Cara Membuat Blog di Wordpress Terbaru

Cara Membuat Blog Wordpress, Hal yang pertama anda lakukan tentu saja adalah mendaftar ke situs www.WordPress.com. Caranya adalah dengan
langkah langkah Membuat Blog Wordpressbagaimana Cara bikin Blog wordpress

  1. mengklik link www.WordPress.com tersebut 
  2. kemudian klik tombol Get Started untuk memulai.  
  3. Di halaman selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi beberapa kolom antara lain e-mail address, username, password, dan blog address yang akan anda gunakan untuk blog anda nanti. 
  4. Harap diperhatikan pada saat mengisi username dan password karena ini yang akan anda pakai untuk login ke wordpress nanti.
  5. Selanjutnya terdapat beberapa kolom pilihan jenis blog yang akan anda buat. Ada tipe Beginner untuk yang gratis, tipe Premium dan tipe Business yang membayar. Tapi setiap tipe tersebut memng memiliki fitur yang berbeda-beda. 
  6. Setelah mengisi kolom-kolom tersebut klik tombol Create Blog yang ada di bawah. Anda juga bisa mendapatkan free trial selama 14 hari dengan mengklik tombol dibawahnya.

Setelah selesai mendaftar anda akan diberitahu bahwa pihak wordpress sudah mengirimkan email konfirmasi ke alamat email yang sudah anda daftarkan. Buka email anda kemudian klik link yang diberikan oleh pihak wordpress untuk aktivasi akun dan blog anda. Namun jika anda belum mendapat email konfirmasi anda bisa mencoba melakukan pendaftaran ulang seperti sebelumnya. Setelah selesai anda sudah bisa memulai membuat blog anda.
panduan Cara daftar blog wordpress
Cara bikin Blog di wordpress
Mulailah dengan memberi judul pada blog kemudian pilih template atau tema tampilan blog anda. Ada banyak pilihan template yang disediakan oleh wordpress. Anda juga bisa mengganti template sesuai keinginan anda dengan mengambil theme dari luar wordpress. Selain template anda juga bisa menyesuaikan tata letak kolom pada blog anda.

Dan setelah selesai mensetting tampilan blog anda bisa memulai untuk melakukan posting pertama anda. Pada dashboard blog klik tombol untuk melakukan entri atau posting. Pada kolom editor tuliskan apa yang ingin anda posting pada blog anda. Kemudian atur tulisan tersebut dengan rapid an beri tambahan bullet atau format huruf yang anda inginkan sebelum terakhir di publish atau di post.


Update 28 April 2015:  

Cara install wordpress di hosting dengan softaculous


Selain membuat blog di Wordpress.com, Anda juga dapat membuat blog dengan menggunakan self hosted Wordpress. Self hoster berarti Anda menginstal aplikasi Wordpress di server atau layanan hosting Anda sendiri. Dengan begitu, Anda memiliki keleluasaan untuk menyimpan dan mengelola data blog Anda sepenuhnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan domain TLD .com untuk blog Anda (sedangkan pada Wordpress.com, Anda perlu membayar membership premium yang cukup mahal untuk dapat menggunakan domain .com)

Jika kita menggunakan cara konvensional untuk menginstall wordpress di hosting, kita diharuskan untuk mendownload wordpress terlebih dahulu. Setelah selesai kita download, kita harus mengunggahnya lagi ke hosting kita. Tentu ini akan memakan waktu yang lama. Apalagi jika koneksi internet anda lambat.

Hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan hal ini adalah :
  1. Sudah punya hosting dan domain sendiri.
  2. Penyedia layanan hosting memiliki fitur auto installer Softaculous. Sebenarnya selain softaculous masih ada lagi auto installer yang lainnya. Tanyakan sebelum membeli hosting.

Penyedia layanan hosting Niagahoster (yang saya rekomendasikan) memiliki fitur auto installer dengan softaculous.

Cara install wordpress di hosting dengan softaculous


Pertama yang harus anda lakukan adalah login terlebih dahulu di member area penyedia hosting anda. Kemudian cari layanan atau produk yang sedang anda gunakan (sewa). Kalau anda membeli hosting dan domain sekaligus nanti akan muncul dua, yaitu hosting dan domain.


Kemudian di produk hosting anda klik “manage”.


Setelah itu, silahkan klik Login Ke cPanel. Intinya anda harus login ke cPanel untuk menemukan Softaculous. Mungkin anda mempunyai jalan lain untuk menuju cPanel silahkan gunakan. (contoh : cpanel.namadomain.com atau namadomain.com/cpanel )
Temukan program Softaculous :

Setelah anda masuk di Softaculous, anda akan menemukan banyak sekali CMS yang bisa anda pasang di wordpress. Dalam kasus ini yang ingin kita install adalah WordPress. Maka pilih wordpress!


Ada beberapa hal yang harus anda isi seperti yang bisa anda lihat di atas. Informasi ini menyangkunt database dan informasi untuk login ke wordpress anda.
Untuk mengisinya :
  1. Choose Protocol : Ini adalah opsi bagaimana URL dari situs anda tampil di browser. Anda bisa memilih tampilan dengan menggunakan www (www.namadomain.com) pilih http://www. Jika anda ingin URL anda tanpa www (namadomain.com) anda bisa pilih http://
  2. In Directory. Jika anda ingin pasang wordpress di situs utama (www.namadomain.com) anda kosongkan saja kolon In Directory.
  3. Database Name : Nama database di MySQL. Biarkan saja tetap sama seperti semula.
  4. Table Prefix : Biarkan seperti semula.
  5. Site Name : Nama Website Anda
  6. Description : Tagline atau bisa juga anda isi dengan deskripsi singkat.
  7. Admin Username : Nama pengguna (username) untuk masuk ke dashboard wordpress anda.
  8. Password Username : Password untuk masuk ke dashboard
  9. Admin Email : Isi dengan alamat email yang anda miliki dan saat ini masih aktif.
Pastikan anda mengingat-ingat username dan password anda.
Untuk mengirimkan data instalasi ke email, anda bisa memasukkan alamat email anda di bawah tombol install. Jika anda yakin sudah mengisi dengan benar silahkan klik “install“.

Setelah anda klik install tersebut, tunggu beberapa detik/menit. Setelah itu anda akan melihat konfirmasi bahwa wordpress sudah di install dengan berhasil. Coba check website anda sekarang!

Bagaimana untuk masuk ke Administrator/Dashboard wordpress?

Untuk log in ke administrator cukup mudah, anda tinggal buka namadomain.com/wp-admin . Dengan menambahkan /wp-admin anda akan menemykan halaman untuk login ke dashboard wordpress anda.