Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Berkualitas Murah

Cara memilih Laptop | Sebenarnya memilih laptop bukanlah hal yang sulit, kuncinya anda cukup tau “untuk apa laptop yang akan anda beli itu”, apakah untuk bekerja (oprasional standar/ office), programming (develope), atau khusus untuk ngegame. Nah baru setelah itu mencocokkan kebutuhan anda tersebut dengan beberapa point lain, seperti brand dan budget yang anda miliki.

Cara memilih Laptop

Cara memilih laptop
Jika anda ingin tau lebih banyak tentang point-point penting yang wajib dilirik saat akan membeli laptop baru, silahkan simak pembahasan berikut ini.

1. Pelajari Spesifikasi Laptop
Setelah anda menentukan tujuan pengguanan laptop yang akan anda beli, hal berikutnya adalah melihat spesifikasi dari laptop itu sendiri. Penting bagi anda dalam melihat spesifikasi adalah jenis prosesor laptop (Core, Quad atau sebagainya), berapa kecepatan prosesor (clock) / GHz dan berapa besar kapasitas RAM yang dimiliki. (Oh ya, biasanya untuk laptop gammer dibutuhkan perangkat (hardisk) pendukung yang lebih spesifik).

2. Lihat Merk/ Brand Produk
Hal selanjutnya yang harus anda lakukan setelah menemukan spesifikasi yang cocok dengan kebutuhan anda adalah memilih produk dari brand yang sudah terkenal. Mengapa harus brand yang sudah terkenal?, alasannya cukup simple, biasanya brand yang sudah terkenal akan selalu menjaga kualitas produk mereka, sehingga produk-produknya tidak perlu diragukan lagi. Satu hal lagi yang perlu anda ingat, tetap jelilah dalam memilih produk, karena sekarang banyak produk-produk bajakan yang mempunyai nama sama (hampir sama) dengan produk aslinya.

3. Harga Jual Kembali
Berikutnya yang perlu anda diperhatikan saat hendak membeli laptop baru adalah merivew harga jual kembali laptop anda dalam kondisi dibawah 80% (bisa searching di internet). Jika harga jualnya sangat menurun sebaiknya anda memilih produk lain yang memiliki harga jual yang lebih tinggi. Hal ini tujuannya untuk mengantisipasi agar pada suatu saat anda ingin menjual kembali laptop tersebut tidak kewalahan dengan harga yang didapat.

4. Berapa lama Garansi?
Garansi merupakan point selanjutnya yang penting untuk anda tinjau. Sebuah produk yang berkualitas biasanya memiliki masa hidup yang lebih lama, sehingga pemilik brand juga lebih berani dalam memberikan garansi dengan tenggang waktu yang lebih lama pula. Selain itu, garansi akan memberikan keuntungan tersendiri bagi konsumen, misalnya pada saat laptop mengalami kendala internal, anda tinggal membawanya ke service center tanpa perlu pusing lagi dengan permasalahan biaya.

5. Jangan Melewati Budget
Nah yang ini merupakan point terpenting dari beberapa point yang telah dibahas diatas. Seberapapun besarnya kebutuhan laptop yang akan anda beli, usahakan untuk senyaman mungkin dengan pengeluaran dana yang ada. Ingat, diluar dari itu masih banyak ‘kan kebutuhan lain yang harus dipenuhi?. Untuk itu, pilih saja laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan namun dengan harga tidak mencekik.

Demikian informasi tips dan trik yang berjudul “Cara memilih Laptop yang baik”, semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi yang pas untuk anda sebelum membeli laptop idaman, sekian terimakasih.