Spek Dewa!! Samsung Galaxy S10+ dengan Memori 1TB

Samsung Galaxy S10+ adalah perangkat yang tepat untuk content creator. Sebab, orang yang pernah menyutradarai film Filosofi Kopi, Love for Sale, serta Wiro Sableng tersebut, berkata "ada banyak sekali fitur Galaxy S10+ yang membuat produksi konten jauh lebih mudah."
Samsung Galaxy S10+ dengan Memori 1TB
Tidak usah basa basi, Langsung saja mari kita bahas spek dewa apa saja yang di miliki oleh Samsung Galaxy S10+

Samsung Galaxy S10+ dengan Memori 1TB

One UI

One UI adalah sistem operasi terbaru Samsung yang tidak hanya indah, tapi juga sangat fungsional. Tampilan antarmukanya yang sederhana, tapi tetap elegan. Ikon aplikasi di desain ulang dengan warna pastel, sehingga nyaman dimata.

One UI menaruh perhatian besar di hal-hal kecil yang kita lakukan berulang kali di ponsel, menjadikan kegiatan tersebut jauh lebih nyaman. Ada juga fitur menarik yaitu Bixby Routines, yang bisa membantu rutinitas seperti mengemudi, menyetel alarm tidur, dan hal lain sesuai kebiasaan kita. Namun, masih butuh eksplorasi dan penyesuaian lebih lanjut.

Tampilan Fisik

Layar S10+ memenuhi seluruh bodi. Disebut infinity-O display. Tidak ada waterdrop notch seperti Galaxy M20. Kamera selfie ganda ditempatkan di kanan atas dengan model punch hole. Sekedar informasi Percaya atau tidak, casing S9+ dapat dipakai juga di S10+. Artinya, secara dimensi, hampir tidak ada yang berubah. Namun, tampilan fisiknya berubah total. Dengan layar 6 inci dan Aspek Rasio 19:9, rasio Screen-to-Body Galaxy S10+ mencapai 93,1 persen.

Pemindai Sidik Jari Ultrasonik

Samsung telah menyempurnakannya sistem keamananya dengan lewat sensor ultrasonik buatan Qualcomm. Klaimnya, keamanannya tertinggi karena mampu mendeteksi denyut nadi pengguna. Penggunaannya pun praktis ketika harus mengakses ponsel dengan cepat.

Kamera Depan 4K

Kamera depan S10+ sudah mendukung perekaman 4K.

Kualitas Video 10 Bit

Galaxy S10+ menjadi ponsel pertama yang mampu merekam video HDR10+. Dengan warna 10 bit (rata-rata DSLR masih 8 bit), maka video memiliki dynamic range yang tinggi.

RAM 12 GB, Memori 1TB

Bisa jadi Galaxy S10+ adalah ponsel dengan spesifikasi paling “gahar” di pasaran. Varian tertingginya mengusung RAM 12 GB, chipset Exynos terbaru 9820 dengan 8 inti 64-bit yang diklaim jauh lebih cepat dari Snapdragon 845, serta varian tertinggi dengan memori internal 1 TB.

Galaxy S10+ juga juga punya AI yang diklaim secara otomatis mengoptimalkan baterai, CPU, dan RAM ketika bermain game, atau memangkas tenaga ketika tidak dipakai. Sehingga baterai lebih hemat. Pada praktiknya, fitur ini sebenarnya tidak terlalu terasa. Karena Galaxy S10+ tidak boros, tapi juga tidak super hemat.

Wireless Power Share

Baterai 4,100mAh Galaxy S10+ dapat dioptimalkan untuk mengisi daya wireless earbuds hingga Samsung Galaxy Watch. Hanya perlu meletakkan di cover belakangnya. Sangat praktis ketika butuh daya ekstra. Wireless Power Share ini juga bisa mengisi perangkat apapun yang bersertifikat Qi, termasuk iPhone!

Lensa Ultrawide, Wide, dan standar

Secara total, Galaxy S10+ punya 5 kamera. Dua di depan, tiga di belakang. Ketiga kamera di belakang punya fungsi yang sangat berbeda dan penting untuk memotret atau merekam video. Menggunakan ketiga lensa sekaligus seperti ini memberikan kebebasan kreatif yang lebih luas.

Video Super Steady

Ponsel ini mampu menghadirkan rekaman video Super Steady menggunakan teknologi stabilisasi digital. Hasilnya bisa diadu dengan GoPro Hero 7+. Cukup dibantu mini tripod dan bisa mendapatkan hasil rekaman video seperti sedang memakai gimbal. Tidak perlu lagi alat bantu seperti DJI Osmo Mobile yang menambah beban di perjalanan.

Kamera yang Cerdas

Galaxy S10+ menggunakan Neural Processing Unit (NPU) yang memungkinkan kameranya untuk berpikir sendiri. Fitur Scene Optimizer akan membaca 30 moda pengambilan gambar berbeda. Termasuk moda seperti hewan peliharaan dan sepatu. Hal lain yang bagus adalah fitur Shot Suggestions. Fitur ini akan membantu menentukan angle atau komposisi foto yang tepat.

Tahan Debu dan Air

Standar proteksi IP68. Tahan air dan debu rasanya sudah jadi fitur yang wajib. Karena sangat mudah ponsel terkena hujan, tak sengaja tercebur ke kolam, atau berinteraksi dengan debu dan lumpur. IP68 memastikan Galaxy S10+ aman menghadapi hal-hal tersebut.

Kesimpulan

Galaxy S10+ memiliki tiga varian. Yakni 12GB/1TB dibanderol Rp23.999.000, 8GB/512GB senilai Rp18.499.000, dan 8GB/128GB yang dibanderol Rp13.999.000. Tentu saja, Galaxy S10+ bukan untuk semua orang. Utamanya yang berbujet terbatas. Tapi, untuk mereka yang mencari ponsel premium, Galaxy S10+ bisa disebut pilihan utama selain iPhone.

Tentu ada yang bisa diperbaiki lagi di ponsel ini. Utamanya, pengambilan gambar low light yang seharusnya R&D Samsung bisa menaruh perhatian lebih luas. Huawei membanggakan fitur low light lewat P20 Pro dan Mate 20 Pro. Begitu pun Google Pixel 3 yang piawai sekali di pencahayaan rendah.
Samsung Galaxy S10+ dengan Memori 1TB

Kesimpulan Lainnya

Galaxy S10+ bukan untuk semua orang. Tapi, untuk mereka yang mencari ponsel premium, Galaxy S10+ bisa disebut pilihan utama selain iPhone

Plus

  • Spesifikasinya jauh lebih tinggi dibanding iPhone, yang jadi pesaing utama di rentang harganya
  • Fitur stabilisasi sangat berguna untuk mengabadikan video
  • Pilihan kamera ultrawide, wide, dan standar relevan sekali untuk mereka yang hobi memotret/membuat video lewat ponsel
  • Sudah memiliki kecerdasan buatan (AI) di kamera dan prosesor
  • Memiliki fitur-fitur terdepan di ponsel, misalnya sidik jari ultrasonik hingga kamera depan 4K

Minus

  • Mungkin tidak semua memfavoritkan desain punch hole untuk kamera selfie di layar depan
  • Tidak ada mode low light khusus di kameranya
  • Di rentang harganya praktis hanya bisa bersaing dengan iPhone