5 Setting Tersembunyi Android Ini Jadikan Ponsel Kamu Anti Mainstream

Aneka fitur yang lengkap menjadikan salah satu faktor kesuksesan Android. Sehingga banyak vendor ponsel pintar menggunakan sistem operasi ini. Ini dikarenakan Android dikembangkan secara open-source.

Untuk membuat ponsel kamu tampak anti mainstream, kamu bisa menggunakan beberapa setting tersembunyi di Perangkat Android kamu. Setting tersembunyi ini sederhana namun memmpunyai kegunaan yang bisa bikin  kinerja Android kamu lebih maksimal. Penasaran apa saja settingan tersembunyi itu? Berikut 5 setting tersembunyi android ini jadikan ponsel kamu anti mainstream.

setting tersembunyi android

5 Setting Tersembunyi Android

1. Auto-correct, pengalaman yang lebih nyaman saat mengetik

Fitur ini bukan dari aplikasi keyboard yang kamu pakai melainkan fitur bawaah dari OS, jadi kurang lebih sama untuk mengaktivasi Spell checker di setiap ponsel Android. Fitur pengecekan ejaan ini berfungsi untuk memaksimalkan kamus ketika mengetik.

Caranya menggunakannya, buka Settings > System > Languages & input > Spell checker. Apabila fitur ini nonaktif sebelumnya, maka geser ke kanan slider, selanjutnya ketuk Languages untuk memilih bahasa yang kamu mau jadikan sebagai pengecekan ejaan.
cara mengaktifkan auto correct di android

2. Lakukan dengan mudah ketika mencari ponsel yang hilang

Kamu bisa menggunakan aplikasi Find My Device untuk melakukan pencegahan dini jika nantinya kamu kehilangan ponsel kamu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melacak dari GPS dan juga membunyikan ponsel kamu dari kejauhan walaupun dalam keadaan mode senyap.

Aplikasi pelacak ponsel hilang dari Google ini umumnya sudah terpasang di ponsel Android. Untuk mengaksesnya, silahkan login lewat aplikasi browser di hp kamu. Pastikan login dengan ID Google yang digunakan pada ponsel yang hilang.

Jika sudah berhasil login, kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang ada untuk menemukan ponsel yang hilang. Untuk menghindari penyalahgunaan data pribadi kamu yang ada di ponsel yang hilang, kamu juga bisa menghapus seluruh data di ponsel tersebut dari kejauhan.
cara menggunakan find my device

3. Akses Google Assistant dengan tekan dan tahan tombol Home

Fitur Google Assistant bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan kerja perangkat Android kamu. Yang harus kamu lakukan cukup dengan menekan tombol Home selama beberapa detik lalu katakan OK Google, dilanjutkan dengan kata perintah yang kamu inginkan misalnya mencari lokasi, membaca berita dengan suara, maupun menerjemahkan bahasa asing.
cara menggunakan google assistant

4. Performa ponsel seperti baru dengan membersihkan cache

Mungkin sebagian dari kamu belum mengetahu apa itu cache. Untuk sekedar informasi cache merupakan berkas sementara yang dipakai oleh aplikasi supaya dapat diakses lebih cepat saat dibuka. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan berkas baru lebih singkat hanya dengan memanfaatkan berkas pada sesi sebelumnya.

Maka jika lama-kelamaan data cache tersebut akan menumpuk di penyimpanan internal ponsel kamu sehingga bisa mebuat performa ponsel kamu menurun. Ketika ponsel kamu dirasa sudah mulai mengalami penurunan performa maka kamu bisa melakukan pembersihan pada data cache tersebut, caranya Settings > Storage > Free up space.

Jika ponsel Android kamu versi 7.0 Nougat sampai yang teranyar 9.0 Pie maka kamu bisa menggunakan fitur Storage Manager.
cara membersihkan cache android

5. Akses testing menu dengan kode rahasia

Daftar fungsi yang biasa dipakai pada tahapan pembuatan ponsel pintar untuk mengetes fungsi-fungsi pada ponsel pintar disebut dengan testing menu. Kamu bisa melakukan pengujian terhadap ponsel Android kamu dengan mengaksen testing menu ini, caranya ketik *#*#4636#*#* lalu lakukan panggilan maka kamu akan melihat tampilan seperti di bawah ini
android testing menu code
Tertarik untuk mencoba 5 setting tersembunyi Android ini? Semoga artikel ini bisa membantu ya.