Fitur Baru Google Assistant! Kini Bisa Membaca Semua Tulisan di HP

Kini segala aktifitas di HP bisa dengan mudah dilakukan sejak adanya Google Assistant. Layanan dari Google ini memang digunakan sebagai asisten virtual baik untuk pengguna Android ataupun iOS.

Google Assistant memiliki beragam fitur yang bisa digunakan oleh pengguna dan yang terbaru adanya fitur yang memungkinkan Google Assistant membaca semua tulisan di HP anda. Menariknya bisa digunakan untuk mendongeng juga!

fitur baru google assistant kini bisa membaca semua tulisan di hp

1. Membaca Semua Isi Web Dengan Fitur "Read It"

Google merilis fitur Read It pada Google Assistant pada ajang CES (Consumer Electronics Show) 2020 lalu. Kini anda bisa menggunakan fitur ini untuk mendengarkan semua isi halaman web sembari melakukan aktivitas lain. Hal itu dikemukakan oleh  David Kadouch selaku Product Lead Google. Fitur ini menggunakan teknologi text to speech.

2. Tidak Lagi Seperti Robot

Google kini memakai tool Neural Network, teknologi tersebut memungkinkan membaca teks dalam format yang lebih panjang. Dengan adanya teknologi machine learning, teks yang dibaca terdengar lebih natural dan tidak kaku seperti robot.

3. Terdapat 42 Pilihan Bahasa 

Fitur Read It bisa digunakan 42 bahasa, salah satunya bahasa Indonesia. Jika teks menggunakan bahasa asing yang anda tidak mengerti, bisa dengan menerjemahkan teks terlebih dahulu menggunakan google translate, setelah itu barulah gunakan fitur Reat It.

4. Cukup Via Suara Untuk Perintah

Menggunakan fitur Read It cukup mudah, anda hanya perlu mengatakan "Ok Google, Read It" pada halaman situs yang anda buka. Anda bisa menggunakan fitur ini berbagai browser miliki Google seperti Chrome, Google News App dan Google App. Selain dengan suara, anda juga bisa menggunakan tombol virtual "Read It".

5. Scrolling Sudah Otomatis

Sebelum menggunakan Google Assistant pastikan terlebih dahulu bahwa anda membari izin kepada aplikasi Google untuk mengakses konten on screen. Kabar baiknya anda tidak perlu melakukan scrolling secara manual sebab Google Assistant akan melakukan scrolling secara otomati hingga ke bagian bawah halaman web. Dan satu lagi yang menurut saya sangat membantu, anda bisa mengatur kecepatan baca Google Assistant sesuai yang anda inginkan.