Cara Mengetahui HP Android Terkena Virus & Cara Menanggulanginya

Cara mengatasi hp android terkena virus dan cara menanggulanginya - Android merupakan jenis smartphone dengan sistem open source yang memungkinkan kita atau siapapun, untuk dapat ikut andil serta terlibat dalam membuat aplikasi atau game, yang kemudian akan di upload ke Play Store. Dalam pembuatannya tidak dikenakan tarif yang mahal dan pengerjaannya pun terbilang mudah. 

Untuk saat ini pengguna android sudah sangat menjamur, ini disebabkan karena kemudahan tersebut dan juga memudahkan para user untuk mendowload aplikasi atau game tersebut secara gratis di Google Play.

Tapi apakah anda tahu, ketika anda mengunduh aplikasi atau game di internet yang berjenis apk, kebanyakan dari aplikasi tersebut mengandung virus yang dapat membahayakan sistem android anda. Karena, sistem android yang open source membuat para tangan-tangan jahil sengaja menyelipkan virus di aplikasi atau game tersebut.

Jika anda yang menggunakan android dan ingin mengetahui bagaimana tanda-tanda android terkena virus atau malware, berikut akan saya utarakan beberapa tanda umumnya.



Cara Mengetahui HP Android Terkena Virus & Cara Menganggulanginya Dengan Tepat


Baterai mudah drop

Dropnya baterai android anda bukan disebabkan oleh kerusakan baterai, tetapi disebabkan oleh virus yang bekerja mengirimkan iklan secara otomatis dan kontinu tanpa kita sadari, padahal anda sedang tidak menggunakan android anda, tidak sedang browsing ataupun membuka aplikasi.

Kuota internet cepat habis

Pada android yang terjangkit malware akan mengakibatkan kuota internet cepat habis, karena virus tersebut terus-terusan mengirimkan iklan, maka otomatis akan memakan banyak kuota internat.

Hang

Akibat selanjutnya dari kedua tanda di atas yaitu hang. Virus-virus tersebut secara terus menerus mengganggu sistem android dan akan banyak memakan memori RAM sehingga ponsel android akan mudah sekai hang, restart bahkan dapat mati secara mendadak.

Sering mendapatkan gangguan pada saat melakukan panggilan

Cara mengetahui HP android terkena virus dan cara menanggulanginya. Malware mobile dapat pula memengaruhi panggilan masuk pada android yang sedang terserang virus. Malware jenis ini akan sangat mengganggu apalagi jika sedang melakukan panggilan, tiba-tiba telepon akan mati dengan sendiri dan terdengar suara-suara aneh.

Tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah malware semakin merusak sistem android yaitu dengan.

  • Menghapus semua aplikasi yang dicurigai mengandung malware atau vius.
  • Meningkatkan kemanan android, dengan cara mengunduh aplikasi yang ada di Google Play Store, karena Google punya sistem mutakhir yang dapat menangkal virus di setiap game atau aplikasi yang telah diupload oleh developer android, jadi kemungkinan besar aplikasi yang ada di Play Store tidak akan ada virusnya.
  • Benar-benar harus memperhatikan jenis permission yang diminta oleh tiap aplikasi android.


Selain itu, anda juga dapat dengan cara mengunduh aplikasi untuk membersihkan virus pada android salah satunya Clean Master, yang memiliki fungsi selain membersihkan virus juga dapat membersihkan file-file junks, mengoptimalkan memori dan masih banyak lagi, anda dapat mendowload aplikasi ini di Play Store.

Itulah artikel seputar cara mengetahui HP android terkena virus dan cara menganggulanginya dengan tepat, ada baiknya anda harus berhati-hati dalam menggunakan android anda untuk mengunduh aplikasi atau game yang banyak bertebaran di dunia maya.