Cara Mudah Kunci Kontak WhatsApp, Anti Dibajak dan Dikepoin Orang Lain

Mengamankan kontak WhatsApp saat ini sangat diperlukan agar tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sehingga kita bisa mencegah terjadinya tindak kejahatan melalui aplikasi.

Nah, jadi kamu perlu cara supaya kontak WhatsApp kamu tidak mudah dikepoin oleh orang lain. Jadi kamu perlu mengunci kontak WhatsApp kamu, sehingga orang lain tidak bisa dengan mudah untuk mengetahui segala informasi akun WhatsApp kamu.

cara mengunci kontak whatsapp

Cara Mudah Kunci Kontak WhatsApp

Baca jugaCara Membuat Tanda Pangkat Di WhatsApp

1. Melindungi WhatsApp dari Penyadapan

Cara yang pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan melindungi akun WhatsApp kamu dari aktivitas penyadapan, sehingga orang lain tidak bisa mengetahui segala aktivitas yang kamu lakukan lewat aplikasi WhatsApp seperti chat, panggilan dan video call.

Caranya yaitu buka aplikasi WhatsApp → tap menu titik tiga di pojok kanan atas layar → pilih menu Settings → Account → Two-Step Verification → lalu tap Enable.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan enam digit kode yang akan kamu gunakan untuk masuk ke akun WhatsApp kamu. Sehingga jika ada orang lain mencoba untuk masuk ke akun WhatsApp kamu, mereka harus memasukkan kode tersebut terlebih dahulu. Jadi akan lebih sulit untuk mereka mencoba masuk ke akun WhatsApp kamu.

2. Mengunci Pembaruan Status

Di tahapan ini, kamu bisa mengatur dan menentukan kontak mana saja yang bisa melihat status WA yang baru saja kamu buat. Di pengaturan ini ada 3 opsi yang bisa kamu pilih yaitu "semua kontak", "kontak saya dengan pengecualian", dan juga "hanya berbagi dengan beberapa kontak tertentu".

3. Mengunci Privasi Kontak

Untuk melindungi privasi pengguna, WhatsApp menyediakan beberapa fitur yang bisa digunakan seperti setting informasi profil, last seen (terakhir dilihat), tanda pesan yang telah dibaca, dan juga foto profil.

Beberapa fitur diatas bisa kamu dapatkan dengan cara mengakses ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar → Setelan → Akun → Privasi dan Keamanan.

Dari beberapa fitur tersebut umumnya ada 3 opsi yang bisa kamu pilih yaitu everyone, my contact, atau no body.

Yang perlu diperhatikan jika kamu menonaktifkan informasi last seen (terakhir dilihat) di akun WhatsApp kamu, maka kamu juga tidak bisa melihat informasi tersebut pada pengguna WhatsApp lainnya.

Itulah beberaca cara untuk mengunci kontak WhatsApp kamu sehingga tidak mudah disadap oleh orang lain. Saya harap artikel ini bisa bermanfaat.