Top 10 Kelebihan Android Yang Tidak Dimiliki iPhone

Sebelumnya saya pernah membahas tentang kelebihan iPhone yang tidak dimiliki Android, Nah, biar fair maka kali ini saya akan mengulas tentang kelebihan Android yang tidak dimiliki iPhone.

Membahas dua sistem operasi ini memang menarik untuk dibandingkan. Sebab dua OS ini memang memiliki banyak pengguna dan tentunya baik itu Android atau iPhone memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, mana yang harus dipilih? Semua itu sesuai kebutuhan pengguna.

Sekarang jika ada orang yang menggunakan iPhone, wih tampak berkelas sebab harga yang dibanderol biasanya lebih mahal dibandingkan perangkat Android. Namun berdasarkan data dari Fortune.com, Google mengatakan terdapat 2,5 miliar pengguna hingga tahun 2019. Sedangkan jumlah pengguna iPhone hanya mencapai 700 juta.

Bukan hanya unggul di jumlah pengguna, Android juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki iPhone. Apa saja kelebihan Android yang tidak dimiliki iPhone? Yuk langsung saja ulasan di bawah ini.

kelebihan android yang tidak dimiliki iphone

Kelebihan Android Yang Tidak Dimiliki iPhone


1. Bisa install aplikasi dari luar Google Play Store

Kelebihan pertama dari Android yaitu sistemnya yang lebih fleksibel untuk dimodifikasi. Salah satunya yaitu lewat kemampuannya untuk di-install aplikasi dari luar Play Store. Dan hal tersebut tidak bisa kamu lakukan jika memakai iPhone.


2. Pilihan aplikasi yang luas dan beragam di Play Store

Apple identik dengan aturan yang lebih ketat dalam menyeleksi aplikasi. Sebagaimana laporan dari Statista, jumlah aplikasi di App Store mencapai 1,96 juta. Sedangkan di Play Store jumlahnya hampir dua kali lipat, yakni 3,5 juta. Ini menjadikan Android menempati peringkat pertama dalam metrik tersebut.

3. Multitasking di Android mudah dilakukan

Jika kamu memiliki banyak aktifitas dengan gadget yang kamu miliki, tentunya kamu sangat membutuhkan fitur fitur multitasking. Misalnya saja kamu mengetikkan catatan sambil browsing. Maka Android menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan semua itu.

4. Dapat mengekspansi storage space di Android

Ini merupakan kelebihan lain Android dan menjadi kelemahan dari iPhone. Sebab kamu dapat menambahkan micro SD sebagai space tambahan di perangkat Android. Dan hal tersebut tidak bisa dilakukan di iPhone, jadi apabila kamu kehabisan ruang memori, tidak ada pilihan lain selain menghapus semua file di dalamnya.

5. Dapat memodifikasi aplikasi default sehingga lebih sesuai dengan preferensimu.

Kamu tidak menyukai browser bawaan dari smartphone kamu? Tidak usah khawatir, cukup ganti saja sistem default-nya dengan browser lain yang kamu suka. lLangkah ini mudah dilakukan di Android sedangkan tidak pada iPhone, sebab kamu hanya dapat memakai aplikasi built-in untuk melakukan beberapa aktivitas.
Baca juga: Hp Android Yang Akan Segera Rilis Di Akhir Tahun 2019

6. Bisa memakai headphone favoritmu di perangkat Android

Mungkin hal tersebut tampak sederhana, namun beberapa orang lebih memilih Android sebab mereka dapat memakai berbagai macam headphone dengannya. Beda halnya dengan iPhone yang hanya mendukung perangkat bawaan dari Apple. 

7. Opsi untuk personalisasi tampilan lebih beragam

Masih membicarakan fleksibilitas, Android mengizinkan penggunanya untuk memodifikasi tampilan dengan lebih leluasa. Kamu dapat mengganti wallpaper, lock screen, font, tema, dan lain-lain.


8. Dapat mengaktifkan guest mode untuk memproteksi perangkat

Apabila kamu tidak mau ada orang lain yang mengobrak-ngabrik ponsel kamu, maka dapat mengaktifkan fitur guest mode. Dengan fitur ini kamu dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat dilihat orang lain dan mana yang tidak. 

9. Bisa memodifikasi pengaturan keamanan di Android

Faktanya baik iPhone ataupun Android mempunyai pengaturan keamanannya sendiri. Tetapi kamu dapat mengaturnya dengan lebih fleksibel di Android. Contohnya memilih antara PIN atau pola untuk lock screen, dan lainnya.

10. Android bekerja lebih cepat untuk memperbaiki masalah-masalahnya

Android berkomitmen untuk selalu mengatasi bug secepat mungkin. Ini diwujudkan dengan rilisnya sistem operasi versi baru dengan cepat. Android Pie baru saja dirilis pada bulan Agustus lalu dan Android 10 diluncurkan di awal bulan September ini.

Sudahkah kamu menentukan perangkat mana yang cocok untuk kamu, apakah Android atau iPhone. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi bahan perbandingan yang bisa kamu jadikan referensi.