Contoh Surat Kuasa yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Kuasa yang Baik Dan Benar - Surat kuasa yang baik  sangat perlu atas  kewenangan yang diberikan seseorang kepada pihak lain. Surat kuasa dapat menjadi bentuk prantara yang diwakilkan oleh pihak yang memberi wewenang. Biasanya penggunaan surat kuasa ini diperuntukkan kepada hal-hal yang bersifat administrasi.

Surat kuasa memiliki ciri-ciri tersendiri meliputi adanya kata-kata pemberi kuasa kepada seseorang yang telah dipercayainya. Bahasa yang digunakanpun pada surat kuasa harus lugas, singkat, padat dan mudah dipahami.

Contoh Surat Kuasa yang Baik Dan Benar


Jenis Surat Kuasa Saat Ini


Ada pun jenis jenis surat kuasa yang digunakan di kalangan masyarakat saat ini, yaitu :

  • Surat kuasa yang bersifat formal, biasannya surat kuasa seperti ini menggunkan materai dan adanya saksi-saksi untuk memperkuat surat kuasa tersebut.
  • Surat kuasa yang bersifat non formal, dalam segi penulisan isi tidak berbeda jauh dengan surat resmi, hanya saja tidak perlu adanya materai ataupun saksi.

Contoh Surat Kuasa Yang Baik Dan Benar


Untuk membuat surat kuasa yang baik memang bukan perkara mudah banyak faktor yang harus diperhatikan, ini bertujuan agar pihak instansi atau lembaga terkait percaya dengan surat kuasa yang telah dibuat oleh si pemberi kuasa. Dibawah ini ada cara-cara yang bisa digunakan untuk membuat surat kuasa dengan baik, yaitu:

  1. Tulislah judul Surat Kuasa di bagian kertas paling atas. Dalam hukum ada yang berupa Surat Kuasa Khusus dan juga Surat Kuasa Substitusi.
  2. Lalu cantumkanlah semua pihak yang terkait dalam proses pengalihan kuasa. Identitas pertama yaitu pemberi kuasa, kemudian juga identitas si penerima kuasa.
  3. Di akhir surat buatlah kata-kata penutup.
  4. Lalu buatlah juga tanggal dan tempat pembuatan surat serta tanda tangan dan nama-nama pemberi kuasa dan penerima kuasa.
  5. Kemudian yang terakhir tempelkanlah materai untuk melegalkan atau mengabsahkan surat kuasa tersebut.

Contoh surat kuasa :

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Damiri Yahya
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Kutilang II Blok. AX. No. 6. Km. 20 Palembang.
Melalui surat ini telah memberikan kuasa terhadap:

Nama : Nurlis
Pekerjaan : Wirasawasta
Alamat : Jl. Nuri 1 Blok A. No. 7. Km. 26 Palembang

Untuk mewakilkan diri atau bertindak untuk atas nama pemberian kuasa .... ( jabatan atau kekuasaan pemberi kuasa, kemudian juga sebutkan dasar kekuatan dari pemberi kuasa, misalnya adanya surat kuasa )

Maka dari itu penerima kuasa diwewenangkan untuk ... (tujuan pemberian kuasa)

Kekuasaan ini ditujukan berdasarkan hak untuk melimpahkan (tujuan dari pemberian kuasa) baik sebagian ataupun keseluruhan kepada pihak lain.

Demikianlah surat kuasa ini saya buat agar digunakan sebagaimana mestinya.

Palembang, 27 Desember 2014

Penerima kuasa                                                    Pemberi kuasa


(Damiri Yahya)                                                                   (Nurlis)


Semoga contoh surat kuasa yang baik ini  bermanfaat bagi Anda yang sedang kebingungan bagaimana membuat surat kuasa yang benar di saat hal tidak diinginkan terjadi. Surat kuasa ini dapat diubah berdasarkan tujuan dan jenis surat kuasa yang dibutuhkan.