Cara Memotong Kartu Sim Micro

Cara Memotong Kartu Sim - Di tahun terakhir ini para produsen berlomba lomba mengenalkan smartphone baru & canggih buatan mereka, namun pada smartphone itu tertanam bentuk chip kartu micro sim, memang di luar negeri sana sudah tidak asing lagi dengan bentuk chip yan gsatu ini namun di indonesia masih sangat aneh bila kita melihat kartu micro / nano sim. Contoh hp yang menggunakan kartu micro / nano sim : samsung galaxy S4, sony experia, htc 0ne, oppo find clover, serta smartphone high end (canggih terbaru) lainnya. Nah bila anda terlanjur membeli ponsel tersebut namun lupa bahwa bentuk chipnya adalah micro, disini kami akan ajarkan cara memotong kartu sim dengan mudah.

Tutorial Cara Memotong Kartu Sim Card Berbentuk Micro


Micro sim merupakan sim card pada ponsel seperti biasanya, namun micro sim punya dimensi lebih kecil saja. Untuk cara pembuatanya langkah awal anda harus tahu ukuran dimensi dari micro sim itu sendiri. Nah untuk ukurannya anda bisa perhatikan gambar dibawah ini :


Cara Memotong Kartu Sim Micro 1



Setelah sobat paham ukuran dari kartu tersebut, maka bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya cara memotong kartu sim dengan baik dan benar.

1. Perisapan Alat Dan Bahan

  • Cutter & Gunting
  • Penggaris
  • Gillette / potongan kuku
  • Pensil atau ballpoint

2. Cara Kerja Pemotongan Kartu

  • Ingat sebelum melakukan pemotongan pahami dulu ukuran micro sim yang sudah kami jelaskan di atas, jangan memulai sebelum sobat paham ukurannya karena akan merusak chip kartu seluler kalian.
  • Ambil penggaris, usahakan penggarisnya menggunakan satuan ukuran MM (milimeter).
  • Ukur 1 mm dari logam kuningan pada sim card kemudian tandai menggunakan ballpoint / pensi secara vertikal, jika sudah ukur pula 1 mm di sisi atas chip kuningan lalu tandai secara horizontal. Nah jika benar maka hasil tanda yang dibuat tadi akan menghasilkan bentuk seperti huruf L yang mengarah kekanan (L terbalik). Ini merupakan acuan utama cara memotong kartu sim.
  • Lalu dari tanda vertikal di sisi kiri kalian ukur ke kanan sepanjang 15 mm menggunakan penggaris dan tandai secara vertikal kebawah (jangan sampai tandanya miring / salah). Untuk step selanjutnya kita tentukan garis untuk pemotongan di sisi bawah dengancara mengukur tanda ynag kita buat di sisi atas tadi lalu ukurlah secara vertikal dengan ukuran 12 mm dan tandai kembali horizontal.
  • Sampai disini maka tanda yang sudah dibuat akan berbentuk persegi, tapi masih ada satu lagi yang belum, yaitu membuat tanda menyamping ke arah atas di bagian kanan bawah kartu sim tersebut. Ukur lah dari tanda di sisi kiri ke kanan dibagian bawah kuningan logam sepanjang 12 mm dan tandai dengan titik lalu teruskan dengan mengukur tinggi di bagian samping dari sisi atas menuju sisi bawah di bagian samping kanan 9 mm dan tandai kembali dengan titik.
  • Garis lah secara lurus dua titik tadi, nah sekarang sim sudah terlihat berbentuk Sim Card yang berukuran mini.
Cara Memotong Kartu Sim Micro 2

  • Sampai dilangkah ini langkah cara memotong kartu sim sudah hampir selesai, sobat tinggal gunting / cutter saja mengikuti gambar yang sudah dibuat secara perlahan, selesai.
  • Untuk pembuatan nano sim pun hampir sama hanya berbeda dimensi ukuran saja, namun tidak akan kita bahas sekarang mungkin di lain waktu akan kami bahas kembali.

Bagai mana cara memotong kartu sim nya ? mudah kan, semoga bermanfaat terimakasih.