Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Menggunakan Find My Phone

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat dalam pencarian handphone atau mengetahui di mana keberadaan sebuah smartphone. Aplikasi ini akan otomatis aktif bila mendapat pesan SMS yang sudah disetting terlebih dulu oleh pemiliknya. Berbeda dengan kebanyakan fitur keamaan untuk smartphone yang lainnya. Find My Phone bisa mengirimkan lokasi, tempat di mana smartphone itu berada, meskipun tidak mempunyai koneksi internet. Selama nomor smartphone masih aktif dan cukup tersedia pulsa untuk bisa mengirimkan sms. Kali ini akan dibahas mengenai cara mengetahui lokasi seseorang menggunakan Find My Phone.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Menggunakan Find My Phone



Cara Kerja Aplikasi Find My Phone di Android


Cukup menginstal aplikasi ini seperti biasa, namun setelah itu ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan diketahui untuk dapat memanfaatkan aplikasi ini. Untuk recover password, dibutuhkan sebuah nomor. Jadi, jangan sampai melupakan password anda serta siapkan juga satu nomor di handphone lain. Karena selain melalui pesan SMS, aplikasi ini sama sekali tidak menyediakan pilihan untuk recovery password. Sebelum membahas cara mengetahui lokasi seseorang menggunakan Find My Phone, perlu dipersiapkan beberapa hal berikut setelah pertama kali melakukan penginstalan untuk Find My Phone.

1. Fine Phone SMS Trigger

Di sini anda harus memasukkan sebuah kata kunci. Misalnya ‘dimana’. Sebaiknya memilih kata yang mudah diingat dan hanya anda yang mengetahuinya, serta merupakan kata acak. Jika mendapat pesan SMS yang berisi kata ‘dimana’, aplikasi ini akan bereaksi dengan membalas pesan SMS nya yang berisi data lokasi keberadaan smartphone atau seseorang yang memegang hanphone tersebut.

2. Ring Phone SMS Trigger

Adalah sebuah kata yang digunakan untuk membuat speaker smartphone berbunyi. Misalnya kode kata ‘rinfring’. Jika smartphone tersebut menerima sebuah pesan SMS dengan kode ‘ringring’, maka smartphone tersebut akan berbunyi terus. Hal ini dapat dimanfaatkan jika smartphone anda terselip di sebuah tempat.

3. Password and Recovery

Password untuk akses masuk atau mengunci aplikasi dan sebuah nomor di handphone lain untuk recovery yang bisa digunakan jika anda melupakan password

4. Backup Triggers

Nomor kerabat terdekat untuk menerima pesan SMS dari smartphone anda.

Berikut ini cara mengetahui lokasi sebuah hanphone yang diasumsikan terselip di suatu tempat :

  1. Cukup anda kirim SMS ke pada ponsel yang sudah diinstal Find My Phone. Misal, tadi anda sudah menyeting kata ‘dimana’. Maka kirim saja kata ‘dimana’ ke nomor tujuan ponsel Find My Phone.
  2. Tunggu beberapa waktu, smartphone yang anda kirimi pesan akan membalas dengan memberikan informasi lokasinya berada. Setelah pesan anda tadi masuk ke smartphone, otomatis smartphone akan mengaktifkan GPS serta perangkat lain yang dibutuhkan.
  3. Kemudian anda akan menerima balasan dari smartphone yang berisi balasan lokasi dan letaknya, termasuklah jalan tempat keberadaannya. Jika anda menggunakan google maps, mala lokasi GPS dapat langsung menunjukkannya di layar ponsel anda. Atau anda dapat mengeceknya melalui komputer anda.


Nah, itulah cara mengetahui handphone kita yang hilang dan cara mengetahui lokasi seseorang menggunakan Find My Phone.