Cara Mengatasi Video Youtube Yang Lambat di Smartphone

Caraseobali - YouTube memang menjadi salah satu platform yang banyak digunakan saat ini. Kini streaming video di YouTube menjadi kegiatan yang rutin bagi masyarakat di era teknologi modern. Tetapi di saat tertentu mungkin kamu mengalami gangguan saat streaming video di YouTube sebab proses buffering atau jeda saat memutar video.
Cara Mengatasi Video Youtube Yang Lambat di Smartphone

Cara Mengatasi Video Youtube Yang Lambat di Smartphone 

Sebagaimana dilansir dari Gadgets Now, Kamis (12/9/2019) Kecepatan koneksi internet yang menurun atau tidak stabil sering kali menjadi penyebab utama terjadinya buffering. Selain itu, ada penyebab lain yang bikin proses streaming video di YouTube terhambat,

Salah satu penyebab tersebut yaitu cache dan riwayat video YouTube yang telah begitu banyak. Ini bisa mempengaruhi performa aplikasi YouTube termasuk smartphone saat melakukan streaming. Dan hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membersihkan cache di smartphone.

Perlu kamu ketahui cache sendiri merupakan ruang sementara yang disediakan untuk menyimpan data atau informasi yang berkaitan dengan konten dalam memori. Nantinya informasi yang tersimpan di cache bisa dipakai lagi tanpa harus di-load dari awal sehingga dapat menghemat waktu.

Cache dimanfaatkan oleh YouTube untuk menyimpan konten yang sering ditonton pengguna, termasuk riwayat tontonan. Jadi, ukuran cache makin besar sebab selalu bertambah dan pada akhirnya membebani performanya. Sehingga, harus dibersihkan secara rutin.

Berikut cara untuk membersihkan cache di YouTube: 


  1. Buka aplikasi YouTube 
  2. Ketuk pada avatar pengguna pada sudut kanan atas 
  3. Ketuk Settings Pilih History & Privac
  4. Ketuk Clear Watch History 
  5. Ketuk Clear Search History 

Apabila sudah melakukan proses pembersihan cache secara rutin dan YouTube masih sering mengalami buffering, kemungkinan penyebabnya yaitu koneksi yang lambat atau tidak stabil. Jalan keluarnya yaitu dengan menyesuaikan kualitas video yang sedang ditonton.
Baca juga: Menggiurkan! Cara Raup Uang dari YouTube

Berikut ini cara menurunkan kualitas video di YouTube: 


  1. Jalankan aplikasi YouTube 
  2. Silahka mainkan video yang ingin ditonton 
  3. Ketuk ikon menu tiga titik pada sudut kanan atas 
  4. Terakhir pilih Quality 

Maka akan muncul beberapa pilihan kualitas, pilih yang rendah, contohnya 144p atau 240p. Dengan melakukan dua cara di atas, kualitas video akan mengalami penurunan dan buffering bisa diminimalisir. Saat memakai koneksi internet yang cepat dan stabil, pengguna bisa meningkatkan kualitas video menjadi HD (720p) atau FHD (1080p).