7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Mudah

Laptop yang lola atau loading lambat memang membuat kita  kesal karena melambatnya proses, sehingga akan memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Setiap laptop atau komputer yang baru diinstal OS akan lebih cepat kinerjanya. Tetapi bagaimana kalau laptop atau komputer anda, telah anda pakai bertahun-tahun lamanya pasti lama-kelamaan prosesnya akan melambat dan bahkan terjadinya hank, bahaya bukan?

Namun, Janganlah anda khawatir karena untuk kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara mempercepat kinerja laptop dan cobalah beberapa cara di bawah ini, mudah-mudahan lemotnya laptop atau komputer anda akan semakin berkurang.


7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Mudah

7 Cara Mempercepat Kinerja Laptop


1. Tutuplah aplikasi yang tidak penting

Ketika anda sedang menggunakan atau menyalakan komputer, cobalah untuk anda cek aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dan tutuplah aplikasi yang tidak anda gunakan atau tidak penting. Cara menutupnya dapat anda lakukan dengan cara menekan Ctrl+Shift+Esc kemudian pilihlah aplikasi-aplikasi yang tidak penting tersebut kemudian klik End Task.

2. Disk Clean Up pada Hardisk

Bersihkan semua cookies dan cache yang terdapat pada hardisk komputer atau laptop anda. Pada umumnya komputer yang baru diinstal akan kosong tapi jika laptop anda sudah lama dan sering digunakan untuk browsing dan lainnya semua itu akan menumpuk pada hardisk. Maka disarankan untuk menghapusnya dengan cara klik start lalu all program, pilih accesoris lalu system tool dan klik disk clean up maka akan ada tampilan gambar kemudian pilih partisi atau disk klik ok, dan terakhir centang semuanya lalu klik ok.

3. Defragment pada hardisk anda

Defragment hardisk merupakan aktivitas menata ulang berkas-berkas yang ada pada hardisk bukan mengahapus ataupun membersihkan, tujuannya agar laptop atau komputer lebih mudah untuk membaca berkas-berkas dan akan mempercepat pula kinerja dari komputer itu sendiri. Ada baiknya lakukanlah aktivitas defrag ini secara rutin dan berkala seperti 2 bulan sekali atau lebih efektif lakukanlah 2 minggu sekali.  Cara defragment klik start – all program – accesories – klik system tool dan disk defragmenter. Kemudian pilih partisi yang akan didefrag dan selanjutnya klik defrag.

4. Hapus recent places

Salah satu cara mempercepat kinerja laptop selanjutnya yaitu menghapus recent places. Jejak atau histori setelah kita memakai laptop atau komputer akan disimpan di recent places. Memang ini tidak terlalu penting tapi ada baiknya untuk dibersihkan agar komputer tidak melambat. Caranya masuklah pada my computer kemudian klik recent places dan hapus semua file. 

5. Download software pembersih ccleaner

Sofware ini akan membantu anda dalam meningkatkan kinerja laptop atau komputer dengan cara membersihkan sampah-sampah yang ada. Sudah ada sofware pembersih ccleaner yang akan membantu anda silahkan didownload dan juga sofware ini gratis.

6. Lakukan restart

Apabila laptop atau komputer anda melambat atau lemot bahkan terjadinya hang maka cobalah untuk melakukan restart agar merefresh komputer sehingga proses akan kembali lancar.

7. Minimalkan Startup

Ketika anda menggunakan komputer atau laptop, pastikan aplikasi atau program yang penting saja berjalan pada awal komputer yang baru dinyalakan (startup), karena apabila aplikasi yang tidak penting dinyalakan akan menambah beban pada proses berpikir komputer. Caranya tekan pada keyboard anda windows+r secara bersamaan, lalu ketik “msconfig” kemudian klik ok. Dan, selanjutnya pilih startup dan centang aplikasi yang tidak penting kemudian hapus.

Demikianlah 7 tips cara mempercepat kinerja laptop semoga beberapa cara di atas dapat membantu dalam mempercepat kinerja komputer atau laptop anda.