HP Lemot? Jangan Buru-Buru Beli Yang Baru

Caraseobali.com - HP lemot merupakan masalah yang biasa terjadi dan hampir setiap orang pernah merasakan kinerja HP-nya mulai melambat. Separti yang kita ketahui bersama HP Android merupakan HP yang banyak memiliki pengguna setia, mungkin sebagian besar pengguna HP menggunakan OS Android.

Kita bisa menemukan dengan mudah HP Android dari yang harga murah hingga yang puluhan juta. Semua itu tergantung selera dan spesisifikasi yang dibawanya. Sehingga kinerja HP tergantung dengan fitur-fitur yang disematkan di HP tersebut.

Namun, terkadang kita pernah merasakan membeli HP yang dulunya kinerjanya tinggi sehingga sangat lancar ketika digunakan namun seiring lamanya penggunaan, kini HP tersebut menjadi lemot. Lantas, haruskah beli HP baru untuk mengganti yang lama?

Eits jangan dulu, kamu harus tahu faktor apa saja yang menyebabkan HP kamu lemot. Mungkin hal-hal berikut ini yang menyebabkan HP kamu lambat. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli yang baru, coba perhatikan poin-poin di bawah ini supaya kinerja HP kamu kembali seperti semula.
hp lemot

Penyebab HP lemot dan cara mengatasinya 


1. Memori Hampir Penuh

memori hampir penuh di android
memori hampir penuh di android

Pertama yang harus kamu cek saat hape Android kamu mulai lemot adalah kapasitas penyimpanan di hp kamu. Bisa jadi memori di HP kamu sudah hampir penuh. Memang tidak bisa dipungkiri, semakin lama masa penggunaan hape kamu maka semakin banyak aktifitas yang sering kamu lakukan dengan hape kamu seperti mengambil foto, merekam video, download, transfile dan yang lainnya.

Maka pastikan agar memori internal HP Android kamu tidak sampai penuh dan punya banyak ruang agar hape kamu kembali cepat. Jadi pilihlah file-file yang dibutuhkan dan tidak. Hapus atau pindahkan ke penyimpanan eksternal lainnya.
Baca juga: Trik Rahasia Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Tanpa Ribet

2. Terlalu Banyak Download Aplikasi

download aplikasi android
download aplikasi android

Poin berikutnya coba lihat aplikasi apa saja yang terinstal di hape kamu. Jika kamu rasa sangat banyak hp yang ada di hape kamu, maka selanjutnya cek kapasitas RAM di hape kamu yang tersisa. Jika ternyata RAM hape kamu hampir penuh maka solusinya pilihlah aplikasi apa saja yang sering kamu gunakan dan hapus atau uninstall aplikasi yang jarang kamu gunakan dan tidak terlalu penting. Ini berguna supaya RAM di hape kamu punya ruang atau tidak sampai hampir penuh. Karena semakin banyak aplikasi yang diinstal maka kinerja hape akan semakin berat akibatnya banyak menggunakan kapasitas memori dan mempengaruhi kinerja RAM.
Artikel terkait: Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan Dan Cepat

3. Banyak Aplikasi Berjalan

aplikasi berjalan di latar belakang
aplikasi berjalan di latar belakang

Tidak hanya memilih dan uninstal aplikasi yang tidak penting saja, kamu juga perlu cermat dalam memakai berbagai aplikasi yang kamu punya. Jika kamu membiarkan berbagai aplikasi berjalan dan tidak ditutup setelah dipakai, sama saja dengan saat kamu memakainya.

Solusinya pastikan untuk menutup aplikasi yang setelah kamu memakainya. Sehingga kerja ponsel kamu jadi ringan dan tidak membuat lemot.

4. Terlalu Sering ‘Update’ Aplikasi

update aplikasi android
update aplikasi android

Melakukan terlalu banyak update atau pembaruan aplikasi juga dapat saja bikin kinerja HP android menjadi lemot. Hal ini sangat mungkin dikarenakan oleh aplikasi yang tidak sesuai.

Maka solusinya ketika melakukan update HP mengalami gangguan, sebaiknya melakukan uninstall pada aplikasi terbaru merupakan pilihan yang tepat. Terakhir, kamu dapat pasang kembali aplikasi versi lama yang kamu pakai sebelumnya. 

5. Pakai ‘Widget’ Berlebih

widgets android
widgets android

Banyak widget menarik yang memang ada untuk HP android, dan semua ini akan bikin tampilan layar ponsel kamu jadi lebih keren. Tapi perlu kamu ketahui, pemakaian widget yang berlebihan juga akan menguras RAM pada HP kamu dan bikin kinerjanya menurun.

Solusinya jangan menggunakan widget yang berlebih seperti ini, kamu dapat menggantinya dengan wallpaper yang ringan saja, sehingga kinerja HP kamu tidak terganggu.

6. Pakai Terlalu Banyak Akun ‘e-Mail’

akun email
akun email

Terdapat banyak aplikasi yang terpasang dan kamu memakai akun e-mail yang berbeda-beda untuk mengaksesnya, maka hal ini bisa jadi penyebab kinerja HP android kamu lemot.

Banyaknya jumlah akun e-mail yang dipakai akan memenuhi RAM dan sebaiknya dihindari. Kamu dapat memakai satu akun e-mail saja untuk seluruh aplikasi yang kamu pakai pada HP tersebut, sehingga kinerja HP android kamu dapat berjalan dengan lebih lancar. 

Jadi seringlah memeriksa hp androdi kamu ketika kamu mengalami hp lemot. Kalau sudah tau penyebab dan solusinya, masihkah ingin membeli HP yang baru? :)