Pantes Aja! Ternyata Ini Penyebab HP Lama Mengisi Saat Dicas

Sepertinya masalah lama ketika ngecas hp menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan bagi pengguna hp disamping masalah pada sinyal. Kalau ditanya apa saja masalah pada bateai hp? Ya masalahnya bisa beragam. Dimulai dari baterai yang cepat habis, baterai yang cepat panas, sampai baterai yang lama penuh ketika di-charge.

Dari beberapa masalah di atas, saya akan fokus pada satu masalah dulu yaitu masalah lamanya waktu charging. Maka mengenai hal ini ada banyak faktor yang menyebabkan masalah itu terjadi. Coba perhatikan apa saja yang menyebabkan lama mengisi saat dicas.
Penyebab HP Lama Mengisi Saat Dicas

Penyebab HP Lama Mengisi Saat Dicas


1. Kabel charger berkualitas buruk

bahaya kabel usb palsu

Ini hal mendasar yang perlu kalian perhatikan. Jadi kalian harus pastikan kalau kualitas kabel USB kalian baik. Berdasarkan banyak penelitian, kabel USB yang terbaik adalah kabel bawaan yang ada di paket pembelian.

Selain itu perhatikan juga cara merawat kabel USB. Jaga selalu supaya kabel tidak ada di keadaan tertekuk atau tertarik dengan paksa. Seperti pepatah jangan nilai dari luarnya, begitu pula dengan kabel charger ini. Bisa jadi di luar tampak baik-baik saja namun di bagian dalamnya ada serabut kabel yang putus.

2. Sumber daya yang lemah

penyebab hp lama penuh saat dicas

Sering kali kita menemukan terutama dalam keadaan sibuk atau malas, yaitu mengisi daya dari sumber yang tidak semestinya. Contohnya saja mengisi daya dari laptop atau bahkan powerbank. Kalau itu dilakukan tidak sering atau hanya dalam keadaan tertentu saja maka itu tidak masalah. Namun jika itu sering dilakukan, sebaiknya pikirkan lagi akibatnya.

Maka yang terbaik adalah ,mengecas hp langsung dari aliran listrik di rumah kalian.

Kalau kalian masih merasa lama saat cas hp, coba perhatikan kualitas dari kabel listrik di rumah kalian yang  mungkin tidak terlalu baik.

3. Adaptor memiliki kualitas buruk

Charger palsu

Sekedar informasi, untuk membuat arus listrik besar dari rumah/PLN supaya menyesuaikan dengan keperluan hape kita maka diperlukan peranan dari adaptor.

Jadika pastikan adaptor yang kalian miliki berfungsi dengan baik, supaya memberikan arus listrik yang benar-benar sesuai dengan keperluan hp yang kalian miliki.

Seiring dengan masa penggunaan, terkadang durasi charge jadi lebih lama, kemungkinan adaptor yang kalian miliki sudah mengalami gangguan dalam mengadaptasi arus listrik.

4. Usia pemakaian hp sudah terlalu tua

cara mengatasi pengisian baterai hp yang lama

Usia hp bisa juga menjadi faktor utama kenapa lama ketika charge hp. Keadaan HP yang sudah lama bisa menjadi penyebab baterai tidak lagi bekerja dengan maksimal. Maka bisa dipastikan perangkat lainnya seperti charger adaptor dan kabel USB bawaan juga sudah lama. Maka solusi terakhir adalah mengganti HP kalian dengan yang baru. Hehehe

5. Kualitas baterai HP buruk

cara mengatasi baterai lama terisi

Meskipun masing-masing produk smartphone mengiming-imingkan kualitas baterai yang baik. Namun nyatanya merk HP yang sama bisa jadi kualitas baterai berbeda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi baterai. Salah satunya pola pemakaian yang buruk seperti sering over cas hp atau juga menggunakan hp sampai baterai nol persen.

6. Sering menggunakan HP saat di-charge

penyebab baterai lama terisi

Saya rasa hampir semua pengguna gadget sering melakukan ini, seperti melakukan chatting, menonton film, atau bahkan bermain game ketika hp sedang dicas. Maka tidak heran kalau waktu pengisian daya jadi lebih lama. Jadi jangan salahkan faktor lain ya, karena kalian sendiri yang tersangkanya, hehehe.

7. Backgroud apps

penyebab baterai lama di charger

Ini masalah memang sering kita tidak menyadarinya, karena yang kita tau yang menyedot daya paling banyak ialah layar atau tampilan grafisnya. Namun perlu diketahui, walaupun layar dalam keadaan mati, masih ada penghisap daya lainnya, yakni background apps. Solusinya sangat sederhana, silahkan nonaktifkan background apps ini lewat menu pengaturan aplikasi. Karena backgroud apps merupakan sistem pada aplikasi tertentu di HP kalian yang masih terus berjalan walaupun sedang tidak dipakai.

8. USB port kotor

penyebab baterai lama di cas

Kalau yang satu ini adalah faktor pengguna sih, kalau si pengguna tidak bisa merawat dan menjaga  kebersihan dari setiap perangkat yang dimiliki maka besar kemungkinan ini menjadi salah satu penyebab masalah di atas. Jadi pastikan USB port dalam keadaan bersih dan tidak ada debu atau kotoran yang menghalangi sebagian lapisan tembaganya, supaya arus yang masuk ketika melakukan pengisian daya dapat maksimal.

9. USB port rusak

penyebab baterai lama penuh

Kalau ini sudah terjadi maka solusinya beli yang baru. Ada banyak hal yang menyebabkan USB port rusak. Seperti memasukkan atau mengeluarkan kabel secara paksa. Hal ini berakibat pada komponen dari port ini longgar dan menghambat proses charge.

10. Lapisan tembaga di USB port berkarat

penyebab baterai hp lama terisi

Kalau faktor ini, saya rasa semua orang tau penyebabnya. Usahakan meletakkan perangkat elektronik apapun jauh dari air. Karena jika terkena air pada USB port, bisa menyebabkan lapisan tembaga yang menjadi konduktor listrik berkarat dan menghambat arus listrik yang masuk ke hp kalian. Alhasil, pengisian daya jadi lebih lama.

Itulah penyebab hp lama mengisi saat dicas. Semoga bisa membantu ya.