Top 10 Kelebihan iPhone Yang Tidak Dimiliki Android

Saat ini orang mempunyai dua pilihan utama ketika ingin membeli sebuah ponsel, Android atau iPhone. Dua produk tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan penelitian kecil tentang ponsel yang ingin kamu beli. Baik itu fiturnya, spesifikasinya atau juga sistem operasi yang digunakan pada ponsel tersebut. Tentunya kamu harus bijak memilih sesuai kebutuhan kamu.

Dengan adanya beberapa poin penting yang jadi pertimbangan kamu dalam memilih ponsel, maka tentunya kita bingung harus memilih yang mana. Kita tahu di Indonesia kebanyakan masyarakatnya menggunakan ponsel Android. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi tentang kelebihan dari pesaing Android yakni iPhone. Yang mana kelebihan tersebut tidak bisa dilakukan di Android. Apa saja kelebihannya? Coba simak ulasannya di bawah ini:

kelebihan iphone yang tidak dimiliki android

Kelebihan iPhone Yang Tidak Dimiliki Android


1. Kinerja sistem operasi iPhone cenderung lebih cepat daripada Android

Kecepatan antara iPhone XS dan Samsung Galaxy S10 Plus yang memakai Snapdragon 855 untuk mengukur performa secara keseluruhan pernah dibandingkan oleh Tom’s Guide pada April lalu. Selisihnya memang tipis, namun iPhone membuktikan dirinya jauh lebih cepat dibandingkan dengan ponsel Android lainnya.

2. iPhone merupakan jenis smartphone yang termudah untuk dioperasikan

Kelebihan selanjutnya dari iPhone yaitu memberikan konsistensi dan kesederhanaan. Tampilan interface-nya sederhana dan kurang lebih sama di setiap jenisnya. Kamu juga tidak perlu mempelajari banyak hal untuk menggunakannya.

3. Kamera iPhone jernih dan merupakan salah satu yang terbaik di pasaran

Beberapa ponsel Android terbaru memang memberikan kamera dengan kualitas yang luar biasa. Tetapi kamu baru dapat memperolehnya di produk high-end yang harganya mahal, seperti Samsung Galaxy S10 Plus, Google Pixel 3, dan Huawei P30 Pro.

Lain halnya dengan iPhone. Kamu juda dapat memperoleh kualitas kamera yang bagus di iPhone jenis lama. Jadi apabila kamu menyukai fotografi, selfie, dan mementingkan kualitas kamera, sebaiknya kamu memilih produk keluaran Apple tersebut.

4. Tidak seperti Android, iPhone tidak mempunyai banyak bloatware yang memenuhi storage space-mu

Bloatware merupakan aplikasi bawaan yang telah terinstal secara otomatis di dalam ponsel. Namun kamu akan banyak menemukannya saat membeli Android. Sedangkan saat kamu memilih iPhone, kamu tidak akan menjumpai satu bloatware pun di dalamnya. Apple memang menyertakan aplikasi dari manufaktur, namun kamu dapat memilih ingin menginstalnya atau tidak.

5. iPhone memastikan penggunanya memeproleh aplikasi yang terbaik

Yang membuat orang berpikir lagi untuk membeli iPhone adalah mereka tidak dapat menginstal apa pun yang tidak tersedia di Apple App Store. Padahal Apple memberlakukan sistem ini untuk memastikan para penggunanya memperoleh aplikasi yang terbaik. Bahkan ada sejumlah aplikasi yang hanya ada di iPhone.
Baca juga: Cara Buat Apple ID Baru di iPhone Tanpa Ribet

6. iPhone tidak lebih rentan terhadap malware dibandingkan Android

97 persen malware menargetkan Android, ini berdasarkan laporan PulseSecure pada tahun 2014. Ini karena OS buatan Google tersebut memberikan sistem open source, yang mana pengguna dapat memodifikasinya sesuai keinginan masing-masing. Meskipun iPhone lebih ketat dan kaku, kemungkinan untuk terserang malware sangat kecil.

7. Perangkat yang lebih aman untuk anak-anak adalah iPhone

Apabila kamu sedang mencari ponsel yang aman untuk dipakai anak-anak, iPhone merupakan pilihan yang tepat. Mereka mempunyai fitur Family Sharing yang dapat membagikan semua konten di perangkat Apple yang dipunyai keluarga. Orangtua juga dapat membatasi konten tertentu untuk anak-anaknya.

8. iPhone menawarkan layanan pengguna yang sangat baik

Tak dapat dihindari, terkadang ponsel kita bermasalah atau bahkan tidak bisa dipakai sebab gangguan tertentu. Pada Android, kamu dituntut untuk mandiri dan menyelesaikannya sendiri atau membawa perangkat langsung ke service center.

Sedangkan apabila kamu memakai iPhone, kamu akan memperoleh layanan pengguna yang baik. Mereka mempunyai database dari semua pengguna, sehingga kamu hanya perlu mengunjungi website Apple. Lalu lakukan konsultasi via live chat atau bahkan bikin janji untuk memperbaiki perangkatmu.

9. Fitur fingerprint di iPhone lebih baik dan peka daripada Android

Sekarang semakin banyak smartphone yang memakai fingerprint sebagai penguncinya. Tetapi, dilansir dari The Richest, sampai sekarang belum ada merek lain yang dapat menandingi TouchID dari Apple. Fitur tersebut mempunyai tingkat kepekaan yang tinggi sehingga kecil kemungkinannya untuk diretas.

10. Apabila kamu mempunyai Mac, maka iPhone merupakan pilihan yang tepat untukmu

iPhone dan Mac bisa bekerja dengan sangat baik. Kamu bisa mengakses semua catatan dan dokumen iCloud tanpa hambatan. Lalu ada pula fitur AirDrop yang memungkinkan pengguna mentransfer foto dan video dari iPhone ke Mac hanya lewat WiFi. Semua hal tersinkron dengan baik di perangkat Apple tersebut.

Setelah membaca penjelasan di atas, bagi pengguna iPhone tentunya merasa beruntung telah memiliki ponsel iPhone. Namun itu semua tergantung selera setiap orang. Jadi, semua pilihan ada pada kamu.