Cara Membuat Game Melalui Facebook Developers

Cara membuat aplikasi di facebook developers - Facebook untuk masa sekarang merupakan jejaring sosial yang sampai saat ini masih menduduki posisi teratas sebagai akun sosmed yang paling banyak digunakan. Ada banyak fitur-fitur yang ditawarkan oleh Facebook mulai dari yang gratis hingga berbayar, semua fitur ini tentunya memilki karakteristik tersendiri dan dapat digunakan oleh para pengguna Facebook. 

Bagi pengguna yang telah mahir menggunakan Facebook, akan memanfaatkan akunnya bukan hanya sebagai sosmed, tapi dapat juga dioptimalkan demi memberikan keuntungan-keuntungan lebih bagi penggunanya.

Salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh pengguna Facebook profesional yaitu sebuah halaman Developer, yang dapat digunakan untuk menginstal aplikasi tertentu yang akhirnya dapat diintegrasikan dengan sebuah situs atau web blog. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berupa game ataupun aplikasi lainnya. Biasanya aplikasi game yang paling banyak diminati. Bagaimanakah cara untuk membuatnya? Di bagian bawah ini saya akan memberikan tutorialnya.

Cara Membuat Game Melalui Facebook Developers


Cara membuat aplikasi di facebook developers dengan mudah dalam bentuk game flash


1. Jika anda ingin membuat aplikasi game, maka usahakan untuk siapkanlah file game flash kesayangan anda, jika belum punya game anda dapat mengunduh dari situs game online.
2. Cara membuat aplikasi di facebook developers. Kemudian buatlah folder baru terserah mau dimana saja, lalu di dalam folder baru tersebut buatlah kembali sebuah folder baru dan berilah nama images, kemudian masukkanlah game flash anda tadi di folder ini.
3. Next, download sebuah file JS dari situs http://www.4shared.com/document/LY90dD39/file.html kemudian masukkanlah file tersebut ke folder baru tadi, harus bergandengan dengan folder images.
4. Buka Notepad dan kopikan kode html di bawah ini ke Notepad:

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN">
<html>
<head>
<title>Untitled</title>
<meta http-equiv="content-type" content="text/html; charset=iso-8859-1">
<meta name="generator" content="Web Page Maker">
<script src="ac_activex.js" type="text/javascript"></script>
</head>
<body>
<div id="flash1" style="position:absolute; overflow:hidden; left:0px; top:0px; width:758px; height:545px; z-index:0">
<script type="text/javascript">
AC_RunFlashContent("id","flash1","width","758","height","545","quality","high","autoplay","true","loop","true","wmode","window","codebase","http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab","pluginspage","http://www.macromedia.com/go/getflashplayer","src","images/Bilyard.swf");
</script>
<noscript>
<object classid="clsid:D27CDB6E-AE6D-11CF-96B8-444553540000" codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab" width=758 height=545>
<param name="movie" value="images/Bilyard.swf">
<param name="quality" value="high">
<param name="loop" value="true">
<param name="wmode" value="window">
<param name="autoplay" value="true">
<!--[if !IE]>-->
<object data="images/Bilyard.swf" width="758" height="545" type="application/x-shockwave-flash">
<param name="pluginurl" value="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer">
<param name="quality" value="high">
<param name="loop" value="true">
<param name="wmode" value="window">
<param name="autoplay" value="true">
</object>
<!--<![endif]-->
</object>
</noscript>
</div>
</body>
</html>
</body>
</html>


Keterangan: untuk warna tulisan yang berwarna merah, ubahlah dengan nama game flash anda yang telah berada pada kolom folder.

5. Pilihlah menu File pada Notepad, lalu Save As berilah nama index.html pada Save As Type pilih All Files, kemudian simpanlah index.html tersebut ke dalam folder baru tadi secara bergandengan dengan folder JS dan folder images.
6. Lalu, tes terlebih dahulu isi folder tersebut dengan cara mengklik 2 kali file index.html, dan pastikan bahwa game flash yang anda masukkan tadi bisa bekerja.
7. Kemudian langkah selanjutnya, mendaftar terlebih dahulu ke webhosting yang berbayar atau yang gratis, agar game flash kesayangan anda tadi bisa disimpan dan nantinya bisa dipanggil di Facebook secara online.
8. Apabila game telah bekerja pada browser maka simpanlah atau upload semua isi folder tadi ke server hosting anda.
9. Kemudian coba anda panggil hubungkan ke alamat url game anda bi browser misalnya http//www.DomainAnda.com/ index.html, untuk bagian indek.html bisa juga tidak diketikkan. Maka lihatlah apakah game online anda sudah dapat diakses?
10. Langkah selanjutnya masuk ke aplikasi facebook developers.

a. Sebelum anda membuat aplikasi anda harus mengonfirmasi Nomor HP 1 kali per 1 akun facebook, ini berdasarkan kebijakan dari facebook yang harus ditatati. Klik link ini untuk mengonfirmasi nomor HP: http://www.facebook.com/confirmphone.php
b. Disarankan ketika membuat aplikasi ini harus menggunakan Facebook Bahasa Inggris, maka ubahlah untuk sementara apabila bahasa pada facebook anda menggunakan bahasa Indonesia.
c. Kunjungi link: https://developers.facebook.com/apps/ kemudian klik Create New App di bagian pojok kanan atas.
d. Kemudian isilah nama aplikasi di kotak App Name. Sebagai contoh aplikasi game flash yang anda sukai tadi. Lalu, dapat juga mengisi App Namespace, yang nantinya berguna apabila kita akan membuka aplikasi.

Nah itulah tutorial tentang bagaimana cara sederhana membuat aplikasi di facebook developers,, akan lebih baik lagi bila anda bisa kreasikan sendiri sesuai keahlian anda dalam ilmu programming, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.