Mendaftarkan blog ke google webmaster tool & 3 metode verifikasi


Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool adalah salah satu cara agar blog cepat terindex google, Mengapa tutorial optimasi blog hampir semuanya membicarakan google? ya karena search engine terbesar di dunia saat ini adalah Google, banyak orang yang lebih senang dan lebih familiar dengan google untuk mencari sesuatu di dunia maya ini, sehingga jika bisa baik dengan google maka ia akan memberikan anda banyak pengunjung.

Agar blog bisa terindex atau terdaftar di halaman search engine Google kita harus mendaftarkan blog terlebih dahulu di Google Webmaster Tools.

Google Webmaster Tools adalah alat gratis yang disediakan oleh Google, yang memungkinkan Anda untuk melihat beberapa data yang menarik tentang situs web atau blog Anda seperti halaman indeks, kata kunci, halaman statistik blog dan lain sebagainya.

Selain itu Google Webmaster Tools juga berfungsi untuk mengetahui tautan link pada website ( link eksternal dan internal ), kesalahan perayapan url error tidak ditemukan, mengetahui SERP (peringkat pencarian blog kita di Seacrh Engine Google) dan lain-lain.

Dengan terdaftarnya blog di Google Webmaster Tools, blog kita akan lebih mudah terindex oleh Google dan sebelum mendaftar Anda diharuskan memiliki akun Gmail, jika sudah langsung saja kita masuk langkah-langkah mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools:

1. Buka halaman Google Webmaster Tool 

2. Sign in ke halaman Google Webmaster Tools (GWT), masukkan alamat email dan password akun Google anda

3. Setelah Sign in, maka semua blog anda yang terdaftar pada blogger.com akan langsung ditampilkan. Jika ada blog yang belum terdaftar misal karena tidak menggunakan platfom blogger, silahkan tambahkan dengan mengklik tombol TAMBAHKAN SITUS

4. Untuk blogspot secara otomastis sudah terverifikasi kepemilikannya. Tetapi jika belum, atau ingin mengecek apakah blog anda sudah terverifikasi, silahkan menuju halaman verifikasi blog.

Cara memverifikasi kepemilikan blog di webmaster tool

  1. Klik tombol KELOLA SITUS yang terdapat di sisi kanan blog yang akan anda verifikasi kepemiliknnya, 
  2. Akan muncul beberapa pilihan, klik TAMBAHKAN ATAU HAPUS PENGGUNA
  3. Akan muncul tampilan baru, dan pada bagian kanan atas ada sebuah link KELOLA PEMILIK SITUS. 
  4. Klik link tersebut, maka anda masuk pada halaman baru google webmaster tool, dan terdapat tulisan
Anda adalah pemilik yang diverifikasi http://namabloganda.blogspot.com/. Diverifikasi menggunakan metode berikut: File HTML

Jika ada tulisan seperti itu berarti blog sudah terverifikasi, dan anda juga bisa mengklik link Verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda. dikarenakan Memverifikasi dengan lebih dari satu metode akan membuat kepemilikan Anda lebih kuat.

Pilih Tag HTML Tambahkan tag meta ke beranda situs Anda.
Anda akan diberikan sebuah kode meta tag. Copy kode tersebut lalu

  • Buka  dashboard blogger.com anda
  • Pilih Menu TEMPLATE >> Klik tab EDIT HTML
  • Paste kode Meta tag tadi tepat di bawah kode <head>
  • Jika sudah, maka segera Klik SIMPAN TEMPLATE. Tunggu sampai perubahan tersimpan

Kembali ke halaman tempat anda mengcopy kode Meta tag tadi, lalu klik tombol VERIFIKASI pada bagian paling bawah.

Jika langkah-langkah memverifikasi kepemilikan blog anda lakukan dengan benar, maka statusnya akan BERHASIL.

Sebenarnya dengan dua metode File HTML dan metode Tag HTML sudah lebih dari cukup tapi jika anda tetap ingin menverivikasi kepemilikan blog menggunakan akun google analytic,,,,

Silahkan anda buat dulu akun google analytic universal pada link tersebut lalu kembali ke dashboard google webmaster tool dan ikuti langkah 1 sampai 4 di atas kemudian pilih Google Analytics dan klik tombol VERIFIKASI. Maka blog anda sudah terverifikasi kepemilikannya di google webmaster tool.

Demikian Cara Mendaftarkan dan memverifikasi kepemilikan blog di google webmaster tool Silahkan lanjutkan ke Cara submit sitemap di google webmaster tool