Cara Mudah Print Dari Handphone Smartphone Android

Cetak atau print dokumen menjadi salah satu kebutuhan masa kini. Baik untuk pelajar, mahasiswa, atau pegawai kantoran. Sebelumnya mencetak atau print dokumen ataupun gambar membutuhkan media PC (Personal Computer), laptop, dan juga printer. Sekilas terdengar simpel, namun bila dalam kondisi terdesak atau terburu-buru kegiatan mencetak melalui PC atau laptop bisa jadi cukup merepotkan dan memakan waktu.
Cara Mudah Print Dari Handphone Smartphone Android
Smartphone Android kini bisa untuk kebutuhan lain seperti mencetak file. Baik file dokumen ataupun foto. Hal ini karena smartphone Android memiliki fitur Cloud Print yang bisa dihubungkan langsung ke printer untuk mendukung kebutuhan cetak dokumen.

Selain menggunakan fitur Cloud Print, ada aplikasi lain yang bisa digunakan. Salah satunya aplikasi PrinterShare Premium. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis untuk printing menggunakan smartphone ataupun tablet Android. Beberapa jenis file seperti Ms Office, PDF, PS, rtf, halaman web, dan lainnya bisa dicetak menggunakan aplikasi ini.

Mau tahu caranya? Berikut cara mudah mencetak atau print dokumen dan foto langsung dari HP Android:

Cara Mudah Print Dari Handphone Smartphone Android


  1. Langkah pertama, kalian perlu mengunduh aplikasi lebih dulu. Aplikasi bisa didapat gratis dari Play Store. Mengunduh aplikasi ini menguntungkan karena support dengan ribuan tipe printer aneka merek yang digunakan di Indonesia. Download Aplikasi PrinterShare Premium Gratis
  2. Untuk koneksi smartphone ke printer ada beberapa pilihan. Mulai dari menggunakan kabel USB, Bluetooth, atau koneksi Wifi. Bila printer yang kalian gunakan belum di sharing maka kalian bisa menggunakan kabel USB, Kalian cukup menghubungkan HP Android ke printer menggunakan kabel USB.
  3. Jika aplikasi PrinterShare sudah di instal pada hp andorid, kemudian hidupkan fitur wifi pada hp android kalian, lalu sambungkan wifi yang sudah terkoneksi dengan printer, jika sudah, buka aplikasi PrinterShare.
  4. Saat aplikasi PrinterShare sudah terbuka, selanjutnya pilih Printer Select pada pojok kanan bawah aplikasi PrinterShare. Kemudian akan muncul menu Select Printer, pilih Nearby WiFi, tunggu proses scaning printernya, lalu pilih printer yang akan kita gunakan.
  5. Selanjutnya akan muncul notifikasi User Action Required, nah kalian pilih saja Use Generic, kemudian pilih Yes untuk mendownload Driver. Tunggu hingga ada notif Congratulations! Your printer is configured ready. Kemudian pilih Skip.
  6. Kembali ke menu utama pada aplikasi PrinterShare-nya. Pilih Documents, lalu pilih Memori Perangkat atau Kartu SD (ini tergantung dimana Kalian menyimpan file yang ingin kalian print). Lalu pilih file dokumen yang ingin kalian print.
  7. Setelah Kalian memilih file dokumen, kalian akan diarahkan pada notifikasi dimana kalian diharuskan mendownload preview dari file yang ingin kalian print tadi, disini Kalian pilih saja Yes, dan tunggu hingga proses download file preview-nya selesai.
  8. Selanjutnya Kalian akan diarahkan ke halaman berikutnya berupa halaman Print Preview yang menampilkan tampilan sebelum cetak. Kalian bisa klik option untuk mengatur ukuran kertas dan pilihan lain. Ikuti saja option atau setingannya.
  9. Bila semua dirasa sudah cocok sesuai keinginan, Kalian bisa langsung memilih menu Print. Lalu pilih berapa lembar yang ingin Kalian cetak. Proses mencetak dimulai, dan Kalian tinggal menunggu sampai prosesnya selesai.

Begitulah cara mudah mencetak atau print dokumen atau foto dari smartphone. Cara yang sangat mudahkan? Cara Ngeprint Langsung Dari Hp Android dengan koneksi WiFi ini mendukung kebutuhan mencetak dari berbagai merk printer yang sudah mendukung sharing via koneksi LAN atau WiFi, seoerti merk printer Espon, Cannon, Brother, Samsung dan lainnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!