Siap-Siap, Ada Fitur Sidik Jari di WA, Kalian harus coba

Siap-Siap, Ada Fitur Sidik Jari di WA, Kalian harus coba

Semua orang tentu sudah mengetahui bahwa Aplikasi perpesanan terpopuler dunia saat ini adalah WhatsApp. Kali ini WhatsApp akan segera menghadirkan fitur keamanan baru untuk melindungi privasi para pengguna, yakni Fingerprint Lock, merupakan pengunci aplikasi dengan autentifikasi sidik jari.

Pada sebelumnya fitur Fingerprint Lock ini disebut Authentication atau Screen Lock, Nah kini akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan. Setelah menyediakan fitur Screen Lock untuk pengguna iOS beta (lebih dari 3 bulan lalu), WhatsApp akhirnya siap merilis itu untuk semua pengguna Android.

Siap-Siap, Ada Fitur Sidik Jari di WA, Kalian harus coba

Siap-Siap, Ada Fitur Sidik Jari di WA, Kalian harus coba

Nah buat kalian yang sudah gak sabar ingin mencoba fitur ini, Tenang, kalian gak perlu menunggu beberapa bulan lagi, Sebab WhatsApp versi 2.19.221 beta Android sudah bisa diunduh. Dalam versi 2.19.221 dan itu sudah tersedia fitur Fingerprint lock.

Kalau kalian telah memperbarui dengan versi beta terbaru namun masih belum juga menemukan fitur itu, maka silakan kalian cadangkan dulu riwayat obrolan (chat history) kemudian instal kembali Whatsapp. Jika sudah melakukan langkah itu namun tetap gak bisa, berarti kalian harus menunggu ketika pembaruan mendatang tersedia.

Jika versi pembaruan 2.19.3 telah tersedia, maka semua pengguna Android (versi Marshmallow atau lebih baru) akan dapat menikmati fitur Fingerprint lock.

Selanjutnya bagaimana cara mengaktifkan fitur Fingerprint Lock?

Caranya adalah kalian cukup membuka WhatsApp Setting > Account > Privacy, dan di sini kalian akan ditemukan opsi baru yang disebut Fingerprint lock.

Kalau kalian membuka Fingerprint lock, maka kalian bisa memverifikasi yang akhirnya akan memungkinkan untuk mengaktifkan fitur. Kalau kalian memilih untuk mengaktifkan fitur kunci sidik jari, maka kalian masih bisa membalas pesan dari notifikasi dan menjawab panggilan WhatsApp, sebab otentikasi hanya diperlukan pada saat membuka WhatsApp.

Kemudian dalam fitur Fingerprint lock, WhatsApp juga menyediakan opsi waktu, setiap berapa menit aplikasi akan terkunci jika gak digunakan. Akan tetapi, sayangnya, pada fitur itu cuma tersedia opsi "segera", kemudian "setelah 1 menit", dan "setelah 30 menit". Tiga opsi yang terlalu cepat dan terlalu lama.

Jadi nanti pada perbaikan fitur terbaru juga akan menyediakan opsi yang disebut "Tampilkan konten dalam notifikasi", sehingga kalian dapat memutuskan apakah ingin menampilkan pesan dan pengirim dalam notifikasi di layar atau tidak, pada saat fitur Fingerprint lock diaktifkan.

Ok temen-temen itu saja informasi yang dapat saya sampaikan, Semoga bermanfaat dan Terimakasih.