Cara Menyimpan Smartphone Lama Tak Terpakai

Cara Menyimpan Smartphone Lama Tak Terpakai

Hampir semua orang setelah memiliki smartphone baru pasti cenderung gak peduli dan asal aja menyimpan smartphone lamanya. Padahal, jika menyimpan smartphone lama yang gak terpakai itu gak bisa sembarangan menyimpannya. Karena ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan selama menyimpan, supaya smartphone lama kalian tidak gampang rusak.

Jadi, agar kalian gak lagi salah langkah ketika menyimpan smartphone lama, sebaiknya kalian simak aja tips berikut ini!

Cara Menyimpan Smartphone Lama Tak Terpakai


1. Walaupun tidak lagi kalian pakai, baterai smartphone perlu kalian isi sampai penuh.

Cara Menyimpan Smartphone Lama Tak Terpakai

Walaupun tidak dipakai dalam waktu yang lama kalian masih wajib mengisi daya baterai smartphone kalian hingga penuh. Karena apa, supaya smartphone kalian tidak cepat rusak walaupun sudah tidak kalian pakai lagi.

2. Lepaskan baterai dan letakkan kembali smartphone ke box.

Cara Menyimpan Smartphone Lama Tak Terpakai

Ketika Smartphone kalian tidak lagi dipakai, usahakan lepas baterai smartphone kalian (tapi jika smartphone mengusung baterai removable saja). Nah selanjutnya, letakkan smartphone, baterai, dan charger yang sudah gak terpakai kembali ke dalam box agar gak hilang dan rusak.

3. Cek kondisi baterai secara berkala.

Cara Menyimpan Smartphone Lama Tak Terpakai

Walaupun sudah gak dipakai, kalian juga wajib mengecek kondisi baterai smartphone kalian secara berkala. Yah paling lambat 3 bulan sekali kalian bisa mengecek kondisi fisik dari baterai smartphone tersebut dan kalau baterai sudah berkurang dayanya usahakan untuk mengisinya kembali.

4. Sesekali bolehlah nyalakan smartphone yang tak terpakai, sekalian nostalgia.

Cara Menyimpan Smartphone Lama Tak Terpakai

Sama hal nya seperti baterai, sebaiknya kalian cek kondisi smartphone secara berkala. Selain kondisi fisik, kondisi software dan hardware smartphone lama juga harus kalian perhatikan.

Selanjutnya kalian nyalakan smartphone beberapa bulan sekali, untuk mengetahui apakah smartphone lama kalian baik-baik saja dan agar smartphone kalian juga tidak terlalu stres meski disimpan di dalam box dalam waktu yang lama.

5. Hindari simpan smartphone di tempat lembab dan panas.

Cara Menyimpan Smartphone Lama Tak Terpakai

Perlu di ingat bahwa smartphone itu merupakan benda yang rapuh, maka kalian wajib merawat smartphone dengan baik. Agar tidak cepat rusak, ada baiknya kalian letakkan smartphone pada tempat yang cukup pencahayaan dan juga sejuk.

Kemudian kalian jangan sekali-kali meletakkan smartphone di tempat yang terlalu lembab ataupun tempat yang terlalu panas, sebab, suhu yang berlebihan (baik panas ataupun dinginnya) saja bisa bikin smartphone yang kerap dipakai cepat rusak. Apalagi smartphone yang sudah tidak dipakai lagi.

6. Jangan simpan smartphone kalian di dalam almari. Bahaya!

Cara Menyimpan Smartphone Lama Tak Terpakai

Karena suhu dalam lemari kabarnya dapat mengurangi umur baterai smartphone kalian. Kemudian smartphone yang diletakkan di dalam almari dalam jangka waktu yang lama maka rentan membuat smartphone cepat 'jamuran' dan bisa jadi kabel charger smartphone digigit makhluk pengerat seperti tikus misalnya dan serangga lainnya.

Maka dari itu, menyimpan smartphone dengan cara yang baik dan benar sangat perlu kalian lakukan. Sebab ketika kalian tidak punya uang, maka kalian bisa menjual smartphone lama yang gak terpakai tersebut atau ketika smartphone baru kalian rusak, maka kalian dapat memakai smartphone lama kalian.

Baik itulah beberapa tips yang dapat saya sampaikan, Semoga bermanfaat dan terimakasih.