Cara Memperindah Tampilan Blog Agar Lebih Menarik

Cara Mengatur Tampilan Blog Agar Menarik--Ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara agar tampilan blog menarik dan nyaman dibaca dengan sedikit mengetahui tentang tipografi blog.
Tipografi adalah salah satu elemen yang menyampaikan isi dan maksud dari sebuah karya desain. Tidak jarang, desain yang efektif adalah desain yang hanya menggunakan tipografi yang baik tanpa menggunakan elemen visual sama sekali.
Penerapan tipografi yang baik sangat bermanfaat dalam desain sebuah website atau blog. Tipografi yang baik membawa keteraturan dan meningkatkan keterbacaan.

Dalam membuat tulisan pada sebuah blog kita tidak harus menggunakan semua aturan tipografi tapi cukup memperhatikan beberapa saja, diantaranya sudah di bahas pada tulisan sebelumnya dan akan dilanjutkan pada artikel ini

Cara Memperindah Tampilan Blog Agar Lebih Menarik

3. Mengatur Lebar Paragraf

Hal ini sangat penting, karena sangat mempengaruhi kenyamanan membaca. Coba bayangkan paragraf yang lebar di halaman website dengan artikel yang panjang. Kita sampai harus perlu menggerakkan kepala sedikit (dari kiri ke kanan) untuk membaca artikel tersebut. Kemungkinan besar pembaca hanya akan bertahan 1-2 paragraf saja atau bahkan langsung meninggalkan halaman tersebut.

Idealnya paragraf tidak terlalu lebar -dan tidak terlalu pendek-, harus di sesuaikan dengan ukuran besar font juga. Sehingga untuk ini memang kita harus mencoba langsung membaca paragraf yang kita desain untuk menemukan lebar yang ideal dengan mencoba-coba ukuran font dan lebar paragraf yang berbeda-beda. Jika kita masih menggerakan kepala lumayan sering, itu artinya kita harus mengatur kembali lebar paragraf tersebut.

Paragraf yang terlalu lebar dapat membuat pembaca cepat bosan dan lelah. Paragraf yang lebar berarti mendominasi layar dan membuat pandangan mata harus bergeser cukup jauh saat berganti baris.

Paragraf dengan ukuran yang terlalu sempit dapat menyebabkan alokasi ruang menjadi tidak efisien. Penggunaan kata yang panjang―Tanpa ada pemenggalan kata―dapat merusak desain layout. Usahakan menggunakan lebar paragraf yang cukup, tidak terlalu lebar/sempit.

Tidak ada aturan baku yang mengharuskan penggunaan ukuran lebar tertentu. Sebagian merekomendasikan aturan yang baik untuk lebar paragraf adalah sebanyak 52-78 karakter termasuk spasi.

Sebagian lagi merekomendasikan jumlah kata maksimal dalam satu baris, yaitu antara 8 hingga 12 kata. Artinya, pada rentang tersebut, sebuah paragraf cukup nyaman untuk disimak atau dibaca (tanpa terlalu melelahkan mata), sedangkan jumlah maksimal kata per baris di postingan ini berkisar antara 9 sampai 14 kata. Saya pribadi ingin mengetahui bagaimana menurut anda tentang jumlah kata seperti itu, karena saya masih terus mengusahakan perbaikan.

Jadi mengenai aturan ini silahkan anda sesuaikan dan coba-coba mengatur antara ukuran font dan lebar paragraf hingga mendapatkan tampilan yang menurut anda nyaman tidak melelahkan untuk di baca sehingga tidak membuat pengunjung malas membacanya.


Cara Mengatur Lebar Paragraf
1. Silahkan buka dasboard blogger
2. Pilih menu Template
3. Klik tombol Sesuaikan
4. Ada menu Sesuikan lebar
silahkan anda atur ukuran lebar seluruh blog dan lebar side bar, atur juga ukuran dan jenis huruf yang ada di menu Tingkat Lanjut

Perhatikan tampilan yang ada di pratinjau, jika sudah cocok silahkan klik tombol Terapkan ke blog yang ada di pojok kanan atas.


4. Mengatur Jumlah Baris dalam Satu Paragraf

Artikel yang terlalu panjang tanpa jeda akan memusingkan pembaca, juga mengurangi konsentrasi dari isi alinea atau paragraf tersebut. Sebaiknya batasi jumlah maksimal baris per alinea namun -jika bisa-, jaga agar pemisahan alinea ini tidak terkesan dipaksakan. Isi topik yang sama dalam satu alinea bisa saja dipecah menjadi dua, misalnya dengan kata sambung seperti berikut : “selain pertimbangan diatas, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah…”


5. Menambahkan Gambar Ilustrasi

Gambar kadang memberikan nuansa lain pada tulisan. Tulisan bisa tampil lebih indah, terlihat wajar dan bahkan memikat pandangan mata karena antara tulisan dan gambar memberikan nuansa yang selaras. Meski demikian, tetap perlu diingat bahwa ukuran gambar, penempatan (sisi kiri, kanan atau antar paragraf mesti tetap diatur agar bisa tampil elegan.

Mungkin cukup ini dulu, artikel tentang cara mengatur tampilan blog agar menarik dan mungkin anda memiliki tips atau pendapat yang ingin disampaikan? --gunakan bahasa baku ya--