Cara Membuat Website Gratis Langsung Online

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar Tutorial Cara Membuat Website Gratis Langsung Online pada postingan kali ini, tapi tujuan dari postingan ini adalah untuk sekedar berbagi pengalaman untuk Anda yang masih belum paham mengenai cara membuat website yang gratis, karena sebenarnya membuat website itu susah-susah gampang tergantung Anda sendiri. Jika Anda memiliki kemauan dan keinginan yang kuat untuk belajar, maka membuat website dari awal dan langsung online tidak akan menjadi masalah yang berarti bagi Anda.

Setiap orang yang berkeinginan untuk membuat website gratisan harus memperhatikan kondisi berikut, terkadang Kita ingin segalanya gratis tapi tidak melihat terlebih dahulu kualitas serta layanan yang mereka berikan suatu saat, Tidak bisa dipungkiri, Saya sendiri juga biasa menggunakan hosting gratisan karena Saya juga sudah mencoba mendaftar hampir di semua layanan tersebut. Namanya juga website gratisan, jadi harus sabar jika Anda mendapatkan kapasitas bandwidth yang pas-pasan dan memiliki fitur yang seadanya.

Sebenarnya tujuan Kita membuat website gratis untuk apa sih? pasti Anda akan memiliki jawaban yang beragam, mungkin ada yang menjawab ingin membagikan cerita, foto atau pengalaman hidup mereka kedalam suatu tulisan, untuk dibaca oleh orang lain sebagai pengalaman. Atau untuk cara mencari uang di internet gratis dimana kita berupaya membuat suatu blog agar banyak pengunjungnya, atau hanya sekedar untuk Belajar Komputer dan memanfaatkan jasa pembuatan website online gratis untuk sekedar belajar saja. Namun terkadang bisnis internet gratis seperti ini jarang orang berhasil karena memang menyita waktu kita nantinya. So, semua tergantung kebutuhan dan keperluan Anda.

Ada beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui seputar membuat website, seperti apakah Anda akan memutuskan mendesain sendiri website dari awal, mulai merancang layout, mendesain menu, membeli domain dan melakukan hosting sendiri?, atau apakah Anda akan menggunakan jasa pembuatan website? atau apakah Anda akan menggunakan cara praktis membuat website seperti yang sudah disediakan oleh beberapa online website diantaranya Webbly.com, IdHostinger.com, 000webhost.com dan masih banyak lagi website online yang menyediakan jasa pembuatan web gratis tanpa harus membayar sewa domain dan hosting.

OK supaya pembahasannya tidak simpang siur, pada update kali ini yang akan menjadi topik pembahasan adalah bagaimana cara membuat website yang gratis dan bisa langsung online tanpa harus membayar sedikitpun. Saya ambil contoh salah satu saja yaitu menggunakan jasa pembuatan wabsite gratis dari IdWebsost.com. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah 1 : Kunjungi situs http://www.idhostinger.com/

Ya pastinya jika Anda memutuskan untuk membuat web gratis menggunakan website online dari idWebhost, maka langkah pertama Anda harus mengakses website resminya. Langsung aja deh kunjungi situs diatas. Kemudian pilih menu Order Sekarang! dan pilih salah satu dari dua tombol yang ada pada halaman pertama idWebhost yaitu tombol Facebook (untuk daftar menggunakan akun facebook) atau Google (untuk daftar menggunakan akun google).
daftar membuat website

Langkah 2 : Persetujuan Izin Akses Aplikasi

Setelah Anda melakukan klik pada salah satu tombol tersebut, maka akan muncul popup persetujuan aplikasi, klik saja Terima dan setelah Anda menerima persetujuan tersebut, maka Anda akan menerima konfirmasi pada halaman dashboard idhostinger Anda bahwa akun google milik Anda sudah terhubung, jika Anda masih belum memiliki akun gmail, silahkan baca update sebelumnya mengenai Cara Membuat Email Baru di Google. Langkah selanjutnya adalah klik pilihan Buat Website! yang terdapat di pojok kanan atas tepat dibawah logo website idhostinger, maka akan muncul kotak dialog pembuatan website dan klik Hosting Account.
kotak persetujuan

buat website

Langkah 3 :  Buat Account Hosting dan Isi Data Domain

Setelah langkah 2 selesai, selanjutnya akan ada beberapa pilihan, apakah Anda akan menggunakan jasa yang free atau gratis, atau Anda akan menggunakan jasa yang berbayar. Karena disini yang dibahas mengenai cara membuat website gratis, nah jangan keliru klik ya, pilih yang Gratis kemudian klik Order. Setelah itu masukkan nama domain yang Anda inginkan seperti Domainanda.hol.es misalnya, perlu Anda ketahui tambahan hol.es secara otomatis karena Anda menggunakan hosting yang gratisan, jika Anda ingin menginginkan nama domain sesuai dengan keinginan Anda, misal Domainsaya.com, maka Anda harus menggunakan jasa yang tidak gratis, alias harus bayar terlebih dahulu. Pastikan data yang Anda masukkan sudah lengkap, jika Anda sudah yakin silahkan lanjutkan ke langkah 4.
pilih paket hosting

isi nama domain

Langkah 4 : Membuat Website dan Kustomisasi Tampilan

Setelah selesai melakukan setting domain dan hosting, selanjutnya adalah proses pembuatan website dan kustomisasi tampilan website. Klik menu Buat Website! yang ada tepat dibawah menu idHostinger sebelah kiri atas. Kemudian akan muncul kotak dialog pemilihan nama domain yang akan digunakan, pilih saja nama domain yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya kemudian klik Build website. Maka akan muncul pilihan template yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kategori dan kebutuhan Anda, tentukan salah satu desain website yang diinginkan, dan langkah terakhir yang harus dilakukan adalah Kustomisasi atau yang lebih Kita kenal dengan editing content website, Anda bisa edit sesuai dengan kebutuhan Anda.
buat website

pilih nama domain yang sudah dibuat

pilih desain template

hasil modifikasi template
Sekian dulu update mengenai cara membuat website gratis kali ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa berguna untuk rekan-rekan yang membutuhkan, simak terus update terbaru seputar dunia teknologi tentunya hanya di website Caraseobali.com.

Kalo Anda rasa cara diatas agak ribet atau susah, Buat Blog di Wordpress saja jauh lebih mudah dan praktis, selain itu dengan Wordpress wesbite Anda akan jauh lebih terstruktur baik dari segi SEO maupun maupun desain templatenya.