.

Semoga cara menggunakan screenshot HP Samsung Galaxy Note 10 diatas bisa bermanfaat.