Cara Membuat Artikel Yang Baik Bagus & Berkualitas

Indonesia mempunyai banyak sekali jenis bakat dalam masyarakatnya. Ada yang berbakat menyanyi, melukis, dan menulis. Ketika anda memtuskan mau menjadi apa diri anda yang hanya mempunyai bakat tersebut namun tidak tahu bagaimana cara mewujudkannya, anda memerlukan solusinya yaitu dengan belajar. Ketika anda berbakat menulis namun tidak tahu bagaimana cara memulainya, anda sudah tepat menemukan artikel Cara Membuat Artikel yang Baik Bagus Berkualitas ini. Dalam artikel saya kali ini akan dibahas mengenai cara bikin artikel agar anda mampu mengembangkan bakat anda dalam menulis sebuah artikel.

Cara Membuat Artikel Yang Baik Bagus & Berkualitas


Cara Membuat Artikel yang Baik Bagus Berkualitas


Ada beberapa bentuk artikel yang biasa dibuat oleh kebanyakan penulis artikel, sama seperti bentuk tulisan lainnya. Namun, secara umumnya ada 5 cara membuat artikel yang baik bagus berkualitas dengan langkahnya:

1. Menentukan Tema

Ketika ingin menuliskan sebuah artikel, anda harus menentukan temanya terlebih dulu agar anda terarah saat menuliskannya nanti. Tema artikel yang anda pilih haruslah menarik dan sespesifik mungkin. Sehingga orang lain tertarik untuk membacanya.

2. Tujuan Menulis

Agar lebih terarah dan sesuai dengan hasilnya nanti, anda perlu menentukan tujuan anda menulis artikel dengan jelas. Sehingga pembacapun mampu mengetahui apa tujuan anda menuliskan artikel tersebut.

3. Ide Pokok dan Masalah

Selain tema, ide pokok beserta masalah juga harus anda rumuskan. Melalui ide pokok dan juga permasalahan, anda bisa menuliskan sebuah artikel yang bisa mengarahkan pembaca, sehingga pembacapun merasa bahwa mereka sudah memilih artikel yang tepat.

4. Mengembangkan Tema

Ketika anda memutuskan sebuah tema untuk artikel anda, perkembangan tema tersebut harus benar-benar terlihat dalam pembahasan anda. Jangan melenceng dari apa yang dituliskan yang membuat pembacanya bingung karena tema dan jenis artikelnya tidak berjalan beriringan.

5. Kesimpulan

Ketika isi dari tulisan artikel anda memiliki kesinambungan satu dengan yang lainnya, kesimpulan dapat dengan mudah anda buat. Kesimpulan diperlukan untuk membantu pembaca menemukan inti sari dari pembahasan dalam artikel yang sudah anda buat.

Nah, setelah memahami 5 cara membuat artikel yang baik bagus dan berkualitas di atas, anda juga harus menentukan jenis artikel apa yang akan anda buat. Artikel, sama seperti jenis tulisan, mempunya beberapa jenis. Seperti narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi dan eksposisi. Tinggal anda yang harus menyesuaikan jenisnya dengan temanya, sehingga artikel yang anda buat mempunyai makna di mata pembaca.

Cara Membuat Artikel SEO Friendy


Cara membuatnya sama saja dengan 5 cara membuat artikel yang baik bagus berkualitas di atas, namun artikel ini ditujukan demi mengoptimalkan dalam pencarian keyword atau kata kunci pada situs seperti google. Artikel ini ditujukan khusus bagi penulis online, jenisnya bisa saja narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi, ataupun eksposisi. Namun, artikel ini mempunyai teknik dalam penulisannya. Untuk bisa dicintai dan mudah dilacak melalui google, artikel SEO dilengkapi dengan keyword density atau biasa disebut kepadatan kata kunci, untuk lebih jelasnya akan kami bahas di artikel selanjutnya.