Sudah Tahu Belum? Pengguna WhatsApp Android Dapat Menonton Video Sambil Chatting

Bagi kalian pengguna WhatsApp di hp Android, ada kabar kembira yang mana kalian bisa menggunakan fitur Picture in Picture (PiP). Dengan fitur ini kalian bisa chatting sembari menonton video YouTube, Instagram, Facebook tanpa berpindah aplikasi.

Sebenarnya fitur ini sudah diuji coba beberapa waktu belakangan ini dan kalian bisa menikmati fitur ini pada WhatsApp versi 2.18.280, jika WhatsApp di hp kalian ada di bawah versi tersebut, silahkan perbarui dulu di Playstore. Jadi dengan fitur ini ketika teman kalian mengirimkan sebuah link video baik itu link YouTube, Facebook ataupun Instagram maka ketika kalian memutarnya, video akan tampak pada layar kecil.

Pengguna WhatsApp Android Dapat Menonton Video Sambil Chatting

Jadi dengan fitur ini kalian bisa menonton video sambil chatting membahas video yang dikirim oleh teman kalian. Jadi kalian bisa menonton dan membalas chat secara bersamaan.

Walaupun demikian fitur ini bisa digunakan pada link video dari video Youtube, Instagram dan juga Facebook.

Terus bagaimana cara menggunakan fitur Picture in Picture (PiP)? Silahkan simak tutorial berikut ini. Silahkan kalian kirim tautan video Instagram, Facebook, atau YouTube, yang kalian rasa menarik ketika mengobrol dengan teman kalian via WhatsApp. Tapi perlu dicatat, kalian harus menunggu sebentar hingga tautan tersebut memunculkan thumbnail video beserta rinciannya.

Jika kalian tidak menunggu hingga tautan tersebut memunculkan thumbnail, maka yang akan diterima pengguna lain hanya sebatas tautan dan fitur PiP tidak akan hadir pada tautan ini. Setelah video beserta thumbnailnya dikirim, penerima hanya perlu mengurangi tautan itu, selanjutnya layar kecil otomatis muncul di dalam jendela WhatsApp. Kalian bisa melakukan sekian banyak tindakan atas video, mulai dari jeda (pause), putar (play), dan berhenti (stop).

Fitur ini sudah lebih dulu muncul di WhatsApp yang berbasis iOS pada Mei lalu. Meskipun fitur PiP ini telah mulai terkenal sejak tahun lalu, diperlukan waktu selama satu tahun untuk WhatsApp untuk membawa fitur ini ke dalam aplikasi. Adanya fitur PiP secara sah ini menjadi suatu keunggulan untuk WhatsApp dibanding software pesan instan lainnya. Dikarenakan untuk saat ini belum ada software pesan instan lainnya yang mempunyai fitur tersebut.