Cara Mengatasi WhatsApp Pending Terus, Hanya Dengan 10 Cara Ampuh!

Saat ini, masyarakat dimudahkan dalam melakukan komunikasi. Banyak bermunculan aplikasi chat dengan fitur yang lengkap, WhatsApp misalnya. Ya, WhatsApp atau WA merupakan aplikasi yang mudah digunakan. Kalian bisa berkirim teks, audio, gambar, video, atau file lainnya. Bahkan kalian bisa melakukan panggilan dan video call.

Namun disamping fiturnya yang lengkap dan kemudahan menggunakannya, WhatsApp juga terkadang mengalami masalah, pesan yang pending salah satunya. Ketika pesan yang dikirim tertunda, tentunya kesal yang dirasa. Apalagi kalau pesan tersebut penting yang harus segera dibaca.

Maka dari itu, saya akan memberikan panduan cara mengatasi WhatsApp yang pending. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengatasi WhatsApp Pending

Cara Mengatasi Whatsapp Yang Sering Pending


1. Install Ulang WhatsApp

Cara ini yang paling ampuh, biasanya segala masalah pada aplikasi apapun termasuk WhatsApp bisa diatasi dengan cara ini. Jadi kalian hanya perlu menghapus aplikasi WhatsApp di perangkat kalian. Setelah itu install kembali aplikasi WhatsApp dan login lagi menggunakan nomor ponsel yang kalian pakai di aplikasi WhatsApp sebelumnya.

2. Upgrade Aplikasi WhatsApp

Banyak sekali pengguna WhatsApp yang sering mengabaikan poin yang satu ini. Biasanya ketika muncul versi terbaru, pengguna akan menerima notifikasi yang meminta kalian untuk segera mengupdate aplikasi WhatsApp yang terpasang di perangkat kalian.

Masalah ini bisa menjadi penyebab kenapa pesan WhatsApp kalian tidak terkirim. Jadi cek aplikasi WhatsApp kalian apakah sudah versi terbaru atau masih versi yang lama.

3. Restart Perangkat Kalian

Ini biasa dilakukan ketika ponsel mengalami masalah seperti macet atau yang lainnya, termasuk pesan WhatsApp yang pending. Cobalah untuk mematikan ponsel kalian dan nyalakan kembali atau pakai cara praktisnya dengan cara tekan agak lama tombol power, lalu pilih Restart.

4. Uninstall Aplikasi Pembersih RAM

Kebanyakan pengguna smartphone menggunakan aplikasi ini agar smartphone tidak lemot. Namun nyatanya aplikasi ini bisa berdampak kepada tertundanya pesan WhatsApp yang dikirim. Hal ini dikarenakan Aplikasi tersebut menutup WhatsApp yang berjalan di latar belakang.

Jadi solusinya hapus atau copot aplikasi pembersih RAM dari perangkat kalian.

5. Nonaktifkan Fitur Penghemat Baterai

Umumnya smarphone saat ini telah menyematkan fitur penghemat baterai. Fitur ini bertujuan untuk menghemat daya baterai ketika ponsel kehabisan baterai. Namun fitur ini menjadi salah satu penyebab pesan WhatsApp tidak terkirim/pending.

Nonaktifkan saja fitur tersebut dengan cara buka menu Pengaturan > pengaturan baterai > nonaktifkan fitur penghemat baterai atau battery saver.

6. Hapus atau Pindahkan Data

Banyaknya data yang tersimpan di WhatsApp kalian bisa menjadi salah satu penyebab chat WhatsApp menjadi pending. Jika WhatsApp di ponsel kalian terdapat data-data penting, sebaiknya pindahkan data-data tersebut ke perangkat lain. Namun jika tidak ada, bisa langsung pergi ke menu settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear data.

7. Hapus Cache

Seperti yang kalian ketahui kalau cache merupakan data sementara yang tersimpan untuk mempercepat aplikasi ketika digunakan. Namun seringnya kalian menggunakan aplikasi WhatsApp, membuat data tersebut menumpuk. Akibatnya aplikasi WhatsApp mengalami masalah, salah satunya pesan yang pending. Hapus cache pada aplikasi WhatsApp dengan cara buka menu settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear cache.

8. Cek Jaringan

Ini yang paling mendasar untuk dilakukan. Pastikan jaringan internet yang ada disekitar kalian bagus dan tetap stabil. Sebab WhatsApp membutuhkan internet dalam penggunaanya. 

9. Mode Pesawat

Cara menggunakan metode ini sangat mudah, cukup dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat pada perangkat kalian. Berdasarkan pengalaman orang-orang yang menggunakan cara ini, kalian harus mengulang beberapa kali langkah-langkah tersebut sampai pesan yang pending bisa terkirim.

10. Menggunakan VPN

Cara ini sempat banyak digunakan oleh pengguna WhatsApp ketika terjadi pemblokiran internet untuk mengatasi berita hoax. Jadi kalian cukup instal aplikasi VPN di perangkat kalian yang nantinya kalian gunakan untuk mengakses internet menggunakan jaringan dari negera lain.

Itulah 10 cara ampuh mengatasi pesan WhatsApp yang sering pending. Semoga cara ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk kalian.